KORAN ONLINE PUASA Saidi scaled 1
Beranda Habar Banjar Jelang Evaluasi Tahap Pertama...

Jelang Evaluasi Tahap Pertama Gerakan 100 Smart City, Pemkab Banjar Persiapkan Hal Ini

Terbaru

Kabupaten Banjar yang merupakan 1 dari 100 kabupaten dan kota di Indonesia yang termasuk dalam Gerakan 100 Smart City, tengah bersiap untuk mengikuti evaluasi tahap pertama.

Hal ini terlihat saat digelarnya Rapat persiapan evaluasi dipimpin oleh Asisten perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Banjar, H. Muhammad Rusdi, di Aula Barakat, Rabu (4/11/2020).

Gerakan 100 Smart City merupakan Gerakan yang dimaksudkan untuk mewujudkan “Kota Cerdas” di Indonesia.

Dalam hal ini Kementerian Kominfo bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Keuangan, Kementerian PAN dan RB, dan Kompas Gramedia dalam menyelenggarakan Program Gerakan Menuju 100 Smart City.

IMG 20201105 WA0005
KORAN ONLINE PUASA Saidi scaled 1

Seratus kabupaten dan kota terpilih selanjutnya akan dievaluasi terhadap implementasi masterplan smart city yang telah dilaksanakan.

”Sebagai salah satu kabupaten yang termasuk dalam Gerakan 100 Smart City di Indonesia, kita akan menyiapkan bahan untuk evaluasi tahap pertama ini,” ujar Rusdi didampingi Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Muhammad Ikhsan dan Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government Diskominfo, Cornelius Kristiyanto.

Dia meminta agar instansi terkait dalam program smart city di Kabupaten Banjar mendukung penuh, sehingga progres smart city yang dilaksanakan oleh Kabupaten Banjar, bisa disampaikan secara menyeluruh pada evaluasi nanti.

Melalui Program Evaluasi Smart City diharapkan setiap kota dan kabupaten dapat memberikan laporan monitoring dan evaluasi smart city. Evaluasi melalui pengisian kuesioner dan akan dilengkapi dengan penilaian serta saran atau rekomendasi dari tim penilai (assessor).

Pemerintah Kabupaten Banjar sudah menyusun masterplan smart city yang berperan penting dalam menentukan arah, kebijakan dan regulasi dalam program pendukung pembangunan.

Terdapat enam dimensi yang akan dibangun dan saling berkaitan satu dengan yang lain yakni, smart government, smart branding, smart economy, smart living, smart society dan smart environment.

Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government Diskominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar Cornelius Kristiyanto menjelaskan bahwa selanjutnya setiap SKPD yang terlibat dalam Gerakan Smart City di Kabupaten Banjar, akan mengumpulkan progress yang telah dilaksanakan untuk disampaikan sebagai sinkronisasi bahan evaluasi, baik jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

“Semua dimensi Smart City akan dievaluasi termasuk quick win smart city Kabupaten Banjar yakni “Gebraks”. bersama-sama dengan program kegiatan pada masing-masing Smart, Smart Economy, Smart Environment, Smart Living, Smart Government, Smart Branding dan Smart Society,” ujarnya.

Kris mencontohkan pada Smart Government yang sudah berhasil direalisasikan adalah Mall Pelayanan Publik “Barokah” dan telah di launching oleh Bupati Banjar tanggal 29 Januari 2020.

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

‘Ayam Asix’ Kini Hadir Di Kota Banjarbaru

Restoran cepat saji ‘Ayam Asix’ kini hadir di kota Banjarbaru Kalimantan Selatan, tepatnya di Jl. A Yani Kilometer 35.Pembukaan Ayam Asix yang digelar,Kamis(28/08/2020) dihadiri...

Cemilan Laris Di Kota Santri Saat Malam Ramadan

Di Kota Martapura Kabupaten Banjar terdapat jajanan kuliner tradisional khas Banjar yang kehadirannya pada setiap malam Ramadan selalu dinantikan para penikmatnya.Meski berada di Gang...

Kamu mungkin juga suka

Awak Media Di Kabupaten Banjar Silaturahmi Dengan Bupati

Dengan penerapan protokol kesehatan, puluhan wartawan dari berbagai media cetak, elektronik dan online bersilaturahmi dengan Bupati Banjar H. Saidi Mansyur, di Mahligai Sultan Adam...

Raperda RTRW 2021-2041 Disetujui

Pendapat Akhir dari Fraksi-Fraksi DPRD Banjar terhadap Raperda tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Banjar tahun 2021-2041, disetujui oleh semua fraksi.Demikian disampaikan Ketua...

Wabup Banjar Sidak Pasar, Harga Bahan Pokok Stabil Kecuali Daging Sapi...

Wakil Bupati Banjar H.Said Idrus Al Habsyi didampingi Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Eddy Hasby, Kepala Disperindag I Gusti...

Jelang Idulfitri, Polres Banjar Apel Gelar Pasukan Operasi “Ketupat Intan” Guna...

Kepolisian Resor Banjar melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Kepolisian Terpusat "Ketupat Intan - 2021" bertempat di Lapangan Apel Mapolres Banjar, Rabu (5/5/2021) pukul 08.30...