Beranda Habar Banjar Lazismu Banjar Serahkan Bantuan...

Lazismu Banjar Serahkan Bantuan Pemberdayaan UMKM

Sirup Kayu Manis 1

Terbaru

Pemberdayaan UMKM merupakan salah satu dari sekian banyak program yang diinisiasi oleh Lembaga Zakat Infaq dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Kabupaten Banjar, hal ini untuk mengembangkan potensi ekonomi keluarga dan masyarakat guna meningkatkan produktivitas dalam upaya mengentaskan kemiskinan, khususnya di masa pandemi COVID-19 saat ini.

Lazismu Kabupaten Banjar menyerahkan bantuan program pemberdayaan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) kepada lima UMKM penerima manfaat di berbagai lokasi di Martapura pada Sabtu (5/9/2020) dan Minggu (6/9/2020). 

Dalam pelaksanaan pemberdayaan UMKM kali ini, Lazismu Kabupaten Banjar mendapatkan dukungan dari Alfamidi, Wardah dan Angoro Eko Cahyo.

IMG 20200908 WA0016

Manajer Lazismu Kabupaten Banjar, Ginanjar Sutrisno menjelaskan penyerahan bantuan ini sebagai perpanjangan tangan lazismu pusat melalui Lazismu Kalimantan Selatan.

“Penyerahan bantuan pada lima UMKM penerima manfaat di Kabupaten Banjar ini merupakan amanah dari Lazismu Pusat yang bekerjasama dengan pihak tersebut dan program ini sendiri cakupannya di seluruh Indonesia, tapi dibagi-bagi ke beberapa wilayah, salah satunya melalui Lazismu Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Ginanjar menambahkan program pemberdayaan UMKM tidak hanya memberi berupa tambahan modal saja.

IMG 20200908 WA0015

“Kami melaksanakan program ini tidak hanya sekali pertemuan saat penyerahan dana saja melainkan terus dilakukan pemantauan secara rutin hingga mengetahui perkembangan usaha mitra binaan sebagai penerima manfaat,” tambahnya.

Staf Program dan Penghimpunan Lazismu Banjar, Muhammad Nashir menambahkan bantuan ini diberikan pada pemilik UMKM yang mengajukan ke Lazismu Banjar.

“Pelaku UMKM dapat mengajukan ke kantor kami, cuma penyalurannya pada waktu tertentu saja, seperti saat kami mendapatkan bantuan dari mitra Alfamidi, Wardah dan Anggoro Eko Cahyo yang meminta bantuan kami untuk penyaluran,” sebutnya.

Namun pelaku UMKM yang mendapatkan bantuan kali ini kata Nashir adalah UMKM yang mayoritas bergerak di bidang kuliner dan industri kreatif, belum ada pengrajin lokal yang mengajukan diri.

Lima penerima manfaat UMUM dari Lazismu Kabupaten Banjar ini adalah Rotimu di Biih Karang Intan, Nasi Goreng Julak di Sekumpul Martapura, Kerupuk Rambak Sapi di Pekauman Ulu Martapura, Lakasi Manyablon di Karang Intan dan Sekumpul Multimedia di Sekumpul Martapura. 

Salah satu penerima manfaat pemberdayaan UMKM sekaligus Pemilik Usaha Rotimu, Nurdin mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Lazismu beserta pihak pendukung lainnya atas bantuan ini,” katanya.

Nurdin menambahkan bantuan yang diterima nantinya akan digunakan untuk pengembangan usaha seperti pembelian alat.

“Bantuan yang saya terima ini rencananya akan dipergunakan untuk membeli alat seperti oven karena untuk saat ini produksi tidak bisa terlalu banyak karena keterbatasan alat yang dimiliki,” tambahnya.

Selain menyalurkan bantuan pemberdayaan UMKM, Lazismu Kabupaten Banjar juga telah memiliki dua mitra binaan, yakni Abon MU di Tiwingan dan Kedai Nyamsir di Martapura.

Sambal Mandai KU
Berduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur Effendy

Trending Minggu Ini

Inisiatif Hibur Korban Banjir

Inisiatif menghibur korban banjir, khususnya anak-anak yang tengah merasa sedih dan jenuh, terlebih lagi trauma yang dirasakan, para pegawai Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan...

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

100 Relawan Sikologis Diterjunkan HIMPSI Kalsel Bagi Korban Banjir

Himpunan Psikologi Indonesia Wilayah Kalimantan Selatan (HIMPSI Kalsel) membentuk Tim Relawan Pendampingan Psikososial (RPP) untuk membantu pendampingan psikososial bagi para korban banjir yang ada...

Kamu mungkin juga suka

Ratusan Ribu KK Korban Banjir Dicetak Disdukcapil Banjar

Pasca banjir parah yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Banjar beberapa hari lalu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banjar, melakukan pencetakan pengganti...

Distribusikan Logistik Korban Banjir HST Di Pedalaman, KPA Peduli Berjalan Kaki...

Jelajahi pedalaman gunung meratus dengan berjalan kaki, puluhan anggota Komputasi Pecinta Alam (KPA) Peduli tempuh 8 jam perjalanan untuk mencapai tujuan.Misi kemanusiaan untuk mendistribusikan...

100 Relawan Sikologis Diterjunkan HIMPSI Kalsel Bagi Korban Banjir

Himpunan Psikologi Indonesia Wilayah Kalimantan Selatan (HIMPSI Kalsel) membentuk Tim Relawan Pendampingan Psikososial (RPP) untuk membantu pendampingan psikososial bagi para korban banjir yang ada...

Susuri Sungai, Diskominfo Standi Banjar Salurkan Bantuan Banjir

Tim Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian (Diskominfo Standi) Kabupaten Banjar menyusuri bantaran sungai Martapura untuk mendistribusikan bantuan langsung terhadap korban banjir, Rabu (20/1/2021).Bantuan banjir...