BerandaEkonomiAuto Cuan, Bisnis Ini...

Auto Cuan, Bisnis Ini Saja, Cepat dan Mudah

Terbaru

Bisnis budidaya kalau dikelola dengan benar, bakal menghasilkan pemasukan pundi pundi rupiah yang lumayan.

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar saat melakukan panen udang menyatakan, budidaya udang vaname punya potensi besar.

Kegiatan mengelola tambak udang tersebut ungkapnya, merupakan aset untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan kesejahteraan petambak di Kabupaten Kotabaru.

Tapi anda tahu tidak, apa itu Udang Vaname? Budidaya Udang Vaname saat ini memang membuat pembudidayanya auto cuan (untung besar).

Estimasi Biaya Usaha Budidaya Udang Vaname
Udang Vaname (Lithopenaeus vannamei)

Udang Vaname (Lithopenaeus vannamei) merupakan jenis udang introduksi dari Amerika Selatan yang banyak dibudidayakan di Indonesia sejak akhir 90-an ,untuk menggantikan udang windu (Penaeus monodon) yang sudah sulit dibudidayakan karena serangan virus White spot.

Udang vaname merupakan varietas udang unggulan yang tergolong mudah dibudidayakan dan lebih menguntungkan, dibanding budidaya udang lainnya sehingga saat ini pembudidayaan udang varietas vaname sedang berkembang pesat di Indonesia.

Keunggulan budi daya udang vaname diantaranya:

  • Pertumbuhan lebih cepat dari udang lainnya
  • Masa panen lebih cepat karena udang vaname memiliki masa pemeliharaan yang singkat dari mulai telur hingga menjadi udang dewasa yang siap panen
  • Varietas vaname lebih tahan terhadap serangan penyakit, hal ini sangat penting karena bila rentan terhadap serangan penyakit akan menyebabkan kerugian atau gagal panen.
  • Penyediaan dan pemberian pakan lebih mudah
  • Budidaya udang vaname relative mudah karena bisa dikembangkan dengan teknik budidaya tradisional maupun dengan teknik modern atau supra intensif.

Mengutip dari laman DKPP Buleleng, anda bisa memiliki banyak penghasilan dari usaha udang vaname.

Bahkan saat ini, tidak perlu harus beli lahan luas untuk bikin tambak, untuk skala rumahan juga bisa kok, dengan menggunakan terpal.

images 2021 07 01T003541.232
Budidaya Udang Vaname bisa dilakukan menggunakan media kolam terpal (foto : net)

Budidaya udang vaname di kolam terpal, merupakan usaha yang sangat baik digunakan sebagai usaha budidaya yang nilainya fantastis selain ikan lele. 

Langkah Budidaya udang Vaname di Kolam Terpal

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka