Beranda Covid-19 Kasus Covid-19 Kabupaten Banjar...

Kasus Covid-19 Kabupaten Banjar Cenderung Menurun

Terbaru

Pasca peringatan Idul Fitri kasus Covid-19 secara nasional mengalami lonjakan, bahkan mencapai lebih 20 ribu kasus dalam sehari per tanggal 27 Juni 2021.

Lonjakan kasus ini sendiri membuat beberapa daerah seperti DKI Jakarta dan Jawa kewalahan menanganinya.

Berbanding dari kasus positif yang secara nasional mengalami kenaikan, justru di Kalimantan Selatan tepatnya di Kabupaten Banjar kasus Covid-19 menurun.

IMG 20210628 WA0039

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) sekaligus Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Banjar, dr. Diauddin saat ditemui awak media pada Senin (28/6/2021).

habarkalimantan

“Di Kabupaten Banjar saat ini tidak ada lonjakan kasus, cenderung menurun sama seperti yang terjadi di provinsi Kalsel secara keseluruhan,” katanya.

Lebih jauh Diauddin menjelaskan kini pihaknya terus melakukan pemantauan lebih lanjut sekaligus melakukan antisipasi agar tak terjadi peningkatan signifikan.

“Berdasarkan arahan dari Bupati Banjar dan juga Pj Gubernur Kalsel, para pejabat saat ini dilarang untuk bepergian ke luar jawa karena dikhawatirkan membawa masuk virus ke tempat kita,” terangnya.

Selain itu pihaknya juga mengantisipasi dengan melaksanakan protokol kesehatan, mencegah kerumunan dan menggalakkan pelaksanaan vaksinasi.

IMG 20210628 WA0045

Demikian pula dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Zalecha Martapura, dimana tidak terjadi lonjakan kasus.

Direktur RSUD Ratu Zalecha Martapura, dr. Tofik Norman Hidayat menjelaskan saat ini hanya ada 4 pasien Covid-19 yang menjalani perawatan.

“Saat ini kita masih dalam posisi aman karena terjadi penurunan terus. Kita menyiapkan 16 kamar untuk isolasi, tapi saat ini hanya 4 orang pasien yang dirawat,” katanya.

Untuk mempersiapkan diri jika terjadi lonjakan kasus seperti di Jawa, pihaknya lanjut Tofik akan menyiapkan Gedung VIP Intan serta melengkapi peralatan sesuai dengan prosedur yang ditentukan oleh pusat.

“Kondisi kami siap. Jika perlu tambahan, kami juga menyiapkan ICCU yang baru saja dibuka untuk membantu menangani lonjakan kasus jika terjadi,” papar Tofik.

WhatsApp Image 2021 07 19 at 17.07.44

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Mengolah Tanah Rawa Jadi Media Tanam

Usaha jual media tanam yang dilakukan warga Desa Gudang Tengah Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar ini terbilang cukup unik.Hanya dengan mengolah campuran tanah rawa...

Wabup Balangan Persilahkan Pengurus Majelis Ta’lim Misykatul Anwar Ajukan Proposal

HABARKALIMANTAN, Balangan - Wakil Bupati Balangan H Supiani, hadiri peletakan batu pertama renovasi perluasan majelis ta'lim Misykatul Anwar, pada Kamis (22/7/2021).Majelis Ta'lim ini, terletak...

Kamu mungkin juga suka

Infodemik Tak Kalah Bahaya Dari Covid-19

Organisasi Kesehatan Dunia WHO telah memunculkan istilah Infodemi yang menggambarkan persebaran Hoax berkaitan dengan Pandemi Covid-19, Infodemi itu telah menjadi masalah baru bagi dunia...

Masyarakat Kabupaten Banjar 40 Persennya Belum Tercover BPJS Kesehatan

Bupati Banjar, Saidi Mansyur terima audiensi rombongan BPJS Kesehatan Kalimantan Selatan di Mahligai Sultan Adam Martapura pada Rabu (28/7/2021).Didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr. Diauddin,...

Bupati Banjar Sampaikan Raperda Peternakan dan Kesehatan Hewan

Rapat Paripurna DPRD Banjar kembali digelar oleh DPRD Kabupaten Banjar, di Aula DPRD Banjar, Rabu (28/7/2021).Kali ini dengan agenda Penyampaian Bupati Banjar tentang Raperda...

Sanksi Rp100.000 Tidak Memakai Masker Di Martapura, HOAX

Pesan singkat di media sosial WhatsApp yang beredar dengan menyebutkan adanya razia masker serentak di depan Pemda Banjar dengan sanksi denda Rp100 ribu bagi...