BerandaEkonomiImbas Covid-19 Bagi Pedagang...

Imbas Covid-19 Bagi Pedagang Jeruk Di Akhir Tahun

Terbaru

Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021 yang akan segera tiba, agaknya kurang dirasakan hikmahnya bagi pedagang jeruk yang biasa mangkal di kota Banjarbaru dan Martapura Kalimantan Selatan.

Pasalnya, ditengah naiknya harga kebutuhan pokok, harga buah jeruk dagangan mereka justru tidak mengalami dampak dan bahkan tergolong sepi pembeli.

Rifai, salah satu pedagang jeruk yang mengambil lokasi berjualan di Jl. Mistar Cokrokusumo Sungai Besar Banjarbaru, mengungkapkan bahwa penjualan di penghujung tahun kali ini mengalami penurunan sekitar 50% dibandingkan sebelumnya.

“Akhir tahun kali ini pembeli jauh menurun disbanding sebelumnya, dulunya dalam sehari dapat mencapai penjualan lebih dari Rp 1 Juta, kini paling hanya separuhnya saja,”ungkap Rifai,Minggu(20/12/2020).

jeruk

Sepinya pembeli buah jeruk dagangannya menurut Rifai dikarenakan akhir tahun kali ini bertepatan masih mewabahnya pandemi Covid-19, sehingga aktivitas masyarakat diluar rumah masih jauh berbeda dengan sebelumnya.

“Sebelumnya pembeli sudah sempat ramai pada Agustus tadi, namun Desember terakhir ini kembali sepi,mungkin karena ada kenaikan kasus Corona,”ungkapnya.

Dagangan Rifai ini sendiri merupak Jenis Jeruk dari Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar, dimana diketahui rasanya yang manis, serat baik dan kulit luarnya agak tipis.

“Rasanya manis sesuai dengan harganya yang sedikit mahal dari jenis jeruk lainnya, terlebih kalau pas bukan musimnya dapat mencapai Rp 25 Ribu/20 biji,” ucap Bambang, seorang pembeli.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka