Beranda Covid-19 Puluhan Warga Terjaring Rajia...

Puluhan Warga Terjaring Rajia Yustisi Satpol PP dan Polres Banjar

Sirup Kayu Manis 1

Terbaru

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan jajaran Polres Banjar menggelar giat Operasi Yustisi dengan bentuk teguran dalam penegakan Protokol Kesehatan (Prokes) untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

Operasi Yustisi Kamis (1/10/2020) ini dilaksanakan di ruas jalan Tanjung Rema Darat, Kelurahan Tanjung Rema Darat Martapura mulai pukul 09.00 – 10.00 Wita.

Kepala Satpol PP Banjar H Muhammad Ali Hanafiah, melalui Kepala Seksi Operasi dan Pengendalian, Wahyudi mengatakan operasi ini dilaksanakan untuk meminimalisir angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Banjar.

IMG 20201001 WA0059

“Sebanyak 30 orang pelanggar terjaring dalam Operasi Yustisi kali ini. Puluhan pelanggar ini terjaring lantaran tidak mengenakan masker saat ke luar rumah. Rata-rata pelanggar ini, alasannya lupa mengenakan masker saat ke luar,” ungkapnya.

Yudi melanjutkan untuk saat ini sanksi yang kita berikan kepada pelanggar masih mengacu kepada teguran dan sanksi. 

“Diantaranya, dengan membaca doa selamat, melafalkan pancasila, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia, hingga bentuk teguran fisik berupa push-up,” jelasnya.

Yudi menambahkan bahwa Operasi Yustisi ini sudah berlangsung selama 4 hari mulai dari Senin (27/9) hingga Kamis (1/10).

IMG 20201001 WA0062

“Selama 4 hari menggelar Operasi Yustisi, terdata sudah ada total 70 pelanggar yang terjaring karena tidak mengenakan masker saat ke luar rumah,” bebernya.

Operasi Yustisi ini sendiri akan berlangsung hingga akhir Oktober 2020 dan jika ada pelanggar yang sebelumnya kena teguran dan terjaring lagi,  maka akan dikenakan sanksi berupa benda sebesar Rp 100 ribu.

Yudi berharap masyarakat Kabupaten Banjar terus mematuhi protokol kesehatan Covid-19 agar terhindar dari terinfeksi virus asal Negeri Tirai Bambu ini.

Sehari sebelumnya pada Rabu (30/9), Polres Banjar bekerjasama dengan PD. Pasar Bauntung Batuah, Komunitas Kampung Dongeng Intan dan beberapa komunitas Emergency Search and Rescue di Kabupaten Banjar lakukan edukasi dan pengecekan masker kepada para pengunjung dan pedagang di Pasar Bauntung Batuah Martapura.

Kasat Binmas Polres Banjar AKP. Hj. Amelia Afifi bersama sejumlah rekan dan mitra Polres Banjar bergerak bersama di kawasan Pasar Bauntung Batuah Martapura guna memberikan Sosialisasi edukasi serta komunikasi langsung ke warga, guna menghimbau agar mematuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun di beberapa lokasi tempat cuci tangan yang disediakan PD. Pasar Bauntung Batuah, tersebar di sekitaran pasar.

Amelia Afifi mengatakan hingga saat ini masih ada warga yang dijumpai tidak mengenakan masker, akan tetapi warga mau menerima arahan agar saat bepergian keluar rumah apalagi kepasar agar memperhatikan protokol kesehatan.

“Sosialisasi edukasi serta komunikasi tidak hanya difokuskan di pasar dan ruang publik, namun juga akan menyisir tempat berkumpulnya orang banyak. Diharapkan komunikasi secara langsung ini dapat berjalan efektif serta mampu menekan angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Banjar,” ujarnya.

Pola persuasif Sosialisasi himbauan Covid -19 ini dinilai lebih dapat diterima dan dipatuhi oleh pedagang dan pengunjung pasar, dan pada perkembanganya status zona merah untuk Kabupaten Banjar sudah diturunkan menjadi zona orange dan di beberapa kecamatan sudah ada yang turun menjadi zona kuning dan zona hijau.

Sambal Mandai KU
Berduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur Effendy

Trending Minggu Ini

100 Relawan Sikologis Diterjunkan HIMPSI Kalsel Bagi Korban Banjir

Himpunan Psikologi Indonesia Wilayah Kalimantan Selatan (HIMPSI Kalsel) membentuk Tim Relawan Pendampingan Psikososial (RPP) untuk membantu pendampingan psikososial bagi para korban banjir yang ada...

Selebgram Kalsel Buka Donasi Untuk Masyarakat Terdampak Banjir

Duta Pemuda Indonesia 2018 Muhammad Hidayattollah H Muhni Arma yang juga dikenal di Kalimantan Selatan sebagai Selebgram dengan sebutan Dayat El, turut berempati atas...

Banjir Kalsel,Bayi Sepanjang 50 CM Lahir Di Atas Jukung

Banjir masih melanda sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan termasuk beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Banjar.Bahkan ribuan warga terdampak banjir, hingga kini masih berada...

Kamu mungkin juga suka

Ratusan Ribu KK Korban Banjir Dicetak Disdukcapil Banjar

Pasca banjir parah yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Banjar beberapa hari lalu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banjar, melakukan pencetakan pengganti...

Susuri Sungai, Diskominfo Standi Banjar Salurkan Bantuan Banjir

Tim Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian (Diskominfo Standi) Kabupaten Banjar menyusuri bantaran sungai Martapura untuk mendistribusikan bantuan langsung terhadap korban banjir, Rabu (20/1/2021).Bantuan banjir...

Inisiatif Hibur Korban Banjir

Inisiatif menghibur korban banjir, khususnya anak-anak yang tengah merasa sedih dan jenuh, terlebih lagi trauma yang dirasakan, para pegawai Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan...

Jembatan Penghubung Desa Ini Tetap Digunakan Meski Rusak Parah

Bencana banjir yang melanda Kabupaten Banjar menyebabkan sejumlah infrastruktur rusak parah diantaranya seperti jembatan, hal ini pun menarik perhatian Presiden Republik Indonesia (RI) Joko...