Beranda Habar Banjar PPKM Mikro Kabupaten Banjar...

PPKM Mikro Kabupaten Banjar Berlanjut

Terbaru

Pj Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan Safrizal ZA memimpin rapat mengenai perpanjangan PPKM mikro yang di ikuti kabupaten/kota di Kalimantan Selatan secara daring. Hadir di Comman Center Barokah Martapura, Wakil Bupati Banjar H. Said Idrus Al Habsyie, sejumlah unsur Forkopimda,  Kepala Dinas kesehatan dr. Diaudin, Kepala Pelaksana BPBD Irwan Kumar, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) H. M Aidil Basith.

Menurut Safrizal, perpanjangan PPKM Mikro di Kalimantan Selatan berdasarkan Instruksi Mendagri no 6 tahun 2021 tentang perpanjangan PPKM mikro dan mengoptimalkan posko PPKM di desa dan kelurahan untuk menanggulangi penyebaran covid19. Secara Nasional, saat ini Kalimantan Selatan menempati posisi ke 4 penyebaran Covid-19 tertinggi, setelah Jawa Barat, Jawa Timur dan DKI Jakarta. 

Dijelaskannya, sejak pandemi Covid-19 merebak hingga 21 Maret 2021 di Kalimantan Selatan 25.616 terkonfirmasi positif, 22.560 sembuh dan 799 meninggal dunia. Sementara 3 bulan terkhir dari Januari hingga Maret 2021,   10.316 terkonfirmasi positif, 8.754 sembuh, 214 meninggal dunia. Dari 13 kabupaten/kota, Banjarmasin memiliki angka postif tertinggi yakni 2.543 berisiko sedang, Banjar diperingkat delapan dengan angka postif  711 berisiko sedang, sementara Tabalong di urutan terakhir 39 positif, satu-satunya kabupaten yang berisiko rendah.  

“angka terkonfirmasi positif selama tiga bulan ini cukup tinggi, kasus covid-19 meningkat, bahkan hampir separu dari angka positif tahun 2020,“ ujarnya prihatin. 

habarkalimantan

Dikatakan, banyak faktor penyebab meningkatnya jumlah terkonfirmasi positif tersebut, diantaranya  dampak banjir hingga penurunan daya tahan tubuh dan masih tingginya mobilitas. 

WhatsApp Image 2021 03 22 at 20.56.02

Menanggapi perpanjangan PPKM Mikro tersebut, Wakil Bupati Banjar H. Said Idrus Al Habsyie mengatakan, Kabupaten Banjar siap melaksanakan apa yang di instruksikan oleh Pj Gubernur Kalsel, tentu saja dengan dukungan semua pihak seperti dari Polres Banjar, Kodim 1006 Martapura dan instansi terkait lainnya.

Namun dirinya mengakui nantinya berkemungkinan ada kendala yang dihadapi dilapangan, lantaran perpanjangan PPKM Mikro tersebut bertepatan dengan bulan Ramadan.

“ Karena tahun lalu masyarakat tidak bisa menggelar dagangan kuenya, padahal itu saat yang ditunggu tunggu masyarakat, pikiran mereka covid-19 sudah berakhir,” ujarnya.

Dirinya berharap penerapan perpanjangan PPKM Mikro bisa dimengerti oleh masyarakat dengan taat penerapan protokol kesehatan khususnya 3M dengan ketat.

“covid-19 memang tidak terlihat tapi sangat membahayakan, kita akan melakukan pendekatan dari hati ke hati, mudahan masyarakat sadar dan mengerti,” harapnya.

Dalam Inmendagri dijelaskan, ketentuan kegiatan belajar mengajar secara daring atau luring. Untuk perguruan tinggi, akademi dibuka bertahap dengan proyek percontohan yang diterapkan perda atau perkada. Kegiatan seni sosial budaya yang dapat menimbulkan kerumunan dibuka maksimal 25 persen dengan prokes ketat. Pembatasan tempat kerja 50 persen, fasilitas umum 50 persen, kegiatan kontruksi 100 persen prokes ketat, sektor esensial kebutuhan pokok tetap operasi dengan prokes ketat, tempat ibadah 50 persen prokes ketat,  transportasi umum pengaturan kapasitas dan jam operasional, pusat perbelanjaan pukul 21.00,  Pembatasan tempat makan minum 50 persen prokes ketat.

WhatsApp Image 2021 07 19 at 17.07.44

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Infodemik Tak Kalah Bahaya Dari Covid-19

Organisasi Kesehatan Dunia WHO telah memunculkan istilah Infodemi yang menggambarkan persebaran Hoax berkaitan dengan Pandemi Covid-19, Infodemi itu telah menjadi masalah baru bagi dunia...

Ingin Lahirkan Karya Terbaik Untuk Masyarakat, Balitbangda Adakan Lomba Inovasi

Balangan - Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Balangan, gelar Presentasi dan Penilaian Finalis Top 10 lomba inovasi 2021 dengan tema "Bailang...

Kamu mungkin juga suka

Bupati Banjar Serahkan Sembako Bagi Warga Isoman

Bupati Banjar H Saidi Mansyur launching bantuan sembako untuk warga terkonfirmasi Covid-19 yang melaksanakan isolasi mandiri sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Banjar dalam meringkan beban...

Pinjam Pakai Aset Kementrian SDA, Pemkab Banjar Ingin Maksimalkan Pemanfaatan

Pemerintah Kabupaten Banjar melakukan penandatanganan pinjam pakai jalan inspeksi irigasi, dengan Balai Wilayah Sungai Kalimantan III Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR.Penandatanganan dilakukan langsung...

Bupati Banjar Audiensi Dengan FAD Banjar

Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Banjar didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Banjar Hj Siti Hamidah...

Lapas Karang Intan Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, salurkan bantuan paket sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 yang berada di sekitar Lapas Narkotika Karang Intan,...