BerandaEkonomiCovid 19 Tidak Pengaruhi...

Covid 19 Tidak Pengaruhi Harga Ikan Asin, Tapi Pembeli Berkurang

Terbaru

HABAR KALIMANTAN – Di masa pandemi seperti ini harga ikan asin tidak ada masalah namun pembeli ikan asin sangat berkurang, karena pembeli masih jarang beraktifitas diluar rumah, terutama untuk urusan berbelanja ke pasar.

Hal ini diungkapkan oleh penjual ikan asin di pasar Kota Banjarbaru, yang kerap disapa mbak Ana. Pedagang satu ini sudah hampir 30 tahun melakoni sebagai pedagang ikan asin. Berbagai jenis ikan asin yang dijualnya dari ikan asin air laut seperti Telang, tenggiri, teri, kembung, juga ikan air tawar, sapat, toman, papuyu, haruan

“Harga ikan asin sebelum Covid-19 maupun dimasa Covid-19 tetap saja tidak ada pengaruh terhadap Covid-19 tersebut, namun yang menjadi kendala sepinya pembeli,” Ucapnya.

ecb277bc f8be 499e aecb 4af4a2dde814
Mbak ana penjual ikan asin Pasar Banjarbaru menyatakan saat ini harga ikan asin stabil.

Adapun harga ikan asin bervariasi, sesuai dengan jenis ikannya, untuk ikan Telang Rp 100 ribu/kg, ikan sepat susun Rp 100 ribu/kg, Peda per ekor Rp.8000, kalo untuk ikan teri 80 ribu/Kg.

Mbak Ana, mengakui dagangannya yang sering dicari pembeli, adalah jenis ikan asin air tawar, jeni ikan sepat susun.

“Sepat susun sering dicari pembeli, karena kebanyakan untuk dijadikan oleh-oleh dan juga rasanya,ikan ini biasanya dimasak pasnya ketika makan siang, apalagi kalo masaknya dengan acar asem dan sayur bening itu sangat nikmat,” ucapnya seraya tertawa kecil.

7b57c1b5 1bd6 44a4 9496 0531869c13c2
Ikan asin air tawar kebanyakan diambil dari sentral ikan asin di Nagara

Untuk pengambilan ikan asin, ia mengaku membeli di daerah Kabupaten Hulu Sungai selatan tepatnya di daerah Nagara.

“Disana (Nagara), sentral ikan kering khusus ikan tawar ini, rata-rata juga pedagan pasar Banjarbaru ini membelinya disana,” pungkasnya.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka