Beranda Habar Banjar Kabupaten Banjar Tetapkan Status...

Kabupaten Banjar Tetapkan Status Siaga Darurat Bencana Non Alam

CREATIVE TALK HIPMI BANJARBARU WEBINAR 1

Terbaru

RPM Kunjungi Angkipih, Warganya Ingin Paslon Manis Pimpin Kabupaten Banjar

Menempuh jarak yang jauh tak menyurutkan semangat Relawan Perempuan Manis (RPM) dalam memperkenalkan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Banjar no...

Founder Oke Oce Kagum Dengan Pembinaan UMKM Kota Banjarbaru

Founder One Kecamatan One Center for Entrepreneurship (Ok Oce), Sandiaga Salahuddin Uno kagum akan pembinaan yang telah dilakukan terhadap pelaku Usaha Menengah...

Survei Elektabilitas Calon Walikota-Wakil Walikota Banjarbaru

Lembaga Survei Charta Politika Indonesia Kota Banjarbaru rilis hasil survei Elektabilitas Calon Walikota-Wakil Walikota Banjarbaru 2020 pada Rabu (21/10).

Median Jalan di Cat, Jalan Bersih, Banjarbaru Semakin ‘Glowing’

Semenjak dilantiknya Bernhard E Rondonuwu menjadi Pejabat Sementara (PJS) kurang lebih 71 di Kota Banjarbaru, dirinya berkomitmen untuk memajukan kota yang berjuluk...

Wakil Menteri PUPR RI Disambut Di Banjarbaru

Wakil Menteri PUPR RI Disambut Di BanjarbaruPjs Walikota Banjarbaru Bernhard E Rondonuwu, sambut Kedatangan Wakil Menteri PUPR RI, John Wempi Wetipo, Di...

Virus Corona (Covid-19) di Indonesia mulai terdeteksi dan ramai dibicarakan publik sejak awal Maret 2020 lalu, Menindaki hal tersebut pemerintah RI akhirnya menetapkan status Bencana Nasional Non Alam di Indonesia Khususnya di beberapa Provinsi di Indonesia yang terdeteksi adanya Korban Terpapar Virus Corona.

Hingga Selasa sore (17/3), kasus positif Virus Corona di Indonesia berjumlah 172 orang, dimana 9 orang sudah dinyatakan sembuh dan 5 orang meninggal dunia.

Hampir semua Daerah mulai menetapkan status Siaga Darurat Bencana Non Alam untuk menangani atau mencegah penyebaran Virus Corona ini.

Tak tinggal diam, Kabupaten Banjar pun turut menetapkan status Siaga Darurat Bencana Non Alam pada Senin (16/3) dan pembentukan Satuan Tugas (Satgas) untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Kabupaten Banjar.

PicsArt 03 18 09.49.42

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Banjar, HM. Hilman pada awak media usai pelaksanaan rapat tindak lanjut dan antisipasi penyebaran Virus Corona bersama Forkopimda di Command Center Barokah, Mahligai Sultan Adam, Martapura, Selasa (17/3/2020).

“Penetapan status Siaga Darurat Bencana Non Alam Covid-19 ini akan berlaku mulai 16 Maret 2020 hingga 30 Juni 2020 mendatang, jadi selama kurang lebih 3 bulan, dan tidak menutup kemungkinan akan diperpanjang jika kondisi masih belum kondusif” ungkapnya.

Rapat tersebut juga menetapkan susunan anggota Gugus Tugas untuk penanganan Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Banjar.

“Bupati Banjar akan menjadi penanggung jawab dalam Gugus Tugas ini, sementara Wakil Bupati Banjar, Ketua DPRD Banjar, Kejari Kabupaten Banjar, Kapolres Banjar dan Dandim 1006/Martapura akan menjadi pengarah. Untuk Ketua Pelaksana dan Sekretaris akan dijabat oleh Sekda Banjar dan Kadinkes Banjar,” ungkap HM. Hilman.

Gugus Tugas ini juga akan diisi oleh stakeholder terkait, yaitu dari Kepala SKPD di jajaran Pemkab Banjar dan instansi vertikal lainnya, sementara untuk Juru Bicara diserahkan kepada Sekretaris Gugus Tugas sebagai sumber informasi satu pintu.

