Beranda Habar Banjar Meski Jamaah Dibatasi, Secara...

Meski Jamaah Dibatasi, Secara Bertahap Tempat Ibadah Di Kabupaten Kembali Fungsi

CREATIVE TALK HIPMI BANJARBARU WEBINAR 1

Terbaru

Survei Elektabilitas Calon Walikota-Wakil Walikota Banjarbaru

Lembaga Survei Charta Politika Indonesia Kota Banjarbaru rilis hasil survei Elektabilitas Calon Walikota-Wakil Walikota Banjarbaru 2020 pada Rabu (21/10).

Median Jalan di Cat, Jalan Bersih, Banjarbaru Semakin ‘Glowing’

Semenjak dilantiknya Bernhard E Rondonuwu menjadi Pejabat Sementara (PJS) kurang lebih 71 di Kota Banjarbaru, dirinya berkomitmen untuk memajukan kota yang berjuluk...

Wakil Menteri PUPR RI Disambut Di Banjarbaru

Wakil Menteri PUPR RI Disambut Di BanjarbaruPjs Walikota Banjarbaru Bernhard E Rondonuwu, sambut Kedatangan Wakil Menteri PUPR RI, John Wempi Wetipo, Di...

Warga Rantau Balai Sambut Baik Kedatangan RPM

Relawan Perempuan Manis (RPM) memperkenalkan sosok pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Banjar, nomor urut satu, dengan tagline "Manis" kepada warga Desa...

Deklarasi Damai Kota Banjarbaru

Pjs Walikota Banjarbaru bersama Kapolres dan Dandim 1006/Martapura mengikuti Deklarasi Damai Wilayah Kota Banjarbaru, Di Aula Gawi Sabarataan,Rabu (21/10/2020).

Kabupaten Banjar dalam menuju New Normal selepas berakhirnya PSBB, memberi kelonggaran pada unit kegiatan tertentu seperti Masjid dan tempat pengajian, namun tetap menggunakan protokol kesehatan, namun dalam pelaksanaannya masih dikawal aparat terpadu.

“Intinya akan diberlakukan pola kehidupan baru, ungkap Dandim 1006/ Mtp Letkol Arm Siswo Budiarto saat memberikan arahan kepada SKPD dan seluruh Camat terkait mendisiplinkan masyarakat dengan protokol kesehatan. Rabu (3/6/2020) di aula Barakat Martapura.

Pengembalian fungsi tempat ibadah dilaksanakan secara bertahap seperti Masjid Al-Karomah dan Masjid lainnya perlu ada kesepakatan bersama yaitu harus mematuhi protokol kesehatan.

”Sebab bila dibuka selebar-lebarnya, jelas tidak bisa. Menimbang sektor-sektor mana saja yang harus didahulukan, itu harus kita sepakati ” Tuturnya

Kami setuju Masjid Al karomah dan tempat pengajian yang ada di Darussalam dibuka, ya itu tadi harus dibatasi jamaah kapasitas tidak berlebihan mematuhi protokol kesehatan jaga jarak maksimal, pakai masker, ditempat itu ada tersedia tempat cuci tangan.

Yang pasti konsentrasi aparat TNI/Polri akan beralih karena objeknya berubah, di setiap tempat itu ada petugas kami menjaga, bila selama PSBB fokus di perbatasan, kini new normal ditempat-tempat tertentu yang sudah disepakati dijaga aparat keamanan dan dibantu petugas Masjid ( Nadzir ).

Untuk di wilayah seperti di kecamatan para camat dibantu Danramil dan Polsek Muspika bisa merekomendasikan tempat ibadah mana saja yang hendak dibuka, tentunya mentaati peraturan protokol kesehatan, sebelumnya harus sosialisasi kan dulu sehingga masyarakat mengerti.

Sekda Hilman menambahkan, Kabupaten Banjar menjadi salah satu dari 25 kabupaten/ kota di Indonesia yang ditetapkan melaksanakan fase New Normal setelah sebelumnya melaksanakan PSBB.

”Selama fase New Normal, setiap aktivitas masyarakat, baik di lingkup pemerintahan, ekonomi, sekolah dan tempat ibadah, akan diperlonggar,” tandasnya.

Kendati demikian, protokol kesehatan pencegahan Covid-19 harus diberlakukan di setiap tempat yang ditetapkan ini, terutama berkumpulnya banyak orang, seperti pasar, tempat ibadah, hingga area publik yang banyak dikunjungi masyarakat.

“Aktivitas masyarakat mulai dibuka krannya, tetapi upaya pencegahan penularan virus seperti menjaga jarak, pakai masker dan mencuci tangan pakai sabun wajib diterapkan dan harus dipatuhi,” pungkasnya

Meski regulasi dari pemerintah belum keluar, rencana besok baru dibuat, jumat nanti seperti apa yang disampaikan pak Dandim tadi Masjid Agung Al – Karomah termasuk Masjid lain dibuka bertahap dan jumlah jamaah di batasi.

Juga warga diwajibkan membawa sajadah, kantong plastik sarana membuat sandal juga tak kalah penting masker dibawa, tetap pemantau pendatang jemaah dari luar daerah untuk sementara tidak diperbolehkan dulu ” Tutur Sekda .

Turut hadir Kajari, Ketua DPRD, Kepala BPBD, Kadis Kesehatan, Kominfo, SKPD para Camat.

WhatsApp Image 2020 10 12 at 17.36.10 1
1422374 923771344327002 1982948344843059176 n

Trending Minggu Ini

Covid-19 Di Banjarbaru Melandai, Tetap Tekankan Protokol Kesehatan

Pemaparan info terbaru Covid-19 oleh Kepala Dinas Kesehatan kota Banjarbaru, Rizana Mirza, digelar di Ruang Tamu Utama Walikota Banjabaru, Selasa (29/09/2020).

Menjenguk Tokoh Kharismatik Kertak Hanyar, H Saidi Mansyur Dapat Petuah.

H Saidi Mansyur merupakan salah satu pemimpin yang sangat cinta kepada para ulama dan habaib, hal tersebut ditunjukan dengan seringnya ia melakukan...

Peternakan Babi Di Guntung Manggis Segera Direlokasi

Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Satuan Polisi Pamong Praja Kota Banjarbaru terus mendesak pemilik peternakan babi agar merelokasikan kandang ternaknya yang berdekatan dengan...

Kamu mungkin juga suka

Air Mancur Taman CBS Dioperasikan Kembali

Air mancur Barokah di Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) setelah kurang lebih enam bulan tidak dioperasikan karena pandemi Covid-19, kini dibuka kembali.

PAD Meningkat, Bapenda Kabupaten Banjar Raih Penghargaan Nasional

Dinilai mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui berbagai terobosan-terobosan yang dilakukan, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Banjar raih penghargaan Inspiring Professional...

Ketua TP PKK Banjar Serahkan Alat Cuci Tangan Portabel Ke Pesantren...

Alat cuci tangan portable sebanyak 25 Unit yang merupakan hasil olahan dari Program Bimbingan Teknik (Bimtek) Kementerian Perindustrian RI kepada beberapa Industri...

Ketua TP PKK Banjar Sambut Baik Pelatihan Sasirangan PC NU

Ditengah pandemi Covid-29 yang menyebabkan melemahnya sektor perekonomian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Dinas terkait di lingkup Pemkab Banjar terus mendorong upaya...