Beranda Habar Banjar Pasar Papan, Sentral Penjualan...

Pasar Papan, Sentral Penjualan dan Pengrajin Kayu Turun Temurun

Terbaru

Pasar Papan yang berada di Jalan Pasar Papan, Desa Antasan Senor Ilir, Kecamatan Martapura Timur, Telah berdiri sejak tahun 1985, Pasar ini merupakan kawasan yang terkenal sebagai salah satu sentral penjualan kayu di Kabupaten Banjar. 

Di pasar ini juga terdapat sekitar 40 petak penjual kayu berbagai jenis, Pasar Papan yang awalnya berlokasi di Kampung Pesayangan, depan Masjid Agung Al-Karomah sebelum pindah ke lokasi sekarang, dimana pada tahun 1992 Pasar Papan ini sempat musnah akibat kebakaran besar.

Namun pasca kebakaran tersebut, Pasar Papan bangkit kembali dan penjualan kayu terus meningkat hingga akhirnya mulai menurun akibat meningkatnya pembangunan perumahan dengan bahan bangunan yang mayoritas bukan kayu lagi.

Salah satu pemilik usaha penjualan kayu, Faturrahman (50) saat ditemui pada Sabtu (12/12/2020) mengungkapkan penjualan kayu di Pasar Papan tetap berjalan.

IMG 20201212 WA0020
WhatsApp Image 2021 03 25 at 09.21.53

“Tapi memang ada sedikit penurunan penjualan selama 10 tahun belakangan, tak seramai dahulu karena adanya beragam bahan bangunan yang lain pengganti kayu,” ujarnya.

Penjualan kayu di Pasar Papan sendiri lanjutnya memang tak seramai dulu, apalagi sekarang penjualan kayu sudah dimana-mana, tak lagi terkonsentrasi di Pasar Papan seperti dahulu.

Faturrahman sendiri mengaku mulai menggeluti usaha ini sejak tahun 2008 melanjutkan usaha orang tuanya dan ada beberapa jenis kayu yang dijualnya.

“Di Tempat kita ada kayu meranti, keruing dan ulin. Selain menjual papan dan balok untuk bahan pembuatan rumah, kusen dan lemari, ada juga ukiran khas Banjar di tempat kita,” bebernya. 

Sementara itu Hairun (40), salah satu pemilik usaha penjualan kayu di Pasar Papan sejak 2006 melanjutkan usaha keluarga ini mengaku permintaan kayu masih cukup tinggi.

“Penjualan kayu memang menurun, tapi permintaannya masih tinggi terutama di daerah yang kondisi lahannya rawa, masih memerlukan tongkat dari balok kayu ulin. Misalnya di daerah Antasan,” katanya.

Hairun mengungkapkan ia hanya menjual papan dan balok kayu ulin yang didapatkan dari pabrik di Liang Anggang Banjarbaru untuk dijual secara eceran.

“Untuk papan kayu ulin dengan panjang 1,5 meter biasanya kita jual 33 ribu rupiah per keping. Sedangkan untuk balok kayu ulin 510 kita jual 55 ribu per balok,” ungkapnya.

Hairun menambahkan stok kayu ulin yang dijualnya sendiri cukup laku, sehingga hampir setiap bulan ia mendatangkan stok baru agar tidak kosong.

“Kita sendiri menjual paling jauh ke Mataraman, tapi mayoritas pembeli kita kebanyakan dari Pekauman, Pesayangan, Dalam Pagar dan Astambul yang mayoritas daerahnya rawa-rawa,” bebernya.

Namun Hairun mengungkapkan usaha penjualan kayu sempat terpukul pandemi Covid-19 yang membuat penjualan sempat lesu karena pembeli yang enggan datang langsung untuk membeli.

WhatsApp Image 2021 03 25 at 09.21.53

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Kerajinan Lokal Kampung Purun Banjarbaru, Tembus Pasar Internasional

Keseriusan pemerintah kota Banjarbaru dalam mengembangkan kerajinan lokal berbahan purun kini semakin berkembang, bahkan pemasaran mencapai tingkat nasional bahkan internasional.Produk kerajinan purun yang dicanangkan sebagai bahan pengganti...

Guru Di Banjar: Kami Ini Pendidik Kenapa Dianak Tirikan

Sebagian Besar Guru tingkat Sekolah Dasar(SD) dan tingkat Sekolah Menengah Pertama(SMP) yang ada di Kabupaten Banjar mengeluhkan Perbedaan antara Kabupaten Banjar dengan Daerah lainnya di Kalimantan...

Kamu mungkin juga suka

Pembentukan Pansus LKPJ 2020, 15 Perwakilan Anggota Dipilih

Menindaklanjuti Penyampaian Laporan Kinerja Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Banjar Tahun Anggaran 2020, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Banjar menggelar rapat pembentukan panitia khusus LKPJ Bupati...

Pasang Spanduk Dibeberapa Titik, Aidil Bashit Tegaskan Perda Ramadhan

Setelah sebelumnya memberikan sosialisasi Perda Ramadhan di beberapa majelis ta'lim di Kota Martapura, kali ini Plt Kasatpol PP Banjar H. M. Aidil Basith memimpin...

Amankan Pelaku Tindak Narkotika, Personil Sat Lantas Terima Penghargaan

Berhasil mengamankan pelaku tindak pidana Narkotika, Personil Satuan Lalu Lintas Polres Banjar, Unit Turjawali, mendapatkan reward dari Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel, Kombes Pol...

Barang Bukti Ratusan Juta Dimusnakhan

Pemusnahan barang bukti bernilai Rp. 138 juta rupiah digelar Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Banjar, di halaman kantor Kejari Kabupaten Banjar pada Senin (12/4/2021) pagi.Kepala...