Beranda Banjir Dandim: Mengungsilah Sebelum Kondisi...

Dandim: Mengungsilah Sebelum Kondisi Lebih Sulit, DKISP Banjar Salurkan Bantuan

Sirup Kayu Manis 1

Terbaru

Banjir yang meluas di wilayah Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan hingga Kamis (14/1/2021) telah melumpuhkan aktivitas ribuan masyarakat.

Kendati demikian, tak sedikit dari masyarakat yang terdampak banjir masih tetap bertahan di rumah mereka meski ketinggian permukaan air belum menunjukkan tanda akan surut.

WhatsApp Image 2021 01 14 at 16.33.53 800x400 1

Hal ini membuat Dandim 1006 Martapura, Letkol Arm Siswo Budiarto saat ditemui di Posko Kesehatan di Mesjid Agung Al Karomah Martapura meminta masyarakat yang terdampak banjir untuk mengungsi.

“Sudah kita ingatkan masyarakat agar segera mengungsi, jangan menunggu saat menjadi lebih sulit. Bawa barang seperlunya, tinggalkan rumah dan cukup dikunci.Sayangi nyawa karena itu lebih berharga,semoga bisa memahami kondisi ini,” tegasnya.

Ia berharap masyarakat dapat berpikir positif untuk mengungsi selagi masih ada waktu sebelum proses evakuasi menjadi sulit nantinya.

“Kondisi banjir saat ini masih dinamis, ada kemungkinan air kembali naik karena menurut prediksi BMKG hingga beberapa waktu ke depan hujan masih tetap terjadi. Mengungsilah ke sanak saudara yang tempatnya lebih aman, misalnya ke Banjarbaru atau ke pengungsian terpusat di Stadion Demang Lehman,” imbaunya.

Dandim juga meminta agar relawan tidak asal menempatkan pengungsi, karena banyak kawasan di Martapura dan sekitarnya yang merupakan dataran rendah yang berpotensi terendam jika air kembali naik.

WhatsApp Image 2021 01 14 at 20.56.55

Tempat pengungsian yang telah disediakan bagi warga terdampak banjir beberapa diantaranya ada di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, Aula Kecamatan Martapura, Aula SMK Darussalam, Kodim 1006/Martapura, Madrasah Bangunjaya Keraton, SLBN 1 Jl. Candra Kirana, Stadion Demang Lehman dan Aula Darussalam Tanjung Rema.

Kesempatan berbeda, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar HM. Aidil Basith, menyalurkan bantuan makanan bagi warga terdampak banjir di Desa Melayu Ilir Kecamatan Martapura Timur.

Dalam perjalanan ke lokasi, rombongan HM. Aidil Basith harus berjibaku melewati banjir dengan ketinggian permukaan air diatas lutut orang dewasa.

“Alhamdulillah kita sampai dan berhasil menyalurkan makanan bagi pengungsi, semoga banjir ini segera surut. Bagi korban banjir yang belum tersentuh bantuan karena tempatnya terisolir,akan kami sampaikan ke Pemda supaya bantuan dapat bisa ditambah,” ungkapnya.

Sambal Mandai KU
Berduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur Effendy

Trending Minggu Ini

Inisiatif Hibur Korban Banjir

Inisiatif menghibur korban banjir, khususnya anak-anak yang tengah merasa sedih dan jenuh, terlebih lagi trauma yang dirasakan, para pegawai Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan...

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

100 Relawan Sikologis Diterjunkan HIMPSI Kalsel Bagi Korban Banjir

Himpunan Psikologi Indonesia Wilayah Kalimantan Selatan (HIMPSI Kalsel) membentuk Tim Relawan Pendampingan Psikososial (RPP) untuk membantu pendampingan psikososial bagi para korban banjir yang ada...

Kamu mungkin juga suka

Bantuan Sembako Dari Presiden Untuk Masyarakat Terdampak Banjir Di Balangan

Bantuan Sembako dari Presiden RI Joko Widodo sebanyak 1000 paket, disalurkan kepada masyarakat terdampak Banjir di Kabupaten Balangan.Di Kecamatan Juai misalnya,penyaluran bantuan Presiden ini...

Dokumen Kependudukan Warga Terdampak Banjir Diganti

Bencana Banjir yang menerjang Kalimantan Selatan termasuk di Kabupaten Balangan, menyebabkan tak sedikit masyarakat yang kehilangan dokumen seperti kartu keluarga (KK), e-KTP dan akta...

Distribusikan Logistik Korban Banjir HST Di Pedalaman, KPA Peduli Berjalan Kaki...

Jelajahi pedalaman gunung meratus dengan berjalan kaki, puluhan anggota Komputasi Pecinta Alam (KPA) Peduli tempuh 8 jam perjalanan untuk mencapai tujuan.Misi kemanusiaan untuk mendistribusikan...

Dampak Banjir, BBM Di Paringin Langka

Banjir yang terjadi di Kalimantan Selatan memberi dampak yang banyak bagi masyarakat.Tak hanya ribuan orang yang mengungsi karena rumah mereka teredam banjir, sejumlah jembatan...