Beranda Habar Banjar Pasar Papan, Sentral Penjualan...

Pasar Papan, Sentral Penjualan dan Pengrajin Kayu Turun Temurun

Sirup Kayu Manis 1

Terbaru

Pasar Papan yang berada di Jalan Pasar Papan, Desa Antasan Senor Ilir, Kecamatan Martapura Timur, Telah berdiri sejak tahun 1985, Pasar ini merupakan kawasan yang terkenal sebagai salah satu sentral penjualan kayu di Kabupaten Banjar. 

Di pasar ini juga terdapat sekitar 40 petak penjual kayu berbagai jenis, Pasar Papan yang awalnya berlokasi di Kampung Pesayangan, depan Masjid Agung Al-Karomah sebelum pindah ke lokasi sekarang, dimana pada tahun 1992 Pasar Papan ini sempat musnah akibat kebakaran besar.

Namun pasca kebakaran tersebut, Pasar Papan bangkit kembali dan penjualan kayu terus meningkat hingga akhirnya mulai menurun akibat meningkatnya pembangunan perumahan dengan bahan bangunan yang mayoritas bukan kayu lagi.

Salah satu pemilik usaha penjualan kayu, Faturrahman (50) saat ditemui pada Sabtu (12/12/2020) mengungkapkan penjualan kayu di Pasar Papan tetap berjalan.

IMG 20201212 WA0020

“Tapi memang ada sedikit penurunan penjualan selama 10 tahun belakangan, tak seramai dahulu karena adanya beragam bahan bangunan yang lain pengganti kayu,” ujarnya.

Penjualan kayu di Pasar Papan sendiri lanjutnya memang tak seramai dulu, apalagi sekarang penjualan kayu sudah dimana-mana, tak lagi terkonsentrasi di Pasar Papan seperti dahulu.

Faturrahman sendiri mengaku mulai menggeluti usaha ini sejak tahun 2008 melanjutkan usaha orang tuanya dan ada beberapa jenis kayu yang dijualnya.

“Di Tempat kita ada kayu meranti, keruing dan ulin. Selain menjual papan dan balok untuk bahan pembuatan rumah, kusen dan lemari, ada juga ukiran khas Banjar di tempat kita,” bebernya. 

Sementara itu Hairun (40), salah satu pemilik usaha penjualan kayu di Pasar Papan sejak 2006 melanjutkan usaha keluarga ini mengaku permintaan kayu masih cukup tinggi.

“Penjualan kayu memang menurun, tapi permintaannya masih tinggi terutama di daerah yang kondisi lahannya rawa, masih memerlukan tongkat dari balok kayu ulin. Misalnya di daerah Antasan,” katanya.

Hairun mengungkapkan ia hanya menjual papan dan balok kayu ulin yang didapatkan dari pabrik di Liang Anggang Banjarbaru untuk dijual secara eceran.

“Untuk papan kayu ulin dengan panjang 1,5 meter biasanya kita jual 33 ribu rupiah per keping. Sedangkan untuk balok kayu ulin 510 kita jual 55 ribu per balok,” ungkapnya.

Hairun menambahkan stok kayu ulin yang dijualnya sendiri cukup laku, sehingga hampir setiap bulan ia mendatangkan stok baru agar tidak kosong.

“Kita sendiri menjual paling jauh ke Mataraman, tapi mayoritas pembeli kita kebanyakan dari Pekauman, Pesayangan, Dalam Pagar dan Astambul yang mayoritas daerahnya rawa-rawa,” bebernya.

Namun Hairun mengungkapkan usaha penjualan kayu sempat terpukul pandemi Covid-19 yang membuat penjualan sempat lesu karena pembeli yang enggan datang langsung untuk membeli.

Sambal Mandai KU
IMG 20201231 WA0008
WhatsApp Image 2020 12 11 at 11.25.51
1422374 923771344327002 1982948344843059176 n

Trending Minggu Ini

Bupati Banjar Tinjau dan Berikan Bantuan Warga Terdampak Banjir

Bupati Banjar H Khalilurrahman lakukan peninjauan sekaligus berikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir di Kecamatan Martapura dan Kecamatan Martapura Timur, Selasa (12/01/2021) sore.Bantuan...

BPBAT Mandiangin Serahkan Bantuan Benih Ke Pokdakan

Bantuan benih ikan Nila sebanyak 100.000 ekor, diserahkan Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Jembatan Rumpiang  Marabahan Kabupaten...

Ditengah Pandemi Covid-19, PAD Retribusi Sampah DLH Banjarbaru Lebihi Target

Ditengah pandemi Covid-19, Capaian Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bersumber dari retribusi persampahan dan pelayanan kebersihan tahun 2020 di Banjarbaru justru melebihi target.Hal...

Kamu mungkin juga suka

Bupati Banjar Sambangi Posko Dapur Umum

Bupati Banjar H Khalilurrahman sambangi posko dapur umum korban banjir di depan Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Banjar, Martapura, Sabtu (16/1/2021) pagiDidampingi istri Ketua TP...

Peduli Korban Banjir, Komunitas Club Ertiga Kalsel Salurkan Bantuan

Sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat yang terdampak banjir, komunitas Ertiga Club Indonesia (ERCI) Kalsel menyerahkan bantuan sembako sebagai wujud aksi kemanusiaan terhadap musibah banjir.Penyerahan...

Pemkab Banjar terima Bantuan Sembako dari Bank Kalsel

Pemerintah Kabupaten Banjar mendapat bantuan dari Bank Kalsel Cabang Martapura untuk warga yang terdampak banjir, bertempat di Dapur Umum Korban Banjir Kabupaten Banjar, Halaman...

Volume Air Naik Tiba-Tiba, Warga Memilih Mengungsi

Hujan yang berlangsung cukup lama di sebagian besar wilayah Kabupaten Banjar menyebabkan kenaikan volume air secara tiba-tiba.Hal ini pun berdampak pada wilayah yang terendam...