Beranda Edukasi Cepat Busuk, Makanan Ini...

Cepat Busuk, Makanan Ini Jangan Dimasukkan ke Dalam Kulkas

Terbaru

Iklan untuk Habar kalimantan
Banner Ucapan Selamat Saidi

Bukan menjadi lebih awet, beberapa makanan ini tenyata bisa lebih cepat busuk jika disimpan di dalam kulkas atau lemari es.

Akibat ketidak tahuan tersebut, seseorang akhirnya bisa mengalami keracunan makanan atau kejadian tidak menyenangkan lainnya, seperti kulkas kotor dan berbau.

Berikut 5 makanan yang sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas:

1. Semangka utuh

o 19od9g77m1gth1h4o1n171efnv2qa
ucapan Syamsudinoor Ketua DPC Partai Demokrat balangan

Kepala Desa Balida Balangan

Paling nikmat merasakan semangka segar saat panas. Tetapi ini bukan jadi alasan membolehkan semangka utuh disimpan di dalam kulkas karena bisa cepat membusuk.

Menurut penelitian United States Department of Agriculture (USDA), semangka yang disimpan dalam suhu ruangan lebih kaya antioksidan dibanding yang di dalam lemari es. Sedangkan rusaknya keseimbangan antioksidan bisa jadi bumerang bagi kesehatan, karena hilangnya likopen dan beta karoten yang bermanfaat bagi tubuh.

Namun apabila terpaksa menyimpan semangka di dalam kulkas, khusus hanya semangka atau melon yang sudah dikupas, agar bagian yang tidak terlindungi kulit terhindar dan berubah menjadi asam.

2. Tomat

o 19vun6j1f1m6q9j01u781d5b1rj1a

Banyak sekali kesalah pahaman tentang buah ini, tomat yang masih dalam kondisi baik sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas. Apalagi tomat yang belum terlalu matang, karena kulkas dapat menghentikan proses pematangannya.

Tomat bisa disimpan di dalam kulkas saat sudah terlalu matang, paling maksimal dua hingga tiga hari jika sudah benar-benar asam. Tapi hindari tomat yang masih berkualitas baik disimpan dalam kulkas ya.

3. Madu

63856 ilustrasi madu

Cairan lengket satu ini ternyata memiliki reaksi negatif terhadap lingkungan dingin dan gelap, alasannya adalah risiko kristalisasi yang bisa merusak tekstur dan rasanya. Sebaiknya madu disimpan sejauh mungkin dari kulkas.

Madu yang baru dikeluarkan dari kulkas, rasanya akan sangat berbeda saat diletakkan di atas kue atau pancake. Ditambah udara dingin juga bisa merangsang pertumbuhan jamur di atas madu, yang bisa menyebabkan keracunan makananan dan infeksi usus.

4. Biji kopi dan ampasnya

76444 biji kopi

Biji kopi memiliki sifat higroskopis, yakni  bersifat menyerap partikel air dari lingkungan sekitarnya.

Sifat makanan yang menyerap air ini menyebabkan pembusukan dan melahirkan organisme lain, itulah mengapa kebanyakan orang menyimpan kacang atau bubuk kopi di atas meja di dapur, alih-alih menyimpannya di kulkas.

Jika bersikukuh disimpan dalam kulkas, hasilnya aroma dan rasa bubuk kopi akan berubah. Ditambah sifat kopi juga akan menghilangkan bau dan rasa makanan lain di kulkas.

5. Pisang

66022 pisang pixabay alicja

Dibanding buah lain yang proses pematangannya dari luar ke dalam, justru pisang sebaliknya yaitu cenderung membusuk dari dalam ke luar kulit. Jadi sangat besar kemungkinannya bagi Anda mengonsumsi pisang yang sudah busuk tanpa Anda sadari.

Tak banyak yang tahu juga jika pisang termasuk buah yang membutuhkan cahaya, meskipun sudah terpisah dari pohonnya. Oleh karena itu tempat ideal penyimpanan pisang adalah di mangkuk dengan sumber cahaya matahari sedang.

Sumber:www.suarakalbar.co.id

147472014 488693172524592 7656871165523889710 n

Banner Ucapan Selamat Saidi
147472014 488693172524592 7656871165523889710 n

Trending Minggu Ini

BKIPM Kunci Aktivitas Pelaku Usaha Perikanan Apabila Tidak Memiliki KUSUKA

Sosialisasi Regulasi Peraturan undang - undang nomor 21 Tahun 2019 digelar Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Banjarmasin, Kementerian Kelautan...

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Jokowi Melihat Langsung Insan Pers Vaksinasi Covid-19

Presiden RI Joko Widodo menghadiri pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi 5.512 insan pers di Hall A Basket Gelora Bung Karno Senayan Jakarta Pusat, Kamis (25/02/2021).Dari...

Kamu mungkin juga suka

Komunitas Millenial Balangan Pelopor P4GN

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Balangan gelar talkshow Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), di aula salah satu hotel di Balangan,Kamis (04/02/2021).Talkshow...

Semangat PPJI Banua Menyambut Pintu Gerbang Ibu Kota Negara

Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (PPJI) Kalimantan Selatan di gelar di salah satu cafe di kota...

Workshop Jurnalis Camp 2020, Baret 78

Workshop Jurnalis Camp 2020, yang dilaksanakan oleh Media Baret 78,dibuka Jum'at (09/10/2020) di Taman Hutan Kota Pinus 2 Banjarbaru.Dengan tema Membangun Indonesia Dengan Berita,kegiatan...

Dana DAK Tahap 2 di Salurkan

Penyaluran Dana Alokasi (DAK) Kota Banjarbaru untuk tahap I sudah selesai dilakukan pada bulan Juni lalu. Kini, tahap II baru saja disalurkan pada pertengahan...