Beranda Habar Banjar Dampak Covid-19, Penindakan dan...

Dampak Covid-19, Penindakan dan Penanganan Pelanggaran Serta Kecelakaan Lalin Menurun

Sirup Kayu Manis 1

Terbaru

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, khususnya Kabupaten Banjar sejak akhir Maret 2020 mengakibatkan menurunnya tingkat penanganan pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas di wilayah Hukum Polres Banjar.

Kasat Lantas Polres Banjar melalui Kepala Baur SIM Polres Banjar, Ipda Wendy saat ditemui pada Rabu (16/12/2020) mengatakan memang terjadi penurunan jumlah penindakan pelanggaran lalu lintas di tahun 2020.

“Memang terjadi penurunan pelanggaran lalu lintas, sebab saat masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), banyak aktivitas ditiadakan sementara waktu sehingga masyarakat lebih banyak berdiam diri di rumah,” katanya.

IMG 20201218 WA0034

Namun bukan berarti kasus Pelanggaran lalu lintas tidak ada sama sekali, Ipda  Wendy mengungkapkan tetap ada dan mayoritas yang terjadi adalah pengendara yang melawan arus dan melanggar marka jalan.

“Kita lakukan penindakan penilangan dilakukan setelah pengendara yang melanggar hal tersebut. Setelah kita cek ulang, ternyata surat menyurat pelanggar tidak lengkap. Ada yang surat izin mengemudi (SIM) mati, ada juga yang pajak kendaraannya mati. Mereka ber alasannya karena Covid 19 tidak bisa membuat SIM atau membayar pajak,” jelasnya.

Selain itu jumlah penindakan pelanggaran dengan penilangan turun karena, pihaknya berdasarkan perintah dari atasan diminta untuk melakukan operasi simpatik pada masyarakat.

Sementara itu di tempat berbeda, Kanit Idik Laka Satlantas Polres Banjar, Ipda Alfian Noor pada Kamis (17/12) juga mengungkapkan hal senada, yakni angka kecelakaan lalu lintas di tahun 2020 cukup menurun dibandingkan tahun 2019 karena faktor pandemi Covid 19.

IMG 20201218 WA0033

“Memang sampai tanggal 17 Desember 2020 ini, angka kecelakaan lalu lintas berdasarkan data yang kami miliki berjumlah 85 kejadian. Sedangkan di tahun 2019 berjumlah 110 kejadian, lebih tinggi dari tahun sebelumnya,” paparnya.

Ipda Alfian Noor menjelaskan penurunan ini terjadi sejak Maret 2020 hingga saat ini, dimana jika tahun sebelumnya ada 10 kejadian setiap 1 bulan, sekarang jumlahnya menurun hanya terjadi 6 kejadian saja.

“Kecelakaan yang sering terjadi itu adalah kecelakaan antara sepeda motor yang dikarenakan pengemudinya lalai serta kedisiplinan dalam berkendara agak kurang. Apalagi yang sering terjadi akibat melawan arus lalu lintas dan ada yang tidak menggunakan helm,” jelasnya.

Sementara untuk kejadian kecelakaan yang melibatkan kendaraan roda 4 dan 6 itu terjadi karena pengemudi mengantuk setelah perjalanan jauh sehingga tidak mampu mengendalikan laju kendaraan yang dikendarainya.

Berdasarkan data dari Unit Laka Satlantas Polres Banjar, Ipda Alfian Noor mengungkapkan jumlah korban meninggal dunia tahun 2020 akibat kecelakaan bermotor 45 orang, menurun dari jumlah kecelakaan bermotor pada tahun 2019 yang berjumlah 61 orang per 17 Desember 2020.

Sambal Mandai KU
Berduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur Effendy

Trending Minggu Ini

Inisiatif Hibur Korban Banjir

Inisiatif menghibur korban banjir, khususnya anak-anak yang tengah merasa sedih dan jenuh, terlebih lagi trauma yang dirasakan, para pegawai Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan...

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Jembatan Penghubung Desa Ini Tetap Digunakan Meski Rusak Parah

Bencana banjir yang melanda Kabupaten Banjar menyebabkan sejumlah infrastruktur rusak parah diantaranya seperti jembatan, hal ini pun menarik perhatian Presiden Republik Indonesia (RI) Joko...

Kamu mungkin juga suka

Susuri Sungai, Diskominfo Standi Banjar Salurkan Bantuan Banjir

Tim Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian (Diskominfo Standi) Kabupaten Banjar menyusuri bantaran sungai Martapura untuk mendistribusikan bantuan langsung terhadap korban banjir, Rabu (20/1/2021).Bantuan banjir...

Inisiatif Hibur Korban Banjir

Inisiatif menghibur korban banjir, khususnya anak-anak yang tengah merasa sedih dan jenuh, terlebih lagi trauma yang dirasakan, para pegawai Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan...

Jembatan Penghubung Desa Ini Tetap Digunakan Meski Rusak Parah

Bencana banjir yang melanda Kabupaten Banjar menyebabkan sejumlah infrastruktur rusak parah diantaranya seperti jembatan, hal ini pun menarik perhatian Presiden Republik Indonesia (RI) Joko...

Ketua TP PKK Tinjau Posko dan Salurkan Bantuan

Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar meninjau serta membagikan sembako ke posko pengungsian korban banjir di Desa Padang Panjang Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, Minggu...