Beranda Covid-19 Klaster Pasar Mendominasi Kenaikan...

Klaster Pasar Mendominasi Kenaikan Kasus Positif Covid-19 Kabupaten Banjar

Sirup Kayu Manis 1

Terbaru

Jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Banjar meningkat menjadi 40 kasus, sebanyak 80 persen warganya yang dinyatakan positif Covid-19, berasal dari cluster pasar di Banjarmasin.

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh dr. Diauddin, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar yang juga Juru Bicara (Jubir) GTPPC-19 Kab.Banjar, melalui teleconference dari Command Center, Rabu (20/5/2020).

“Dari ke 40 kasus tersebut, 27 diantaranya masih dirawat, sedangkan delapan sembuh dan lima meninggal,” jelas dr Diauddin.

IMG 20200520 WA0007

Selain itu Lelaki yang akrab disapa dr Dia ini juga menambahkan,”Selain berawal dari cluster Gowa yang menyebabkan banyak warga kita yang terpapar, namun sekarang lebih banyak lagi berasal dari cluster pasar di Banjarmasin. Selain sebagai pedagang, juga yang terkena adalah keluarga atau orang dekat pedagang. Pasar memang mesti menjadi perhatian untuk kita rapid test. Hari ini kita sudah ambil rapid test ratusan pedagang dan pengunjung Pasar Ahad, sebab berbatasan langsung dengan Banjarmasin,” ucap dr Diauddin.

Penambahan tersebut memang besar ujar jubir GTPPC-19 Banjar ini, namun tidak perlu cemas, pihaknya gencar melakukan rapid test kepada sejumlah lokasi yang dianggap rawan/potensi menyebarkan Covid-19.

“Bila ada reaktif rapid test, akan di-swab untuk kemudian kita kirim sampelnya ke BPTKL (Lab Dinkes Kalsel) di Banjarbaru,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan selama PSBB sejak Sabtu (16/5/2020) lalu, sudah ada 254 rapid test, dan 48 swab. Jika ditotal sejak masa darurat 23 Maret 2020 maka telah 975 warga di-rapid test dan 139 diambil swab-nya.

Jubir GTPPC-19 Banjar ini juga menjanjikan akan me-rapid test pedagang dan pengunjung pasar baik di Pasar Martapura, Pasar Sei Lulut Sungai Tabuk dan juga Pasar Subuh Sekumpul.

“Karena pasar memang diperkirakan sangat rentan, mengingat banyaknya interaksi. Dan imbau agar pedagang dan pengunjung tetap memperhatikan protokol Covid-19, yakni tetap memakai masker, menjaga jarak dan rajin cuci tangan menggunakan sabun,” ucapnya.

Image11 1

Sementara itu, di pasar Martapura sendiri kini telah dilakukan penyemprotan desinfektan secara berkala guna antisipasi terjadinya penularan, karena beberapa waktu ini pasar mendapat perhatian khusus di sejumlah wilayah.

“Pedagang masih bisa berjualan, namun harus sesuai ketetapan yang sudah diatur dalam ketentuan selama PSBB,” Ungkap Rusdiansyah Direktur PD. Pasar saat ditemui dikantornya.

Lebih jauh Rusdiansyah menjelaskan, Ketentuan PSBB khususnya di lingkungan pasar yakni seluruh pedagang serta pengunjung wajib mengenakan masker, selain itu mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas di pasar. Mengatur jarak antar pedagang.
Jam operasi para pedagang pun diatur, seperti pasar subuh yang dimulai jam 04.00 hingga 09.00 pagi, Pedagang pagi 09.00 hingga 15.00 dan Pedagang malam 16.00 hingga 21.00, Tukasnya.

Sambal Mandai KU
IMG 20201231 WA0008
WhatsApp Image 2020 12 11 at 11.25.51
1422374 923771344327002 1982948344843059176 n

Trending Minggu Ini

Bupati Banjar Tinjau dan Berikan Bantuan Warga Terdampak Banjir

Bupati Banjar H Khalilurrahman lakukan peninjauan sekaligus berikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir di Kecamatan Martapura dan Kecamatan Martapura Timur, Selasa (12/01/2021) sore.Bantuan...

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

BPBAT Mandiangin Serahkan Bantuan Benih Ke Pokdakan

Bantuan benih ikan Nila sebanyak 100.000 ekor, diserahkan Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Jembatan Rumpiang  Marabahan Kabupaten...

Kamu mungkin juga suka

Bupati Banjar Sambangi Posko Dapur Umum

Bupati Banjar H Khalilurrahman sambangi posko dapur umum korban banjir di depan Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Banjar, Martapura, Sabtu (16/1/2021) pagiDidampingi istri Ketua TP...

Peduli Korban Banjir, Komunitas Club Ertiga Kalsel Salurkan Bantuan

Sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat yang terdampak banjir, komunitas Ertiga Club Indonesia (ERCI) Kalsel menyerahkan bantuan sembako sebagai wujud aksi kemanusiaan terhadap musibah banjir.Penyerahan...

Pemkab Banjar terima Bantuan Sembako dari Bank Kalsel

Pemerintah Kabupaten Banjar mendapat bantuan dari Bank Kalsel Cabang Martapura untuk warga yang terdampak banjir, bertempat di Dapur Umum Korban Banjir Kabupaten Banjar, Halaman...

Kick Off Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Banjar

Bupati Banjar H Khalilurrahman resmi membuka kick off vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Aula Barakat Martapura, Jumat(15/1/2021).Vaksinasi perdana di Kabupaten Banjar hari ini diawali...