Beranda Gaya Hidup Ternyata Bunga Ini Dari...

Ternyata Bunga Ini Dari Benua Amerika!

Terbaru

Siapa sangka, ternyata bunga yang banyak tumbuh dipekarangan, bahkan terkadang di semak belukar di Indonesia ini, berasal dari 17 ribuan kilometer, di Amerika Tengah.

Didaerah Banua Lima (HSS, HST, HSU, Balangan, Tabalong), keberadaan bunga ini mudah ditemui, tumbuh bebas, terkadang terpelihara dengan baik di dalam pot atau taman, terkadang pula tumbuh bebas di semak belukar.

Salah satu warga Kandangan, Kabupaten HSS, Marwan menyatakan, bunga peruviana ini ia sebut kambang mahung, karena kalau dicium seperti bau kutu busuk.

Sementara itu, Hani warga Barabai, Kabupaten HST menyatakan, di masyarakat setempat menyebut bunga peruviana adalah Kembang (Bunga) Dahlia.

WhatsApp Image 2021 03 25 at 09.21.53

Bunga ini masuk juga dalam kategori bunga kertas (dalam bahasa inggris disebut Zinnia Flower, youth and old age flower).

Bunga ini bunga yang berupa semak dan perdu kecil, berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

PSX 20200801 110301 1
Bunga peruvania juga tumbuh subur di semak belukar secara alami

Bunga ini memiliki mahkota bunga yang sangat tipis dan kaku mirip dengan lembaran kertas. 

Bunga kertas terdiri dari 20 jenis tumbuhan,
Di Indonesia sebutan bunga kertas biasanya langsung di tujukan kepada Bougenvile.

Padahal Zinnia Peruviana ini  juga disebut Bunga Kertas.

Termasuk dalam keluarga Asteraceae  dan memiliki nama latin Zinnia. Nama genus ini sendiri berasal dari ahli botani Jerman Johann Gottfried Zinn (1727-1759). 

Dari banyaknya species Zinnia yang ada salah satunya adalah Zinnia Peruviana. 

Zinnia berasal dari semak dan padang rumput kering di daerah yang membentang dari Barat Daya Amerika sampai Amerika Selatan, terutama Meksiko.

Bunga-bunganya berwarna cerah seperti  putih, kuning, oranye, merah dan ungu. Biasanya, bunganya tunggal.

Zinnia popular sebagai tanaman hias yang sering di jumpai di pekarangan. Perkembangbiakan hanya melalui biji.

Dengan sinar matahari yang cukup serta tanah yang subur, Namun di daerah pedesaan bunga ini tumbuh liar dan indah di sepanjang perjalanan.

Yang luar biasanya, bunga dahlia alias peruviana ini, merupakan tanaman bunga pertama yang berhasil tumbuh di luar angkasa.

Tahun 2016 lalu media nasional dan internasional dihebohkan dengan berita tentang bunga pertama yang mekar di luar angkasa.

images 7 1
Bunga peruviana yang ditumbuhkan dan mekar di luar angkasa (Sumber Foto dari twitter @StationCDRKely)

Bunga Zinnia atau di Indonesia umumnya dikenal dengan sebutan kembang kertas / bunga dahlia, berhasil mekar di Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS). Momen ini diabadikan oleh seorang astronot Amerika Serikat bernama Scott Kelly.

“#SpaceFlower menyambut matahari untuk pertama kalinya! #YearInSpace. Ya, memang ada bentuk kehidupan lain di ruang angkasa,” tulis Scott Kelly melalui Twitter.

Bungpa sudah bisa tumbuh dan mekar di luar angkasa, kira kira apalagi yang bisa ditumbuhkan disana, durian mungkin?

WhatsApp Image 2021 03 25 at 09.21.53

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Kerajinan Lokal Kampung Purun Banjarbaru, Tembus Pasar Internasional

Keseriusan pemerintah kota Banjarbaru dalam mengembangkan kerajinan lokal berbahan purun kini semakin berkembang, bahkan pemasaran mencapai tingkat nasional bahkan internasional.Produk kerajinan purun yang dicanangkan sebagai bahan pengganti...

Guru Di Banjar: Kami Ini Pendidik Kenapa Dianak Tirikan

Sebagian Besar Guru tingkat Sekolah Dasar(SD) dan tingkat Sekolah Menengah Pertama(SMP) yang ada di Kabupaten Banjar mengeluhkan Perbedaan antara Kabupaten Banjar dengan Daerah lainnya di Kalimantan...

Kamu mungkin juga suka

Nutrisi Terpenuhi Puasa Lancar, Simak Tips Asupan Buka dan Sahur Sehat...

Selama jam-jam puasa, tubuh menggunakan simpanan karbohidrat yang disimpan di hati dan otot serta lemak untuk menyediakan energi setelah semua kalori dari makanan yang...

Tumis Kangkung Tetap Hijau? Ini Tipsnya

Kali ini dibahas tips masak kangkung tetap hijau dan segar seperti yang disajikan di restoran.Kangkung menjadi salah satu sayuran favorit bagi warga Indonesia. Bahkan...

Saidi Mansyur : Touring Religi Ini Mampu Membangun Mental Positif

Bupati Banjar H Saidi Mansyur melepas  peserta Touring Religi Yamaha Nmax Club Indonesia (YNCI) Martapura/Banjarbaru di Halaman Mahligai Sultan Adam, Martapura Jum'at (2/4/2021) pagi.H....

Pria Ini Disebut Mirip Hotman Paris

Sosok pria bernama Sueb ini bak pinang dibelah dua dengan pengacara kondang Hotman Paris Hutapea.Bagaimana tidak, jika dilihat sekilas bentuk wajah dan penampilannya memiliki...