Beranda Habar Banjar Masyarakat Kabupaten Banjar 40...

Masyarakat Kabupaten Banjar 40 Persennya Belum Tercover BPJS Kesehatan

Terbaru

Bupati Banjar, Saidi Mansyur terima audiensi rombongan BPJS Kesehatan Kalimantan Selatan di Mahligai Sultan Adam Martapura pada Rabu (28/7/2021).

Didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr. Diauddin, Saidi Mansyur bersama rombongan BPJS Kesehatan Kalimantan Selatan ini membahas tingkat keikutsertaan masyarakat dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ini.

Kepada awak media usai audiensi tersebut, Saidi Mansyur mengungkapkan pihaknya membicarakan masalah jaminan kesehatan yakni program Kartu Indonesia Sehat (KIS).

IMG 20210728 WA0025

“Hal ini menjadi perhatian kita pemerintah daerah, karena baru 60 persen di tempat kita yang menggunakan jaminan kesehatan tersebut. Baik yang dianggarkan melalui APBD dan juga dibantu provinsi, maupun BPJS Mandiri,” katanya.

habarkalimantan

Pihaknya lanjut Saidi akan menindaklanjuti hasil pembicaraan tersebut dengan melakukan sosialisasi ke masyarakat agar seluruhnya bisa berpartisipasi dalam program jaminan kesehatan nasional ini.

Namun hal itu tambahnya akan diselaraskan dengan program pembangunan pelayanan data administrasi kependudukan hingga pelosok agar data kependudukan selalu terupdate.

Sementara itu Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin, Agus Supratman mewakili rombongan mengungkapkan Bupati Banjar cukup konsen dalam tingkat partisipasi warganya dalam program JKN KIS ini. 

IMG 20210728 WA0028

Dengan adanya audiensi ini, pihaknya lanjut Agus Supratman berharap bisa bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk mewujudkan Universal Health Coverage (UHC).

“Sehingga penduduk yang belum terdaftar, baik yang mandiri bisa segera mendaftar secara mandiri. Selain itu pemerintah juga bisa menghimbau agar perusahaan yang belum mendaftarkan pekerjanya agar bisa segera mendaftarkan ke BPJS Kesehatan,” katanya.

Di Kabupaten Banjar sendiri sudah ada sekitar 345 ribu orang yang terdaftar di JKN KIS dan bisa mendapatkan berbagai keuntungan.

“Yang terdaftar tentunya sudah tercover untuk pelayanan kesehatan oleh BPJS Kesehatan menggunakan Kartu JKN KIS sehingga bisa mendapatkan akses rawat jalan tingkat pertama hingga rawat jalan di rumah sakit,” sebut Agus Supratman.

WhatsApp Image 2021 07 19 at 17.07.44

Trending Minggu Ini

Desa Paran Penghasil Ikan Besar Air Tawar di Balangan.

Balangan - Sempat viral, pemancing asal Desa Paran Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan dapat menaklukan ikan tapah yang di perkirakan memiliki bobot 25 kilogram dengan...

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Asuransi Usaha Tani Padi, Menjamin Petani Dari Ancaman Gagal Panen

Untuk memberi perlindungan kepada para petani yang memiliki tanaman padi dan jenis hortikultura lainnya, Kementrian Pertanian terus menggalakkan Asuransi Usaha Tani Padi(AUTP).Dari dana alokasi kementrian  guna...

Kamu mungkin juga suka

Pengelolaan Keuangan Desa Topik Utama Rakor Camat Se-Kabupaten Banjar

Martapura - Rapat Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DOMD), Inspektorat, dan Camat se-Kabupaten Banjar dilaksanakan di...

Bupati Banjar Dilantik Menjadi Ketua Mabicab Pramuka Kabupaten Banjar

Martapura - Bupati Banjar H. Saidi Mansyur dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Banjar. Pelantikan oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan...

Putra Putri Daerah Diajak Jadi Bintara Polri, Bupati Banjar Sambut Baik

Martapura - Putra dan putri terbaik di Kalimantan Selatan khususnya Kabupaten Banjar, berkesempatan menjadi bintara Polri. Kesempatan tersebut terungkap saat Kepolisian Daerah Polisi Kalimantan...

DPMD Banjar Gelar Rakor P3MD

Martapura - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banjar Gelar Rapat Koordinasi bersama Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) di Aranaway Kecamatan Aranio,...