Beranda Habar Banjar Rakor Jelang Pilkada Serentak,...

Rakor Jelang Pilkada Serentak, Sekda Banjar Ingatkan Harus Sesuai Protokol Kesehatan

Sirup Kayu Manis 1

Terbaru

Persiapan yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar Desember mendatang, dengan menggelar rapat koordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Banjar, Command Center, Martapura, Selasa (7/7/2020). 

Sekda Banjar HM Hilman menyampaikan, mengingat penyelenggaraan Pilkada tahun ini dilakukan di tengah pandemi virus corona (Covid-19) ada beberapa hal yang harus dikoordinasikan. 

“Seperti diketahui, di tengah pandemi seperti sekarang ini tentunya setiap kegiatan masyarakat harus menyesuaikan dengan protokol kesehatan. Termasuk dalam hal ini, Pilkada yang akan digelar pada 9 Desember 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” terangnya. 

IMG 20200707 WA0016

Dimana dengan adanya ketentuan Normal Baru (New Normal) yang bebas Covid-19 akan ada banyak yang harus dikoordinasikan dan disosialisasikan kepada masyarakat.

Ketua KPU Banjar Muhaimin juga mengatakan agar proses penyelenggaraan Pilkada berlangsung dengan aman, maka KPU merasa perlu mendapatkan masukan dari berbagai pihak sehingga Pilkada berjalan lancar dan aman. 

IMG 20200707 WA0014

Muhaimin juga menjelaskan dalam persiapan Pilkada Tahun 2020 ini pihaknya telah melakukan pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang bertujuan melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) ke rumah masing masing pemilih yang terdaftar.

“Nanti tanggal 18 Juli 2020 secara serentak petugas PPDP akan melakukan Coklit ke rumah masing masing pemilih untuk disesuaikan dengan data sebelumnya dan juga saat pelaksanaan Pilkada ada satu anggota di setiap 1 TPS,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Banjar Fajeri Tamzidillah mengatakan bahwa tim nya Bawaslu Banjar telah menganalisa tentang kerawanan pemilu saat pasangan calon sudah ditetapkan. 

IMG 20200707 WA0015

“Biasanya setelah pasangan calon sudah diresmikan bakal ada timbul kerawanan pemilu, seperti adanya politik uang, kampanye hitam, Ras dan Sara serta politik identitas. Dan ini sudah kewajiban semua pihak dalam mencegah tingkat kerawanan seperti itu,” ujarnya.

Dandim 1006 Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto tak lupa memberi masukan dan menginginkan hasil dari rapat ini ada tindak lanjut kedepannya, bisa terjalin komunikasi yang baik antara KPU serta  Bawaslu ke Forkopimda Banjar. 

IMG 20200707 WA0017

“Sehingga Pemerintah Daerah beserta Forkopimda Banjar siap memfasilitasi demi kelancaran Pilkada mendatang , tentunya  dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan demi keselamatan dan kesehatan penyelenggara dan pemilih,” katanya.

Hadir pula pada kesempatan tersebut Bupati Banjar H. Khalilurrahman diwakili Sekda Banjar HM Hilman, Dandim 1006 Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto, perwakilan Kejari Banjar dan Kapolres Banjar, Ketua KPU Banjar Muhaimin, Ketua Bawaslu Fazeri Tamzidillah, Kepala SKPD Banjar, serta tamu undangan lainnya. 

Sambal Mandai KU
Berduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur Effendy

Trending Minggu Ini

Inisiatif Hibur Korban Banjir

Inisiatif menghibur korban banjir, khususnya anak-anak yang tengah merasa sedih dan jenuh, terlebih lagi trauma yang dirasakan, para pegawai Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan...

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

100 Relawan Sikologis Diterjunkan HIMPSI Kalsel Bagi Korban Banjir

Himpunan Psikologi Indonesia Wilayah Kalimantan Selatan (HIMPSI Kalsel) membentuk Tim Relawan Pendampingan Psikososial (RPP) untuk membantu pendampingan psikososial bagi para korban banjir yang ada...

Kamu mungkin juga suka

Susuri Sungai, Diskominfo Standi Banjar Salurkan Bantuan Banjir

Tim Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian (Diskominfo Standi) Kabupaten Banjar menyusuri bantaran sungai Martapura untuk mendistribusikan bantuan langsung terhadap korban banjir, Rabu (20/1/2021).Bantuan banjir...

Inisiatif Hibur Korban Banjir

Inisiatif menghibur korban banjir, khususnya anak-anak yang tengah merasa sedih dan jenuh, terlebih lagi trauma yang dirasakan, para pegawai Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan...

Jembatan Penghubung Desa Ini Tetap Digunakan Meski Rusak Parah

Bencana banjir yang melanda Kabupaten Banjar menyebabkan sejumlah infrastruktur rusak parah diantaranya seperti jembatan, hal ini pun menarik perhatian Presiden Republik Indonesia (RI) Joko...

Ketua TP PKK Tinjau Posko dan Salurkan Bantuan

Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar meninjau serta membagikan sembako ke posko pengungsian korban banjir di Desa Padang Panjang Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, Minggu...