Beranda Habar Banjar DPRD Banjar Gelar Audiensi...

DPRD Banjar Gelar Audiensi Permasalahan Lahan Milik Helmi Mardani

Terbaru

Iklan untuk Habar kalimantan
Banner Ucapan Selamat Saidi

Permasalahan lahan Proyek Jalan Nasional Lingkar Sungai Ulin – Mataraman, perihal pembebasan lahan di Desa Jingah Habang Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, kembali dibawa ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banjar.

Kamis (19/11/2020) di Ruang Rapat DPRD Banjar, permasalahan terkait lahan tersebut kembali dibahas melalui audiensi antara DPRD Banjar, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Selatan, Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Marga, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XI Wilayah II Kalimantan Selatan, Ahli Waris Pemilik Lahan Hilmi Mardani dan Kontraktor Pelaksana.

“Ini rapat yang kedua tentang pembebasan lahan yang dijadikan jalan poros Sungai Ulin – Mataraman. Masalahnya menurut saya yakni prosesnya yang kurang tepat,tanah orang dieksekusi tanpa ada surat perintah eksekusi dari pengadilan negeri Martapura Kabupaten Banjar,”ucap Ketua DPRD Banjar, M Rofiqi.

IMG 20201119 WA0013

Rofiqi juga mengatakan, nilai ganti rugi yang sebelumnya telah ditetapkan dengan nilai berbeda dengan posisi lahan lainnya, juga merupakan masalah bagi pemilik lahan lantaran posisi lahannya strategis.

ucapan Syamsudinoor Ketua DPC Partai Demokrat balangan

Kepala Desa Balida Balangan

“Nilai ganti rugi yang sudah ditetapkan tidak sesuai dalam artian berbeda dari ganti rugi tanah yang lain, sedangkan lahan helmi lebih strategis,” katanya.

Ketua DPRD Banjar ini juga menyayangkan permasalahan lahan ini masih ada disaat proyek telah berjalan.Namun disisi lain jalan poros ini memang dibutuhkan terlebih saat event tahunan seperti Haul Guru Sekumpul.

“Jangan sampai karena masalah ini, pembangunan jalan menjadi tertunda atau bahkan berhenti pengerjaannya.Semoga secepatnya ada jalan tengah atau solusi untuk menyelesaikan masalah ini,”harapnya.

IMG 20201119 WA0022

Sementara itu Helmi Mardani(Ahli Waris) mengungkapkan bahwa yang menjadi permasalah baginya yakni ganti rugi yang tak kunjung dibayar dan jumlahnya yang menurutnya tidak wajar.

“Selain itu kami menyayangkan adanya eksekusi tanpa ada surat dari pengadilan, bahkan Ketua Pengadilan Negeri Martapura saat kami temui mengaku terkejut dan tak tahu menahu mengenai eksekusi lahan saya itu,”

“Dinas terkait juga mengungkapkan tak ada yang menyuruh untuk melakukan pengosongan lahan. Tapi kenyataannya lahan sudah diland clearing dan tinggal pengerasan,” bebernya.

IMG 20201119 WA0011

Helmi juga menekankan akan menutup jalan yang berada di Kawasan lahannya, apabila permasalahan ini tidak ada penyelesaian.
“Tapi kami tak berniat menghambat pembangunan jalannya, karena almarhum bapak kami tak pernah menghambat pembangunan jalan ini. Kami setuju, tapi ganti rugi harus sesuai, jangan seperti sekarang yang tidak wajar, kami merasa terzalimi,” pungkasnya.

Proyek Pembangunan Jalan Nasional Lingkar Sungai Ulin – Mataraman itu sendiri dianggarkan sebesar Rp 16 Miliar lebih, pengerjaannya sendiri dilaksanakan oleh PT Nugroho Lestari sebagai kontraktor dengan masa pelaksanaan selama 234 hari ini.

147472014 488693172524592 7656871165523889710 n

Banner Ucapan Selamat Saidi
147472014 488693172524592 7656871165523889710 n

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Aplikasi Cangkal Berantas Prostitusi Online Di Banjarbaru

Dalam 1 pekan terakhir Unit Patroli Sat Sabhara Polres Banjarbaru yang dipimpin Aiptu Isman sedikitnya mengamankan 9 pelaku yang diduga menjual jasa prostitusi online...

Kasur Kapuk Di Martapura Tidak Ada Pematinya

Ditengah persaingan pasar khususnya produk kasur modern, Kasur kapuk ternyata masih diminati masyarakat di Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Hal ini terbukti, masih eksisnya perajin...

Kamu mungkin juga suka

Bupati Banjar Lantik 163 Pengurus DPD KNPI Kabupaten Banjar

Pelantikan Kepengurusan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Banjar masa bhakti 2021-2023 dan Rakerda dilaksanakan di Mahligai Sultan Adam, Pendopo...

UAN Ditiadakn, Kelulusan Ditentukan Sekolah Masing-Masing

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) beberapa waktu lalu mengeluarkan kebijakan baru di tengah situasi pandemi Covid-19 yang mana melalui surat edaran Kemendikbud menyatakan peniadaan...

Pro dan Kontra Vaksin Sinovac, Kadinkes Banjar : Virus Ganas Itu...

Ditengah keberlangsungan penanggulangan Covid-19 melalui Program Pemerintah Pusat yakni Vaksinasi di daerah Kabupaten Banjar muncul pro dan kontra di kalangan masyarakat dengan adanya vaksin...

Komisi III DPRD Gelar RDP DenganTPH Banjar Bahas Pemulihan Sektor Pertanian

Sektor Pertanian di Kabupaten Banjar menjadi salah satu sektor yang terdampak akibat musibah banjir yang melanda awal tahun ini.Berdasarkan data dari Dinas Tanaman Pangan...