BerandaEkonomiDampak Cuaca, Harga Kebutuhan...

Dampak Cuaca, Harga Kebutuhan Pokok Di Pasar Tradisional Banjarbaru Naik

Terbaru

Jelang Natal dan Tahun Baru 2021, harga beberapa kebutuhan pokok di pasar tradisional yang ada di kota Banjarbaru mengalami kenaikan.

Di pasar tradisional Loktabat Utara kecamatan Banjarbaru Utara misalnya, komoditi seperti Gula yang sebelumnya Rp.11.000/Kg jadi Rp.12.000/Kg, Telur dari Rp.20.000/Kg naik Rp .28.000/Kg, Minyak Goreng dari Rp10.000/L sekarang sudah Rp.16.000/L.

“Kenaikan harga bahan pokok menjelang akhir tahun bukan hal yang baru, karena setiap tahunnya sembako pasti akan naik,” ucap Sanah, salah satu pedagang.

IMG 20201216 WA0048

Diungkapkannya, kenaikan harga bahan pokok salah satunya Minyak Goreng, disebabkan adanya kendala di pelabuhan saat akan pengiriman masuk di Kalimantan Selatan.

“Informasinya juga ada kenaikan pajak jadi turut berimpas ke harga pasaran,”ungkapnya.

Kepala Bidang(Kabid) Perdagangan di Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru, Anshori, saat dikonfirmasi mengatakan, kenaikan harga beberapa bahan pokok saat jelang akhir tahun ini, juga dipengaruhi cuaca yang buruk dalam beberapa hari terakhir.

IMG 20201216 WA0045

“Gelombang yang besar mempengaruhi impor bahan pokok ketempat kita, sehingga mengakibatkan kenaikan harga,” katanya.

Anshori juga menyebutkan, kenaikan harga kebutuhan pokok ini, diperkirakan bertahan hingga Februari nanti.

“Untuk kenaikan harga ini tergantung terhadap cuaca, perkiraan sampai februari nanti baru pengiriman berlangsung normal kembali,”tutupnya.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka