Beranda Habar Banjar Jelang Evaluasi Tahap Pertama...

Jelang Evaluasi Tahap Pertama Gerakan 100 Smart City, Pemkab Banjar Persiapkan Hal Ini

Terbaru

Iklan untuk Habar kalimantan
Banner Ucapan Selamat Saidi

Kabupaten Banjar yang merupakan 1 dari 100 kabupaten dan kota di Indonesia yang termasuk dalam Gerakan 100 Smart City, tengah bersiap untuk mengikuti evaluasi tahap pertama.

Hal ini terlihat saat digelarnya Rapat persiapan evaluasi dipimpin oleh Asisten perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Banjar, H. Muhammad Rusdi, di Aula Barakat, Rabu (4/11/2020).

Gerakan 100 Smart City merupakan Gerakan yang dimaksudkan untuk mewujudkan “Kota Cerdas” di Indonesia.

Dalam hal ini Kementerian Kominfo bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Keuangan, Kementerian PAN dan RB, dan Kompas Gramedia dalam menyelenggarakan Program Gerakan Menuju 100 Smart City.

IMG 20201105 WA0005
ucapan Syamsudinoor Ketua DPC Partai Demokrat balangan

Kepala Desa Balida Balangan

Seratus kabupaten dan kota terpilih selanjutnya akan dievaluasi terhadap implementasi masterplan smart city yang telah dilaksanakan.

”Sebagai salah satu kabupaten yang termasuk dalam Gerakan 100 Smart City di Indonesia, kita akan menyiapkan bahan untuk evaluasi tahap pertama ini,” ujar Rusdi didampingi Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Muhammad Ikhsan dan Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government Diskominfo, Cornelius Kristiyanto.

Dia meminta agar instansi terkait dalam program smart city di Kabupaten Banjar mendukung penuh, sehingga progres smart city yang dilaksanakan oleh Kabupaten Banjar, bisa disampaikan secara menyeluruh pada evaluasi nanti.

Melalui Program Evaluasi Smart City diharapkan setiap kota dan kabupaten dapat memberikan laporan monitoring dan evaluasi smart city. Evaluasi melalui pengisian kuesioner dan akan dilengkapi dengan penilaian serta saran atau rekomendasi dari tim penilai (assessor).

Pemerintah Kabupaten Banjar sudah menyusun masterplan smart city yang berperan penting dalam menentukan arah, kebijakan dan regulasi dalam program pendukung pembangunan.

Terdapat enam dimensi yang akan dibangun dan saling berkaitan satu dengan yang lain yakni, smart government, smart branding, smart economy, smart living, smart society dan smart environment.

Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government Diskominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar Cornelius Kristiyanto menjelaskan bahwa selanjutnya setiap SKPD yang terlibat dalam Gerakan Smart City di Kabupaten Banjar, akan mengumpulkan progress yang telah dilaksanakan untuk disampaikan sebagai sinkronisasi bahan evaluasi, baik jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

“Semua dimensi Smart City akan dievaluasi termasuk quick win smart city Kabupaten Banjar yakni “Gebraks”. bersama-sama dengan program kegiatan pada masing-masing Smart, Smart Economy, Smart Environment, Smart Living, Smart Government, Smart Branding dan Smart Society,” ujarnya.

Kris mencontohkan pada Smart Government yang sudah berhasil direalisasikan adalah Mall Pelayanan Publik “Barokah” dan telah di launching oleh Bupati Banjar tanggal 29 Januari 2020.

147472014 488693172524592 7656871165523889710 n

Banner Ucapan Selamat Saidi
147472014 488693172524592 7656871165523889710 n

Trending Minggu Ini

BKIPM Kunci Aktivitas Pelaku Usaha Perikanan Apabila Tidak Memiliki KUSUKA

Sosialisasi Regulasi Peraturan undang - undang nomor 21 Tahun 2019 digelar Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Banjarmasin, Kementerian Kelautan...

Jokowi Melihat Langsung Insan Pers Vaksinasi Covid-19

Presiden RI Joko Widodo menghadiri pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi 5.512 insan pers di Hall A Basket Gelora Bung Karno Senayan Jakarta Pusat, Kamis (25/02/2021).Dari...

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Kamu mungkin juga suka

Rakor Pertamanya, Bupati Banjar Tunjuk Plt Kasatpol PP Banjar

Di hari pertama tugasnya, Bupati Banjar terpilih, H. Saidi Mansyur resmi menunjuk H. M. Aidil Basith sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satuan Polisi Pamong...

Diusia 10 Tahun Bank Sampah Sekumpul Canangkan Inovasi Ini

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2021 dengan tagline "Sampah Sebagai Bahan Baku Ekonomi Ditengah Pandemi" diperingati Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Bank Sampah Sekumpul...

Empat Prioritas Kerja Kepala Daerah Baru Di Kalsel

Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA melantik lima kepala daerah Bupati/Walikota di gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Jumat (26/2/2021).Mereka, Aditya Arifin dan Wartono dari Kota...

Dandim 1006/Mtp Dukung Relokasi Pasar Bauntung Banjarbaru

Pemerintah Kota Banjarbaru telah menetapkan waktu relokasi Pasar Bauntung Banjarbaru. Diketahui batas waktu Relokasi pedagang pasar Bauntung Banjarbaru untuk melakukan pemindahan ialah tanggal 28...