Beranda Habar Banjar Musrembang RKPD Kabupaten Banjar...

Musrembang RKPD Kabupaten Banjar Dilaksanakan Melalui Vicon

Sirup Kayu Manis 1

Terbaru

Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) RKPD Kabupaten Banjar Tahun 2021 diikuti jajaran SKPD, Forkopimda, Kecamatan, Aparat Desa dan Stakeholder lainnya di Mahligai Sultan Adam, Martapura pada Selasa (21/4/2020).

Pembukaan Musrenbang Tingkat Kabupaten yang digelar di tengah pandemi Covid-19 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, Musrenbang kali ini yang mengangkat tema “Penguatan SDM dan Ekonomi Masyarakat Untuk Daya Tahan Sosial-Budaya Masyarakat” dilaksanakan melalui video conference menggunakan berbagai platform digital sebagai bentuk penerapan Physical Distancing.

Kepala Bappelitbangda Kabupaten Banjar, Galuh Tantri Narindra mengutarakan ada kesedihan yang terjadi dalam pelaksanaan Musrenbang tahun ini.

IMG 20200421 WA0029

“Biasanya acara Musrenbang selalu menjadi waktu kita bersama dan bersilaturahmi dengan pelaku pembangunan dan stakeholder terkait lintas SKPD bahkan Kabupaten/Kota dan pelaku usaha serta pemangku kepentingan lainnya. Kami berterima kasih bagi mereka yang menyempatkan waktunya untuk mengikuti Musrenbang ini secara video conference maupun live streaming,” katanya.

Tantri menambahkan Musrembang tingkat Kabupaten ini merupakan rangkaian dari konsultasi publik mengenai pembangunan daerah yang diawali mulai dari desa, kecamatan, verifikasi usulan hingga tahapan yang digelar hari ini.

“Dengan pelaksanaan Musrenbang ini kita mengetahui arah dan program pembangunan di Kalimantan Selatan, terutama di Kabupaten Banjar. Juga usulan program prioritas Kabupaten Banjar, sesuai tema kita yaitu bagaimana melakukan pemulihan ekonomi kita yang terdampak pandemi Covid-19,” jelasnya.

Disamping itu, Sekda Banjar, HM. Hilman yang mewakili Bupati Banjar menuturkan, penyusunan RKPD ditengah momentum seperti ini cukup memprihatinkan, apalagi di tahun terakhir pelaksanaan RPJMD Kabupaten Banjar 2016-2021.

IMG 20200421 WA0027

“Akibat dampak pandemi ini banyak yang harus kita perhatikan sebagai tanggung jawab kita mengakselerasi pembangunan terhadap ekonomi masyarakat yang terdampak. Kita berharap visi pembangunan yang ada dalam RPJMD yaitu mewujudkan masyarakat Kabupaten Banjar yang sejahtera dan barokah dapat dicapai. Hal ini perlu didukung dengan menetapkan tujuan dan sasaran sesuai dengan RPJMD yang merupakan penjabaran visi dan misi pembangunan yang sangat strategis,” katanya.

Hilman menambahkan pada pendanaan pembangunan pada tahun 2021 akan sangat dibatasi oleh kemampuan fiskal dan ruang belanja pembangunan yang terbatas sebagai dampak pandemi Covid-19.

“Akibat pandemi ini diprediksi pertumbuhan ekonomi tahun ini akan melambat, kita berharap pada tahun 2021 akan kembali menggeliat dengan membaiknya situasi global. Karena itu program-program di Kabupaten Banjar harus dirumuskan dengan konsep berbeda,” ungkapnya.

Sekda Banjar ini menyebut SKPD terkait harus membuat program terlebih dahulu, kemudian bantuan akan diberikan, bukan sebaliknya.

“Program yang diusulkan jangan asal-asalan, jangan ada program tahunan tapi tidak memberikan pengaruh signifikan bagi masyarakat. Kita harus memperhatikan kapasitas fiskal dan penghematan belanja sehingga lebih efektif dan efisien dengan mengurangi kegiatan yang tidak termasuk prioritas, seperti perjalanan dinas, kantor baru hingga pengadaan kendaraan dinas baru,” jelasnya.

Hal itu harus dilakukan kata Hilman karena tahun 2021 merupakan akhir dari pelaksanaan RPJMD 2016-2021 sebagai momen pencapaian indikator pembangunan di Kabupaten Banjar dapat terwujud.

Sambal Mandai KU
IMG 20201231 WA0008
WhatsApp Image 2020 12 11 at 11.25.51
1422374 923771344327002 1982948344843059176 n

Trending Minggu Ini

Bupati Banjar Tinjau dan Berikan Bantuan Warga Terdampak Banjir

Bupati Banjar H Khalilurrahman lakukan peninjauan sekaligus berikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir di Kecamatan Martapura dan Kecamatan Martapura Timur, Selasa (12/01/2021) sore.Bantuan...

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

BPBAT Mandiangin Serahkan Bantuan Benih Ke Pokdakan

Bantuan benih ikan Nila sebanyak 100.000 ekor, diserahkan Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Jembatan Rumpiang  Marabahan Kabupaten...

Kamu mungkin juga suka

Bupati Banjar Sambangi Posko Dapur Umum

Bupati Banjar H Khalilurrahman sambangi posko dapur umum korban banjir di depan Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Banjar, Martapura, Sabtu (16/1/2021) pagiDidampingi istri Ketua TP...

Peduli Korban Banjir, Komunitas Club Ertiga Kalsel Salurkan Bantuan

Sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat yang terdampak banjir, komunitas Ertiga Club Indonesia (ERCI) Kalsel menyerahkan bantuan sembako sebagai wujud aksi kemanusiaan terhadap musibah banjir.Penyerahan...

Pemkab Banjar terima Bantuan Sembako dari Bank Kalsel

Pemerintah Kabupaten Banjar mendapat bantuan dari Bank Kalsel Cabang Martapura untuk warga yang terdampak banjir, bertempat di Dapur Umum Korban Banjir Kabupaten Banjar, Halaman...

Volume Air Naik Tiba-Tiba, Warga Memilih Mengungsi

Hujan yang berlangsung cukup lama di sebagian besar wilayah Kabupaten Banjar menyebabkan kenaikan volume air secara tiba-tiba.Hal ini pun berdampak pada wilayah yang terendam...