Beranda Habar Banjar Oknum Pelaku Pungli Akan...

Oknum Pelaku Pungli Akan Disanksi Tegas Bupati Banjar

Terbaru

Kabupaten Banjar sempat diramaikan dengan praktek pungutan liar yang diduga dilakukan oknum Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Banjar terhadap beberapa warga Martapura.

Pungutan liar sendiri dilakukan kepada warga pemilik bangunan yang membangun bangunan tanpa memiliki Izin Mendirikan Bangunan atau IMB.

Warga dimintai sejumlah uang dengan alasan akan diberikan kepada komandannya untuk melakukan penandatanganan persyaratan pembuatan IMB.

Praktek pungli ini sendiri membuat Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Banjar, Irwan Bora merasa geram, karena menurutnya penindakan terhadap warga yang melanggar peraturan sangat bagus.

habarkalimantan

“Tapi kami sangat mengecam dengan praktek pungli yang dilakukan oleh Oknum tersebut,” katanya.

Bahkan dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Banjar pada Rabu (4/8/2021), Irwan Bora meminta agar dibentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk menyelidiki masalah pungli IMB ini.

Usulan tersebut rencananya akan dibahas dalam Rapat Paripurna DPRD Banjar pada tanggal 12 Agustus 2021 mendatang, dan setiap fraksi diminta mengirimkan nama untuk membentuk Pansus tersebut.

Sementara itu Bupati Banjar, Saidi Mansyur usai Rapat Paripurna DPRD Banjar mengaku telah mengetahui permasalahan tersebut dan telah mengambil beberapa langkah.

“Terkait masalah yang menyangkut anggota Satpol PP, kami sudah mengambil langkah dan kita serahkan ke Inspektorat untuk disampaikan. Akan kami tindak tegas kalau mereka terbukti bersalah, baik ASN maupun pegawai lainnya,” katanya.

Saidi Mansyur menegaskan tak ada tawar-menawar dalam hal ini, apabila yang bersangkutan terbukti melakukan tindak pidana maupun juga meresahkan masyarakat, maka akan akan diberikan sanksi.

Ia menghimbau agar masyarakat mengkaji dulu apabila ada orang-orang yang tidak bertanggung jawab mengambil kesempatan seperti yang terjadi saat ini.

“Memang pengetahuan masyarakat tentang izin mendirikan bangunan ini perlu kita sosialisasikan kembali, baik itu dari tingkat dinas terkait, tingkat kecamatan sampai kelurahan sampai RT seperti itu supaya hal ini tidak terjadi lagi,” terangnya.

WhatsApp Image 2021 07 19 at 17.07.44

Trending Minggu Ini

Desa Paran Penghasil Ikan Besar Air Tawar di Balangan.

Balangan - Sempat viral, pemancing asal Desa Paran Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan dapat menaklukan ikan tapah yang di perkirakan memiliki bobot 25 kilogram dengan...

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Gerombolan Monyet Ekor Panjang Teror Warga Komplek

Martapura - Warga Komplek Graha Anjungan Mahatama, Desa Cindai Alus, Kabupaten Banjar diteror dengan kehadiran gerombolan monyet ekor panjang yang kerap masuk ke perumahan...

Kamu mungkin juga suka

Pengelolaan Keuangan Desa Topik Utama Rakor Camat Se-Kabupaten Banjar

Martapura - Rapat Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DOMD), Inspektorat, dan Camat se-Kabupaten Banjar dilaksanakan di...

Bupati Banjar Dilantik Menjadi Ketua Mabicab Pramuka Kabupaten Banjar

Martapura - Bupati Banjar H. Saidi Mansyur dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Banjar. Pelantikan oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan...

Putra Putri Daerah Diajak Jadi Bintara Polri, Bupati Banjar Sambut Baik

Martapura - Putra dan putri terbaik di Kalimantan Selatan khususnya Kabupaten Banjar, berkesempatan menjadi bintara Polri. Kesempatan tersebut terungkap saat Kepolisian Daerah Polisi Kalimantan...

DPMD Banjar Gelar Rakor P3MD

Martapura - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banjar Gelar Rapat Koordinasi bersama Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) di Aranaway Kecamatan Aranio,...