Gugus Tugas ini memiliki tugas untuk menangani proses pencegahan, penanganan sampai rehabilitasi COVID-19 di Kabupaten Banjar.

Dalam waktu dekat, Pemkab Banjar katanya akan menerbitkan surat edaran untuk jajaran internal Pemkab Banjar dan himbauan untuk masyarakat.

“Beberapa poin dari edaran dan himbauan nanti akan meminta agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik, tapi harus tetap waspada karena kita punya protokol-protokol penanganan COVID-19 yang mengacu dari Pemerintah Pusat. Fokus kita adalah melakukan proteksi dahulu, baru kemudian melakukan pemutusan mata rantai penyebaran di wilayah. Pemantauan masuk dan keluar orang di daerah,” terangnya.

HM. Hilman menambahkan Pemkab Banjar juga telah menunda perjalanan dinas bagi para ASN selama 3 minggu untuk mencegah masuknya virus ini.

Di edaran dan himbauan tersebut juga meminta agar masyarakat melaksanakan kegiatan religius seperti burdah sebagai bagian dari tolak bala, bahkan juga akan dilaksanakan di seluruh lingkup Pemkab Banjar setiap hari Jumat.

“Kami juga membuka hotline 119 bagi masyarakat yang sebelumnya melakukan perjalanan ke daerah yang terinfeksi virus corona untuk melapor. Kita memerlukan kejujuran masyarakat agar kita bisa mempersiapkan langkah selanjutnya sebagai antisipasi penyebaran wabah virus corona dengan penetapan orang dalam pengawasan,” katanya.

Mengingat antisipasi sejak dini merupakan suatu langkah awal dan merupakan hal yang patut dimaksimalkan, lantaran penyebaran virus corona sendiri terbilang cepat, oleh karena itu setiap Kepala Daerah selektif dalam mengambil kebijakan-kebijakan yang dirasakan penting guna melindungi masyarakatnya, khususnya di Kabupaten Banjar Sendiri.

WhatsApp Image 2020 10 12 at 17.36.10 1
1422374 923771344327002 1982948344843059176 n

Trending Minggu Ini

Menjenguk Tokoh Kharismatik Kertak Hanyar, H Saidi Mansyur Dapat Petuah.

H Saidi Mansyur merupakan salah satu pemimpin yang sangat cinta kepada para ulama dan habaib, hal tersebut ditunjukan dengan seringnya ia melakukan...

Anak Kuli Panggul dan Penjual Pisang Goreng, Siap Memimpin Kabupaten Banjar

H Saidi Mansyur pemuda asli banua yang lahir di Desa Sungkai, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan pada tanggal 5 Mei 1987 merupakan anak...

Warga Aluh aluh Besar Harapkan Saidi Mansyur – Habib Idrus

Kegiatan silaturahmi terus dilakukan oleh Relawan Perempuan Manis untuk mengenalkan kepada masyarakat siapa sosok H Saidi Mansyur dan Habib Idrus Al Habsyi.

Kamu mungkin juga suka

Air Mancur Taman CBS Dioperasikan Kembali

Air mancur Barokah di Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) setelah kurang lebih enam bulan tidak dioperasikan karena pandemi Covid-19, kini dibuka kembali.

PAD Meningkat, Bapenda Kabupaten Banjar Raih Penghargaan Nasional

Dinilai mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui berbagai terobosan-terobosan yang dilakukan, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Banjar raih penghargaan Inspiring Professional...

Ketua TP PKK Banjar Serahkan Alat Cuci Tangan Portabel Ke Pesantren...

Alat cuci tangan portable sebanyak 25 Unit yang merupakan hasil olahan dari Program Bimbingan Teknik (Bimtek) Kementerian Perindustrian RI kepada beberapa Industri...

Ketua TP PKK Banjar Sambut Baik Pelatihan Sasirangan PC NU

Ditengah pandemi Covid-29 yang menyebabkan melemahnya sektor perekonomian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Dinas terkait di lingkup Pemkab Banjar terus mendorong upaya...