Beranda DPRD BANJAR LKPJ Bupati Banjar Tahun...

LKPJ Bupati Banjar Tahun 2019, DPRD Banjar Setuju Dengan Beri Belasan Catatan dan Rekomendasi

Sirup Kayu Manis 1

Terbaru

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banjar kembali menggelar Rapat Paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Banjar, Ahmad Rizani Anshari di Gedung DPRD Banjar, Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Banjar dengan agenda Penyampaian Rekomendasi DPRD Terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Banjar Tahun 2019 ini diikuti pula oleh Sekda Banjar, HM. Hilman melalui sambungan virtual di Command Center Barokah, Mahligai Sultan Adam, Martapura pada Selasa (18/8/2020).

Dalam Rekomendasi DPRD Terhadap LKPJ Bupati Banjar Tahun 2019 yang dibacakan Jubir Pansus, Irwan Bora ada belasan catatan yang diberikan pada laporan tahunan Bupati Banjar ini.

“LKPJ Bupati ini merupakan kewajiban Bupati Banjar pada rakyat melalui DPRD, karena itu ada beberapa catatan dan rekomendasi dari hasil rapat Pansus bersama para ahli,” ujarnya.

Diantaranya adalah capaian target kinerja sebagai bagian implementasi RPJMD dan pelayanan dasar pada masyarakat jangan selalu meniru tahun sebelumnya, bahkan targetnya jangan sampai terus menurun.

“Selain itu ada banyak program kinerja dan capaiannya yang belum tergambar dengan jelas dan mendetail. Kami harap hal ini jangan sampai terulang, khususnya penggunaan dan penyajian data sebelumnya yang belum diupdate, misalnya data di Dinas Sosial, dan sebagainya,” kata Irwan Bora.

Pansus juga menyoroti data pariwisata, khususnya pengembangan pasar terapung Lok Baintan yang belum valid dan meminta agar memperhatikan infrastruktur jalan dan jembatan yang rusak di pedesaan.

“Perusahaan daerah juga harus jelas kontribusinya pada Pendapatan Asli Daerah (PAD), berikut juga data-data mengenai angkatan kerja, kesempatan kerja sampai sumber pendapatan daerah belum tergambarkan dengan baik sehingga kita belum tahu apa yang harus dilakukan untuk perbaikan ekonomi. Akibatnya kita juga belun sapat menyajikan data yang dapat membuat iklim investasi di daerah menjadi lebih baik,” jelasnya.

Irwan Bora menambahkan bahkan data mengenai aset milik daerah belum dilakukan secara optimal sehingga ada potensi kehilangan, pengambilalihan, penyalahgunaan dan klaim dari pihak lain.

Pansus LKPJ juga meminta agar ada integrasi data antara SKPD da BUMN milik Pemkab Banjar sehingga bisa meningkatkan pendapatan daerah.

“Perlu ada perbaikan manajemen BUMD, misalnya BPR yang merugi perlu dilakukan pembenahan atau dimerger saja. Perusahaan yang tidak bisa mencapai target seperti PT BIM kalau perlu digabungkan saja ke Baramarta atau dibubarkan saja. Kami juga merekomendasikan agar PD Baramarta mengelola tambang sendiri untuk meningkatkan PAD,” tegasnya.

Ketua Komisi III DPRD Banjar ini berharap rekomendaa ini dapat menjadi perhatian serius bagi Bupati Banjar sehingga dapat meningkatkan kinerja Pemerintahan ke depan menjadi lebih baik.

Sementara itu Sekda Banjar, HM. Hilman yang mewakili Bupati Banjar memberikan apresiasi atas rekomendasi yang diberikan DPRD Banjar ini.

“Kita sadari banyak PR yang harus diselesaikan untuk membangun Kabupaten Banjar. Karena itu kita percaya dengan kerja keras Pemda dan DPRD bisa mewujudkan pembangunan sehingga dapat memberika manfaat bagi masyarakat. Karena itu kami ucapkan terima kasih pada DPRD atas rekomendasi ini yang aka kami jadkkan bahan pertimbangan dalam menyusun anggaran dan kebijakan daerah lainnya,” tutup Sekda Banjar.

Dalam rapat paripurna ini, seluruh anggota DPRD Banjar menyetujui Rekomendasi DPRD Terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Banjar Tahun 2019 yang dibahas oleh Pansus LKPJ Bupati Banjar Tahun 2019 dibawah pimpinan Gt. Abdurrahman bersama dengan para ahli.

Sambal Mandai KU
IMG 20201231 WA0008
WhatsApp Image 2020 12 11 at 11.25.51
1422374 923771344327002 1982948344843059176 n

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Bupati Banjar Tinjau dan Berikan Bantuan Warga Terdampak Banjir

Bupati Banjar H Khalilurrahman lakukan peninjauan sekaligus berikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir di Kecamatan Martapura dan Kecamatan Martapura Timur, Selasa (12/01/2021) sore.Bantuan...

BPBAT Mandiangin Serahkan Bantuan Benih Ke Pokdakan

Bantuan benih ikan Nila sebanyak 100.000 ekor, diserahkan Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Jembatan Rumpiang  Marabahan Kabupaten...

Kamu mungkin juga suka

Bupati Banjar Sambangi Posko Dapur Umum

Bupati Banjar H Khalilurrahman sambangi posko dapur umum korban banjir di depan Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Banjar, Martapura, Sabtu (16/1/2021) pagiDidampingi istri Ketua TP...

Peduli Korban Banjir, Komunitas Club Ertiga Kalsel Salurkan Bantuan

Sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat yang terdampak banjir, komunitas Ertiga Club Indonesia (ERCI) Kalsel menyerahkan bantuan sembako sebagai wujud aksi kemanusiaan terhadap musibah banjir.Penyerahan...

Pemkab Banjar terima Bantuan Sembako dari Bank Kalsel

Pemerintah Kabupaten Banjar mendapat bantuan dari Bank Kalsel Cabang Martapura untuk warga yang terdampak banjir, bertempat di Dapur Umum Korban Banjir Kabupaten Banjar, Halaman...

Volume Air Naik Tiba-Tiba, Warga Memilih Mengungsi

Hujan yang berlangsung cukup lama di sebagian besar wilayah Kabupaten Banjar menyebabkan kenaikan volume air secara tiba-tiba.Hal ini pun berdampak pada wilayah yang terendam...