BerandaCovid-191600 Vial Vaksin Covid-19...

1600 Vial Vaksin Covid-19 Tiba Di Balangan

Terbaru

Vaksin Covid-19 sebanyak 1600 vial, telah tiba di Kabupaten Balangan dan siap digunakan dengan sasaran awal bagi tenaga kesehatan (nakes).

“Untuk yang pertama divaksin adalah Nakes, menyusul TNI-POLRI,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Balangan, Erwan Mega Karya Latief, Kamis (28/1/2021).

Dikatakannya, 1600 vial vaksin itu untuk dua kali penggunaan, dimana pencanangan vaksinasi pada Sabtu mendatang serta Minggu dan Senin didistribusikan ke puskesmas untuk pelaksanaan vaksin pada hari Selasa.

“Insya Allah sabtu ini akan direncanakan pencanangan vaksinasi,  kemudian minggu dan senin akan kita distribusikan ke puskesmas-puskesmas  dan pelaksanaan vaksinnya pada hari Selasa,” katanya.

Untuk penyimpanan vaksin tersebut, Erwan Mega Karya Latief menyebutkan, sudah dilakukan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) dengan suhu 3 hingga 8 Derajat Celcius.

“Rencana awal mau kita simpan di gudang, tetapi kita pikir untuk pengawasan lebih sulit apalagi kalau malam, jadi saat ini kita simpan di salah satu ruangan yang ada di Kantor Dinkes,” sebutnya.

WhatsApp Image 2021 01 28 at 21.02.06

Sementar itu, Bambang Herry P selaku Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)Wilayah Balangan, Tabalong dan Hulu Sungai Utara (HSU),mengatakan bahwa pihaknya akan fokus menjaga kualitas vaksin supaya aman digunakan dan tetap bermutu.

“Memastikan vaksin yang ada agar tetap bermutu, kami  konsen pada penyimpanannya. Sebab apabila melewati suhu 8 Derajat Celcius, vaksin itu tidak memenuhi syarat untuk digunakan,” katanya.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka