Beranda Habar Banjar Peroleh Opini WTP Atas...

Peroleh Opini WTP Atas LHP Dan LKPD, Bupati Banjar Ungkapkan Rasa Syukur

Sirup Kayu Manis 1

Terbaru

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019.

Penyerahan LHP atas LKPD TA 2019 pada 13 Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan (Kalsel) ini dilakukan secara online atau video conference dikarenakan situasi pandemi Covid-19.

Kepala BPK RI Kalimantan Selatan, Tornanda Syaifullah menjelaskan bahwa ditengah Pandemi Covid-19, BPK RI tetap mengacu standar yang ditetapkan dalam proses pemeriksaan LKPD TA 2019. Meski demikian ada beberapa metode pemeriksaan yang dimodifikasi. Akan tetapi, proses pemeriksaan tetap melalui quality control dan quality insurance yang ketat, jelasnya saat melakukan teleconfrance dengan Bupati Banjar H. Khalilurrahman, di Command Center Barokah, Pendopo Bupati Banjar, Martapura, Selasa (16/6/2020)

WhatsApp Image 2020 06 16 at 16.59.18

Selain itu, Ia menerangkan LHP atas LKPD merupakan output dari pemeriksaan keuangan yang dilaksanakan BPK RI untuk memenuhi amanah UU nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, yang merupakan tanggung jawab Kepala Daerah atas pengelolaan keuangan negara atau daerah pada satu tahun anggaran yakni Tahun Anggaran 2019.

Syaifullah juga menambahkan laporan yang pihaknya serhakan terdiri dari tiga laporan.

“Diantaranya LHP atas LKPD 2019. LHP atas sistem pengendalian interen, dan LHP atas kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan,” katannya.

Dan pada laporan tersebut BPK memberikan Opini mengenai kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan tersebut.

“Kami mengucapkan selamat kepada semua 13 Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Selatan yang telah meraih predikat Opini WTP, serta kepada daerah-daerah yang dapat mempertahankan predikat WTP ini,” ucap Kepala BPK RI Perwakilan Kalsel.

Tornanda Syaifullah berpesan semua Pemerintah Kabupaten/Kota untuk tetap harus meningkatkan kualitas keuangan serta pelayanan masyarakat.

WhatsApp Image 2020 06 16 at 16.59.19

Sementara itu Bupati Banjar, H Khalilurrahman mengungkapkan rasa syukur atas perolehan Opini WTP yang disampaikan Kepala BPK RI Perwakilan Kalsel itu.

“Alhamdulillah, Kabupaten Banjar dapat mempertahankan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian selama tujuh tahun berturut-turut, dimana ini adalah salah satu komitmen Pemerintah Kabupaten Banjar dalam menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas, akuntabel serta transparan,” ungkapnya.

Keberhasilan Kabupaten Banjar atas mempertahankan Opini WTP tersebut, Bupati Banjar mengucapkan kepada seluruh jajaran aparatur Pemerintah Kabupaten Banjar yang bekerja keras sehingga laporan keuangan sesuai dengan aturan serta ketentuan yang berlaku.

“Seiring dengan perjalanan waktu Opini Wajar Tanpa Pengecualian merupakan kebutuhan bersama, dimana kita memerlukan laporan keuangan yang baik dan memerlukan pertanggungjawaban keuangan yang baik,” jelas Bupati.

Turut hadir bersama Bupati Banjar, Ketua DPRD Banjar, M Rofiqi, Kepala Inspektur Banjar, Kencana Wati, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Masruri, Asisten Administrasi Umum, Siti Mahmudah, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Banjar, Achmad Zulyadani.

Sambal Mandai KU
Berduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur Effendy

Trending Minggu Ini

Inisiatif Hibur Korban Banjir

Inisiatif menghibur korban banjir, khususnya anak-anak yang tengah merasa sedih dan jenuh, terlebih lagi trauma yang dirasakan, para pegawai Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan...

Jembatan Penghubung Desa Ini Tetap Digunakan Meski Rusak Parah

Bencana banjir yang melanda Kabupaten Banjar menyebabkan sejumlah infrastruktur rusak parah diantaranya seperti jembatan, hal ini pun menarik perhatian Presiden Republik Indonesia (RI) Joko...

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Kamu mungkin juga suka

Susuri Sungai, Diskominfo Standi Banjar Salurkan Bantuan Banjir

Tim Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian (Diskominfo Standi) Kabupaten Banjar menyusuri bantaran sungai Martapura untuk mendistribusikan bantuan langsung terhadap korban banjir, Rabu (20/1/2021).Bantuan banjir...

Inisiatif Hibur Korban Banjir

Inisiatif menghibur korban banjir, khususnya anak-anak yang tengah merasa sedih dan jenuh, terlebih lagi trauma yang dirasakan, para pegawai Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan...

Jembatan Penghubung Desa Ini Tetap Digunakan Meski Rusak Parah

Bencana banjir yang melanda Kabupaten Banjar menyebabkan sejumlah infrastruktur rusak parah diantaranya seperti jembatan, hal ini pun menarik perhatian Presiden Republik Indonesia (RI) Joko...

Ketua TP PKK Tinjau Posko dan Salurkan Bantuan

Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar meninjau serta membagikan sembako ke posko pengungsian korban banjir di Desa Padang Panjang Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, Minggu...