Beranda Covid-19 Berlakukan PSBB, Kota Banjarbaru...

Berlakukan PSBB, Kota Banjarbaru Salurkan Bantuan Sosial Tunai Sejak Kemarin

CREATIVE TALK HIPMI BANJARBARU WEBINAR 1

Terbaru

Asrama Mahasiswa Didatangi Pjs Wali Kota

Pjs Wali Kota Banjarbaru Bernhard E Rondonuwu, mengunjungi Asrama Adaro Mahasiswa ULM Banjarbaru asal Papua di Jalan Unlam II Kelurahan Sungai Besar...

RPM : Gunakan Hak Pilih Kalian, Jangan Sampai Golput

Silaturahmi dengan masyarakat sekaligus memperkenalkan Pasangan Calon(Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur dan Habib Idrus bin Ali Al Habsyi,kembali...

Srikandi Desa Dukung Saidi Mansyur-Habib Idrus

Bertempat di Desa Jingah Habang Hilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar,Selasa (20/10/2020).Relawan Perempuan Manis (RPM) Silaturahmi sekaligus memperkenalkan Pasangan Calon(Paslon) Bupati dan...

Calon Bupati Banjar Yang Dinanti Disambut Antusias Warga

Calon Wakil Bupati Banjar Habib Idrus bin Ali Al Habsyi, silaturahmi dengan masyarakat Desa Sungai Bakung Kecamatan Sungai, Selasa (20/10/2020).

Air Mancur Taman CBS Dioperasikan Kembali

Air mancur Barokah di Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) setelah kurang lebih enam bulan tidak dioperasikan karena pandemi Covid-19, kini dibuka kembali.

Kota Banjarbaru telah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dini hari tadi, Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) terhadap warga rentan miskin yang terdampak pandemi Covid-19 ini pun juga telah berjalan.

Bahkan Kelurahan Kemuning, sejak kemarin Jumat (15/5/2020) mulai membagikan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada warganya.

Menurut Lurah Kemuning, Syahbanto Raharjo, BST yang dilaksanakan selama 5 hari ini ditujukan kepada warga rentan miskin yang terdampak lesunya perekonomian akibat Covid-19 tersebut.

Seperti Supriyansyah, warga RT 15 yang bekerja sebagai pedagang buah di Pasar Batuah, ia mengaku terjadi penurunan omset yang cukup tinggi.

“Sekarang kondisinya sangatlah berubah. Biasanya sehari bisa peroleh 2 juta, sekarang cuma 500 ribu. Bukan ga mau beli, tapi sudah jarang ada pembeli,” ujar supriansyah.

Selain itu, lantaran Supriansyah memiliki banyak anak, menurutnya uang BST tersebut hanya cukup untuk bertahan selama 5 hari saja, namun ia tetap merasa sangat terbantu.

“Nanti saya belikan beras, ikan dan sayur, karena itu yang paling penting. Setelah itu sisanya baru buat beli sabun, minyak dan gas,” ucapnya.

PicsArt 05 16 04.54.35

Sementara Hasan, warga Kemuning RT 15  mengaku sangatlah terbantu dengan adanya BST tersebut. Dimana baginya, bantuan senilai itu dapat menyambung hidup selama satu bulan kedepan.

“Alhamdulillah terima kasih atas bantuannya. Kalau seperti ini warga sudah tidak resah lagi, ada tambahan untuk sehari-hari,” ucap Hasan.

Ketika Disinggung untuk apa BST tersebut, Hasan dengan spontan menyebutkan untuk membeli beras sebanyak 20 liter dan beberapa kilogram telur untuk satu bulan.

“Iya itu cukup untuk satu bulan,” cetusnya.

PicsArt 05 16 04.55.20

Disamping itu, Syahbanto Raharjo Lurah Kemuning kembali memaparkan, Adapun nilai untuk bantuan yang diberikan sebanyak Rp. 400 ribu per kepala keluarga (kk). Uang tersebut terdiri dari bantuan pihak Pemprov senilai Rp. 100 ribu dan Pemko Banjarbaru Rp. 300 ribu.

“Untuk Pembagian BST dilaksanakan di masing-masing kelurahan,” jelas Syahbanto Raharjo saat ditemui, Sabtu siang (16/5/2020).

Adapun jumlah warga yang mendapatkan bantuan sebanyak 612 KK. Dimana 266 KK mendapat bantuan dari provinsi. Sedangkan yang mendapat bantuan dari pemerintah Kota ada 345 KK.

“Yang dapat bantuan dari provinsi itu disubsidi oleh pemerintah kota sebesar Rp. 300 rupiah. Ini supaya tidak ada kesenjangan dan perbedaan. Jadi pa Walikota membuat kebijakan dengan mensubsidi mereka,” paparnya kepada pewarta.

Menggunakan kamera handphone sebagai alat bukti bahwa bantuan telah diserahkan kepada yang bersangkutan, Syahbanto mengaku itu semua demi mempermudah pelaporan terhadap pihak auditor nanti.

“One name, one address and one SPG. Artinya alat buktinya itu untuk satu orang satu laporan pertanggung jawaban,” tuturnya.

“Kegiatan ini berlangsung dari pukul 9 pagi. Jam 12 sudah istirahat. Pukul 1 siang lanjut lagi hingga pukul 4 sore,” jelasnya.

WhatsApp Image 2020 10 12 at 17.36.10 1
1422374 923771344327002 1982948344843059176 n

Trending Minggu Ini

Covid-19 Di Banjarbaru Melandai, Tetap Tekankan Protokol Kesehatan

Pemaparan info terbaru Covid-19 oleh Kepala Dinas Kesehatan kota Banjarbaru, Rizana Mirza, digelar di Ruang Tamu Utama Walikota Banjabaru, Selasa (29/09/2020).

Menjenguk Tokoh Kharismatik Kertak Hanyar, H Saidi Mansyur Dapat Petuah.

H Saidi Mansyur merupakan salah satu pemimpin yang sangat cinta kepada para ulama dan habaib, hal tersebut ditunjukan dengan seringnya ia melakukan...

Haris-Ilham, Duet Yang Tepat Dan Pantas

Ritual Tolak Bala digelar Lembaga Swadaya Masyarakat Kalimantan Selatan(LSM Kalsel), di gang Hasanuddin Banjarmasin Tengah,Rabu(14/10/2020). Turut diundang dan hadir,...

Kamu mungkin juga suka

Ketua TP PKK Banjar Serahkan Alat Cuci Tangan Portabel Ke Pesantren...

Alat cuci tangan portable sebanyak 25 Unit yang merupakan hasil olahan dari Program Bimbingan Teknik (Bimtek) Kementerian Perindustrian RI kepada beberapa Industri...

TP PKK Banjar Bagikan Masker Ke Pelanggar OPS Yustisi

Pentingnya penggunaan masker dalam mencegah penularan covid-19 terus disosialisasikan PKK Peduli Cegah Covid-19 oleh PKK Kabupaten Banjar, tak hanya sosialisasi PKK Kabupaten...

Ops Yustisi Digelar Setiap Hari Secara Bergantian

Pendisiplinan masyarakat terkait protokol kesehatan (prokes) Covid-19 dengan menggelar Operasi Yustisi rutin terus digelar Pemerintah Kabupaten Banjar melalui tim gabungan Satuan Polisi...

Puluhan Warga Terjaring Rajia Yustisi Satpol PP dan Polres Banjar

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan jajaran Polres Banjar menggelar giat Operasi Yustisi dengan bentuk teguran dalam penegakan Protokol Kesehatan (Prokes)...