Beranda Habar Banjar Jelang Evaluasi Tahap Pertama...

Jelang Evaluasi Tahap Pertama Gerakan 100 Smart City, Pemkab Banjar Persiapkan Hal Ini

Terbaru

Kabupaten Banjar yang merupakan 1 dari 100 kabupaten dan kota di Indonesia yang termasuk dalam Gerakan 100 Smart City, tengah bersiap untuk mengikuti evaluasi tahap pertama.

Hal ini terlihat saat digelarnya Rapat persiapan evaluasi dipimpin oleh Asisten perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Banjar, H. Muhammad Rusdi, di Aula Barakat, Rabu (4/11/2020).

Gerakan 100 Smart City merupakan Gerakan yang dimaksudkan untuk mewujudkan “Kota Cerdas” di Indonesia.

Dalam hal ini Kementerian Kominfo bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Keuangan, Kementerian PAN dan RB, dan Kompas Gramedia dalam menyelenggarakan Program Gerakan Menuju 100 Smart City.

IMG 20201105 WA0005
habarkalimantan

Seratus kabupaten dan kota terpilih selanjutnya akan dievaluasi terhadap implementasi masterplan smart city yang telah dilaksanakan.

”Sebagai salah satu kabupaten yang termasuk dalam Gerakan 100 Smart City di Indonesia, kita akan menyiapkan bahan untuk evaluasi tahap pertama ini,” ujar Rusdi didampingi Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Muhammad Ikhsan dan Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government Diskominfo, Cornelius Kristiyanto.

Dia meminta agar instansi terkait dalam program smart city di Kabupaten Banjar mendukung penuh, sehingga progres smart city yang dilaksanakan oleh Kabupaten Banjar, bisa disampaikan secara menyeluruh pada evaluasi nanti.

Melalui Program Evaluasi Smart City diharapkan setiap kota dan kabupaten dapat memberikan laporan monitoring dan evaluasi smart city. Evaluasi melalui pengisian kuesioner dan akan dilengkapi dengan penilaian serta saran atau rekomendasi dari tim penilai (assessor).

Pemerintah Kabupaten Banjar sudah menyusun masterplan smart city yang berperan penting dalam menentukan arah, kebijakan dan regulasi dalam program pendukung pembangunan.

Terdapat enam dimensi yang akan dibangun dan saling berkaitan satu dengan yang lain yakni, smart government, smart branding, smart economy, smart living, smart society dan smart environment.

Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government Diskominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar Cornelius Kristiyanto menjelaskan bahwa selanjutnya setiap SKPD yang terlibat dalam Gerakan Smart City di Kabupaten Banjar, akan mengumpulkan progress yang telah dilaksanakan untuk disampaikan sebagai sinkronisasi bahan evaluasi, baik jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

“Semua dimensi Smart City akan dievaluasi termasuk quick win smart city Kabupaten Banjar yakni “Gebraks”. bersama-sama dengan program kegiatan pada masing-masing Smart, Smart Economy, Smart Environment, Smart Living, Smart Government, Smart Branding dan Smart Society,” ujarnya.

Kris mencontohkan pada Smart Government yang sudah berhasil direalisasikan adalah Mall Pelayanan Publik “Barokah” dan telah di launching oleh Bupati Banjar tanggal 29 Januari 2020.

WhatsApp Image 2021 07 19 at 17.07.44

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Mengolah Tanah Rawa Jadi Media Tanam

Usaha jual media tanam yang dilakukan warga Desa Gudang Tengah Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar ini terbilang cukup unik.Hanya dengan mengolah campuran tanah rawa...

Destinasi Wisata Banjarbaru

Sebagai tujuan wisata yang ada di Kalimantan Selatan, Banjarbaru memiliki pesona tersendiri yang kini semakin diminati untuk dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.Apalagi...

Kamu mungkin juga suka

Tutup Usia, Guru Khalil Berpesan Jaga Tali Silaturahmi Dan Ukhuwah Islamiah

Kabupaten Banjar Berduka, Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, salah seorang tokoh pemuka agama sekaligus Bupati Banjar Periode 2016-2021, KH. Khalilurrahman tutup usia pada Minggu...

Harlah KNPI Banjar Ke 48, Bupati Banjar Ingin KNPI Terus Bersinergi

Dalam peringatan Harlah (Hari Lahir) Komite Nasional Pemuda Indonesia  (KNPI) Kabupaten Banjar ke 48, Bupati Banjar H Saidi Mansyur meminta KNPI Banjar terus mensupport...

Pemerintah Gulirkan Subsidi Untuk Pekerja, Ini Syaratnya

REDAKSI8.COM - Pemerintah memastikan akan mengeluarkan kebijakan pemberian bantuan pemerintah berupa subsidi gaji/upah bagi pekerja/buruh (BSU) di tahun 2021.Bantuan ini diharapkan dapat mencegah...

Bupati Banjar Letakan Batu Pertama Pembangunan Infrastruktur KOTAKU

Bupati Banjar H Saidi Mansyur melakukan peletakan batu pertama pembangunan infrastruktur permukiman, berupa pembangunan jalan lingkungan dan septic tank komunal reguler kota tanpa kumuh...