Beranda Covid-19 Berlakukan PSBB, Kota Banjarbaru...

Berlakukan PSBB, Kota Banjarbaru Salurkan Bantuan Sosial Tunai Sejak Kemarin

Sirup Kayu Manis 1

Terbaru

Kota Banjarbaru telah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dini hari tadi, Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) terhadap warga rentan miskin yang terdampak pandemi Covid-19 ini pun juga telah berjalan.

Bahkan Kelurahan Kemuning, sejak kemarin Jumat (15/5/2020) mulai membagikan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada warganya.

Menurut Lurah Kemuning, Syahbanto Raharjo, BST yang dilaksanakan selama 5 hari ini ditujukan kepada warga rentan miskin yang terdampak lesunya perekonomian akibat Covid-19 tersebut.

Seperti Supriyansyah, warga RT 15 yang bekerja sebagai pedagang buah di Pasar Batuah, ia mengaku terjadi penurunan omset yang cukup tinggi.

“Sekarang kondisinya sangatlah berubah. Biasanya sehari bisa peroleh 2 juta, sekarang cuma 500 ribu. Bukan ga mau beli, tapi sudah jarang ada pembeli,” ujar supriansyah.

Selain itu, lantaran Supriansyah memiliki banyak anak, menurutnya uang BST tersebut hanya cukup untuk bertahan selama 5 hari saja, namun ia tetap merasa sangat terbantu.

“Nanti saya belikan beras, ikan dan sayur, karena itu yang paling penting. Setelah itu sisanya baru buat beli sabun, minyak dan gas,” ucapnya.

PicsArt 05 16 04.54.35

Sementara Hasan, warga Kemuning RT 15  mengaku sangatlah terbantu dengan adanya BST tersebut. Dimana baginya, bantuan senilai itu dapat menyambung hidup selama satu bulan kedepan.

“Alhamdulillah terima kasih atas bantuannya. Kalau seperti ini warga sudah tidak resah lagi, ada tambahan untuk sehari-hari,” ucap Hasan.

Ketika Disinggung untuk apa BST tersebut, Hasan dengan spontan menyebutkan untuk membeli beras sebanyak 20 liter dan beberapa kilogram telur untuk satu bulan.

“Iya itu cukup untuk satu bulan,” cetusnya.

PicsArt 05 16 04.55.20

Disamping itu, Syahbanto Raharjo Lurah Kemuning kembali memaparkan, Adapun nilai untuk bantuan yang diberikan sebanyak Rp. 400 ribu per kepala keluarga (kk). Uang tersebut terdiri dari bantuan pihak Pemprov senilai Rp. 100 ribu dan Pemko Banjarbaru Rp. 300 ribu.

“Untuk Pembagian BST dilaksanakan di masing-masing kelurahan,” jelas Syahbanto Raharjo saat ditemui, Sabtu siang (16/5/2020).

Adapun jumlah warga yang mendapatkan bantuan sebanyak 612 KK. Dimana 266 KK mendapat bantuan dari provinsi. Sedangkan yang mendapat bantuan dari pemerintah Kota ada 345 KK.

“Yang dapat bantuan dari provinsi itu disubsidi oleh pemerintah kota sebesar Rp. 300 rupiah. Ini supaya tidak ada kesenjangan dan perbedaan. Jadi pa Walikota membuat kebijakan dengan mensubsidi mereka,” paparnya kepada pewarta.

Menggunakan kamera handphone sebagai alat bukti bahwa bantuan telah diserahkan kepada yang bersangkutan, Syahbanto mengaku itu semua demi mempermudah pelaporan terhadap pihak auditor nanti.

“One name, one address and one SPG. Artinya alat buktinya itu untuk satu orang satu laporan pertanggung jawaban,” tuturnya.

“Kegiatan ini berlangsung dari pukul 9 pagi. Jam 12 sudah istirahat. Pukul 1 siang lanjut lagi hingga pukul 4 sore,” jelasnya.

Sambal Mandai KU
Berduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur Effendy

Trending Minggu Ini

Inisiatif Hibur Korban Banjir

Inisiatif menghibur korban banjir, khususnya anak-anak yang tengah merasa sedih dan jenuh, terlebih lagi trauma yang dirasakan, para pegawai Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan...

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

100 Relawan Sikologis Diterjunkan HIMPSI Kalsel Bagi Korban Banjir

Himpunan Psikologi Indonesia Wilayah Kalimantan Selatan (HIMPSI Kalsel) membentuk Tim Relawan Pendampingan Psikososial (RPP) untuk membantu pendampingan psikososial bagi para korban banjir yang ada...

Kamu mungkin juga suka

Kick Off Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Banjar

Bupati Banjar H Khalilurrahman resmi membuka kick off vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Aula Barakat Martapura, Jumat(15/1/2021).Vaksinasi perdana di Kabupaten Banjar hari ini diawali...

Kabupaten Balangan Mulai PPKM

Menyesuaikan instruksi Gubernur Kalimantan Selatan, Nomor 01 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) guna mengendalikan penyebaran Covid-19, Satgas Covid 19 Kabupaten Balangan...

Kabupaten Banjar Saat ini Tidak Perlu PSBB

Kabar Pembatasan Sosial Berskala Besar(PSBB) yang akan diberlakukan di setiap daerah yang ada di Indonesia, pada 11 hingga 25 januari mendatang, ditampik Pemerintah Daerah...

Sejumlah Rumah Makan dan Cafe Langgar Maklumat Forkopimda

Dandim 1006 Martapura yang juga merupakan Wakil Ketua I Satgas Covid-19 Kota Banjarbaru, Letkol Arm Siswo Budiarto, memantau sejumlah Rumah Makan dan Cafe yang...