KORAN ONLINE PUASA Saidi scaled 1
Beranda Covid-19 Puluhan Warga Terjaring Rajia...

Puluhan Warga Terjaring Rajia Yustisi Satpol PP dan Polres Banjar

Terbaru

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan jajaran Polres Banjar menggelar giat Operasi Yustisi dengan bentuk teguran dalam penegakan Protokol Kesehatan (Prokes) untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

Operasi Yustisi Kamis (1/10/2020) ini dilaksanakan di ruas jalan Tanjung Rema Darat, Kelurahan Tanjung Rema Darat Martapura mulai pukul 09.00 – 10.00 Wita.

Kepala Satpol PP Banjar H Muhammad Ali Hanafiah, melalui Kepala Seksi Operasi dan Pengendalian, Wahyudi mengatakan operasi ini dilaksanakan untuk meminimalisir angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Banjar.

IMG 20201001 WA0059

“Sebanyak 30 orang pelanggar terjaring dalam Operasi Yustisi kali ini. Puluhan pelanggar ini terjaring lantaran tidak mengenakan masker saat ke luar rumah. Rata-rata pelanggar ini, alasannya lupa mengenakan masker saat ke luar,” ungkapnya.

KORAN ONLINE PUASA Saidi scaled 1

Yudi melanjutkan untuk saat ini sanksi yang kita berikan kepada pelanggar masih mengacu kepada teguran dan sanksi. 

“Diantaranya, dengan membaca doa selamat, melafalkan pancasila, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia, hingga bentuk teguran fisik berupa push-up,” jelasnya.

Yudi menambahkan bahwa Operasi Yustisi ini sudah berlangsung selama 4 hari mulai dari Senin (27/9) hingga Kamis (1/10).

IMG 20201001 WA0062

“Selama 4 hari menggelar Operasi Yustisi, terdata sudah ada total 70 pelanggar yang terjaring karena tidak mengenakan masker saat ke luar rumah,” bebernya.

Operasi Yustisi ini sendiri akan berlangsung hingga akhir Oktober 2020 dan jika ada pelanggar yang sebelumnya kena teguran dan terjaring lagi,  maka akan dikenakan sanksi berupa benda sebesar Rp 100 ribu.

Yudi berharap masyarakat Kabupaten Banjar terus mematuhi protokol kesehatan Covid-19 agar terhindar dari terinfeksi virus asal Negeri Tirai Bambu ini.

Sehari sebelumnya pada Rabu (30/9), Polres Banjar bekerjasama dengan PD. Pasar Bauntung Batuah, Komunitas Kampung Dongeng Intan dan beberapa komunitas Emergency Search and Rescue di Kabupaten Banjar lakukan edukasi dan pengecekan masker kepada para pengunjung dan pedagang di Pasar Bauntung Batuah Martapura.

Kasat Binmas Polres Banjar AKP. Hj. Amelia Afifi bersama sejumlah rekan dan mitra Polres Banjar bergerak bersama di kawasan Pasar Bauntung Batuah Martapura guna memberikan Sosialisasi edukasi serta komunikasi langsung ke warga, guna menghimbau agar mematuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun di beberapa lokasi tempat cuci tangan yang disediakan PD. Pasar Bauntung Batuah, tersebar di sekitaran pasar.

Amelia Afifi mengatakan hingga saat ini masih ada warga yang dijumpai tidak mengenakan masker, akan tetapi warga mau menerima arahan agar saat bepergian keluar rumah apalagi kepasar agar memperhatikan protokol kesehatan.

“Sosialisasi edukasi serta komunikasi tidak hanya difokuskan di pasar dan ruang publik, namun juga akan menyisir tempat berkumpulnya orang banyak. Diharapkan komunikasi secara langsung ini dapat berjalan efektif serta mampu menekan angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Banjar,” ujarnya.

Pola persuasif Sosialisasi himbauan Covid -19 ini dinilai lebih dapat diterima dan dipatuhi oleh pedagang dan pengunjung pasar, dan pada perkembanganya status zona merah untuk Kabupaten Banjar sudah diturunkan menjadi zona orange dan di beberapa kecamatan sudah ada yang turun menjadi zona kuning dan zona hijau.

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Polsek Astambul Amankan Sabu Senilai Rp 4 Miliar

Konferensi pers ungkap kasus narkotika jenis sabu-sabu dengan berat mencapai 2,5 kg atau senilai Rp. 4 Miliar digelar di halaman Polsek Astambul, Senin (29/03/2021)...

Lima Benda Peninggalan Datu Kalampaian Yang Bisa Kamu Lihat

Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari adalah sosok ulama yang begitu mulia dimata ummat muslim khususnya di tanah Banjar bahkan hingga luar Kalimantan Selatan.Kitab Sabilal Muhtadin...

Kamu mungkin juga suka

Simulasi Aplikasi Srikandi, Elisnawati : Data dan Fakta Terkelola Dengan...

Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar, melakukan simulasi penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) Guna...

Puluhan Makan Di Zona 1 Revitalisasi Kawasan Sekumpul Akan Dipindah

Puluhan makan yang berada di kawasan zona 1 revitalisasi kawasan sekumpul akan dipindahkan Pemerintah Kabupaten Banjar.Menurut Wakil Bupati Banjar, Said Idrus Al Habsyi, puluhan...

Bupati Banjar Terima Hibah BMN Berupa RTH Senilai Hampir 1 Miliar...

Bupati Banjar H. Saidi Mansyur dan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Selatan Dardjat Widjunarso melakukan Penandatanganan Naskah Hibah dan Berita Acara Serah Terima...

Barbuk Sabu 2,5 Kg Dimusnahkan, Polres Banjar Terus Lakukan Pengusutan

Barang bukti sabu seberat 2,5 kg hasil ungkap kasus pada akhir Maret lalu di Kecamatan Astambul dimusnahkan Kapolres Banjar, AKBP Andri Koko Prabowo dan...