Beranda Habar Banjar Program Rutilahu, Bakti TNI...

Program Rutilahu, Bakti TNI Untuk Negeri

Terbaru

Dandim 1006 / Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto menyerahkan kunci rumah kepada salah satu warga Desa Pekauman, Kecamatan Martapura Timur pada Selasa (2/11/2020).

Kegiatan Ini dalam rangka program Rehab Rumah Tak Layak Huni (Rutilahu) tahun 2020. Program Rutilahu ini merupakan kegiatan Bakti TNI yang dilakukan Kodim 1006/Martapura sebagai Satuan Komando Kewilayahan pada wilayah teritorialnya bagi rumah warga kurang mampu yang menjadi sasaran program rehab rumah. 

Dandim 1006/Martapura, Letkol Arm Siswo Budiarto mengungkapkan rasa syukur program Karya Bakti Semester II bisa terlaksana.

IMG 20201102 WA0009

“Semoga bantuan yang kami serahkan hari ini dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh warga yang memerlukan sehingga rumahnya sekarang bisa dihuni dengan layak sebagaimana mestinya tempat tinggal yang nyaman,” katanya. 

habarkalimantan

Letkol Siswo menambahkan dengan adanya program karya bakti ini, pihaknya bisa membantu meringankan kesulitan yang dialami masyarakat dengan renovasi rumah tidak layak huni, apalagi di tengah pandemi Covid 19 ini.

“Semoga dari bhakti karya ini membantu masyarakat yang sedang mengalami kesulitan dalam membenahi rumahnya, apalagi di tengah pandemi musibah yang masih melanda saat ini,” pungkasnya.

IMG 20201102 WA0012

Tak hanya di Desa Pekauman saja, program Rutilahu Kodim 1006/Martapura juga dilaksanakan di beberapa titik di Kabupaten Banjar, salah satunya di Koramil 1006-13/Sambung Makmur.

Plh Danramil -13/ Sambung Makmur, Fuji Wahyono pada Jumat (30/10) menuturkan selama beberapa hari kedepan pihaknya melaksanakan rehab rumah warga tak mampu yang ada di wilayah tugas mereka.

“Ini merupakan kewajiban bagi TNI untuk membantu warga,” bebernya.

Babinsa Sambung Makmur, Sersan Satu Yusaki bersama rekan Babinsa lainnya melakukan pembongkaran rumah milik salah satu warga Desa Madurejo Kecamatan Sambung Makmur untuk dilakukan rehab.

Yusaki menuturkan, kegiatan rehab rumah tersebut dilaksanakan secara bergotong royong dalam rangka kegiatan bakti TNI sebagai wujud kepedulian TNI terhadap rakyat.

”Kondisi rumah yang ditempati oleh Mat Kholi, warga desa Madurejo ini sangat tidak layak, dindingnya sudah lapuk dan dan atap mulai berlobang. Rumah ini kita rehab dengan gotong royong bersama Babinsa dan dana rehab sendiri berasal dari Baznas ditambah swadaya bantuan warga,” terangnya.

Yusaki menambahkan ada banyak manfaat yang dirasakan dari Program Bakti TNI bedah rumah ini.

“Selain untuk meningkatkan hubungan komunikasi, program ini juga lebih mendekatkan diri dengan masyarakat di wilayah Desa binaan, sehingga kemanunggalan TNI dan rakyat dapat terwujud,” tuturnya.

WhatsApp Image 2021 07 19 at 17.07.44

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Mengolah Tanah Rawa Jadi Media Tanam

Usaha jual media tanam yang dilakukan warga Desa Gudang Tengah Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar ini terbilang cukup unik.Hanya dengan mengolah campuran tanah rawa...

Bupati Banjar Beri Lampu Hijau Pelaksanaan Shalat Idul Adha

Bupati Banjar mengizinkan pelaksanaan sholat Idul Adha. Namun karena masih dalam kondisi pandemi covid 19, beliau menekankan agar tetap mematuhi protokol kesehatan.Hal ini disampaikan...

Kamu mungkin juga suka

Tutup Usia, Guru Khalil Berpesan Jaga Tali Silaturahmi Dan Ukhuwah Islamiah

Kabupaten Banjar Berduka, Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, salah seorang tokoh pemuka agama sekaligus Bupati Banjar Periode 2016-2021, KH. Khalilurrahman tutup usia pada Minggu...

Harlah KNPI Banjar Ke 48, Bupati Banjar Ingin KNPI Terus Bersinergi

Dalam peringatan Harlah (Hari Lahir) Komite Nasional Pemuda Indonesia  (KNPI) Kabupaten Banjar ke 48, Bupati Banjar H Saidi Mansyur meminta KNPI Banjar terus mensupport...

Bupati Banjar Letakan Batu Pertama Pembangunan Infrastruktur KOTAKU

Bupati Banjar H Saidi Mansyur melakukan peletakan batu pertama pembangunan infrastruktur permukiman, berupa pembangunan jalan lingkungan dan septic tank komunal reguler kota tanpa kumuh...

Puluhan Perusahaan Tambang Diminta Perhatikan Kaidah Good Mining Practice

Guna mencegah kerusakan lingkungan akibat kegiatan pertambangan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar menggelar rapat koordinasi pengendalian kerusakan lingkungan hidup, di Hotel Treepark Kertak Hanyar ...