Beranda Habar Banjar Gerakan 100 Smart City,...

Gerakan 100 Smart City, Banjar Kabupaten Terbaik Di Kalimantan

Sirup Kayu Manis 1

Terbaru

Berdasarkan hasil penilaian evaluasi implemantasi masterplan dan quick win smart city tahap I Gerakan 100 Smart City oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan berada di posisi 3 terbaik dari 25 kabupaten dan  kota se Nusantara.

Sementara untuk level kabupaten, posisi Kabupaten Banjar berada di urutan kedua atau dibawah Kabupaten Demak Jawa Tengah.Namun untuk tingkat Kalimantan, Kabupaten Banjar merupakan terbaik pertama.

Hasil penilaian rata-rata Kabupaten Banjar mendapatkan 3,41, pada kriteria baseline mendapat nilai 3,51, untuk nilai output dan outcome mendapat nilai 3,14 dan 3,34. Nilai untuk impact 3,8 sedangkan quick win  diberi nilai 3,57.

“Alhamdulillah, dari hasil evaluasi implementasi Master Plan dan Quick Win Tahun 2020 yg dilakukan oleh Kemen Kominfo RI pada 25 Kabupaten/Kota yang terpilih pada Program Gerakan 100 Smart City di Indonesia, Kabupaten Banjar mendapatkan hasil peringkat 3 terbaik di tingkat nasional. Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas partisipasi serta kerja semua SKPD dan stakeholder yg terkait,” ucap Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar  H M Hilman, Kamis (7/1/2121).

Dikatakannya, evaluasi atas lima dimensi, yaitu Dimensi Base line, Dimensi Output pada Kebijakan, Kelembagaan dan Anggaran, Dimensi Outcome pada Program Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society dan Smart Environment, Dimensi Impact pada Perbaikan dan Keterlibatan Masyarakat serta Dimensi Quick Win dinilai dari inovasi, daya tarik, manfaat, keunikan, peluang kemitraan, potensi pengembangan, keberlangsungan, sumberdaya, manajemen resiko dan keberlanjutan.

“Hasil evaluasi ini sebagai bahan masukan untuk melakukan perbaikan dalam implementasi guna dapat mengintegrasikan teknologi dan informasi dalam tata kelola pemerintahan dan pembangunan sehingga bisa mempertinggi effisiensi, memperbaiki pelayanan publik dan meningkatkan kesejahteraan rakyat di Kabupaten Banjar,” tuturnya.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar HM. Aidil Basith menyatakan bangga dengan capaian nilai terbaik Kabupaten Banjar di Kalimantan. Pencapaian ini merupakan komitmen tinggi dari kepala daerah serta dukungan seluruh SKPD di Kabupaten Banjar.

“Selanjutnya kita bersama dengan SKPD lainnya akan terus membenahi kekurangan sehingga  benar-benar mampu  mewujudkan Banjar Smart City. Terima kasih atas dukungan dan Kerjasama semua SKPD,” ucapnya.

Sedangkan Kepala Bidang E-Government Diskominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, Cornelius Kristianto menambahkan, sebagai salah satu dari 100 kabupaten dan kota di Indonesia yang masuk Gerakan 100 Smart City, Kabupaten Banjar akan dievaluasi setiap tahunnya.

“Kabupaten Banjar masuk di periode ketiga pada 2019 bersama dengan 25 kabupaten dan kota lainnya untuk menggenapi 75 kabupaten dan kota yang terlebih dahulu lolos seleksi Gerakan 100 Smart City. Evaluasi pertama pada November 2020 lalu, melalui daring karena pandemi,” ujarnya.

Dijelaskan bahwa untuk quick win Banjar Smart City adalah Gerakan Bersama Realisasi Aksi Sanitasi (Gebraks). Kabupaten Banjar tahun ini mengusulkan tambahan quick win Perpustakaan Online (i-Martapura). 

Untuk mewujudkan smart city di Kabupaten Banjar, akan terus ditingkatkan infrastruktur jaringan internet dan intranet kecamatan, penambahan BTS utk wilayah blank spot, Integrasi Aplikasi Layanan Administrasi dan Layanan Umum, pemanfaatan pusat data di DKISP, tatakelola SPBE, kebijakan Smart City dan SPBE, penambahan jumlah dan kualitas SDM TIK, peningkatan peran serta masyarakat, literasi tentang Smart City serta dukungan anggaran.

Sambal Mandai KU
IMG 20201231 WA0008
WhatsApp Image 2020 12 11 at 11.25.51
1422374 923771344327002 1982948344843059176 n

Trending Minggu Ini

Inisiatif Hibur Korban Banjir

Inisiatif menghibur korban banjir, khususnya anak-anak yang tengah merasa sedih dan jenuh, terlebih lagi trauma yang dirasakan, para pegawai Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan...

Jembatan Penghubung Desa Ini Tetap Digunakan Meski Rusak Parah

Bencana banjir yang melanda Kabupaten Banjar menyebabkan sejumlah infrastruktur rusak parah diantaranya seperti jembatan, hal ini pun menarik perhatian Presiden Republik Indonesia (RI) Joko...

Bupati Banjar Sambangi Posko Dapur Umum

Bupati Banjar H Khalilurrahman sambangi posko dapur umum korban banjir di depan Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Banjar, Martapura, Sabtu (16/1/2021) pagiDidampingi istri Ketua TP...

Kamu mungkin juga suka

Susuri Sungai, Diskominfo Standi Banjar Salurkan Bantuan Banjir

Tim Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian (Diskominfo Standi) Kabupaten Banjar menyusuri bantaran sungai Martapura untuk mendistribusikan bantuan langsung terhadap korban banjir, Rabu (20/1/2021).Bantuan banjir...

Inisiatif Hibur Korban Banjir

Inisiatif menghibur korban banjir, khususnya anak-anak yang tengah merasa sedih dan jenuh, terlebih lagi trauma yang dirasakan, para pegawai Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan...

Jembatan Penghubung Desa Ini Tetap Digunakan Meski Rusak Parah

Bencana banjir yang melanda Kabupaten Banjar menyebabkan sejumlah infrastruktur rusak parah diantaranya seperti jembatan, hal ini pun menarik perhatian Presiden Republik Indonesia (RI) Joko...

Ketua TP PKK Tinjau Posko dan Salurkan Bantuan

Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar meninjau serta membagikan sembako ke posko pengungsian korban banjir di Desa Padang Panjang Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, Minggu...