Beranda Habar Banjar Satpol PP Kabupaten Banjar...

Satpol PP Kabupaten Banjar Gelar Apel Gabungan Kesiapan Pilkada 2020

Terbaru

Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 9 Desember 2020, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Banjar melaksanakan Apel Gelar Pasukan di RTH Ratu Zalecha Martapura, Kamis (5/11/2020).

Gelar Pasukan ini dipimpin oleh Direktur Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat Kementerian Dalam Negeri, Bernhard E Rondonuwu, yang juga menjabat sebagai Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Banjarbaru.

Apel gabungan Satuan Polisi Pamong Praja, Pemadam Kebakaran dan Satuan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Banjar ini sekaligus melakukan inspeksi kesiapan penegakkan aturan protokol kesehatan Covid-19 pada pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 dan sekaligus pengukuhan Duta Perubahan Perilaku.

IMG 20201105 WA0027

Direktur Satpol PP dan Linmas Kemendagri, Bernhard E Rondonuwu mengungkapkan dalam apel ini, pihaknya menekankan agar anggota Satpol PP, Damkar dan Linmas harus memahami dan mengetahui Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam menjalankan tugasnya.

KORAN ONLINE PUASA Saidi scaled 1

“Dengan mengetahui SOP, kita dapat bekerja sambil menjaga diri dan orang lain, itu yang kita tekankan,” katanya.

IMG 20201105 WA0025

Kesiapan penegakkan protokol kesehatan Covid-19 dengan pengukuhan Duta Perubahan Perilaku ini lanjut Bernhard sesuai dengan aturan Perda Provinsi Kalsel tentang penegakkan protokol kesehatan Covid-19.

“Yang kita kedepankan adalah komunikasi yang efektif pada masyarakat saat melakukan sosialisasi 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak) sehingga kasus Covid-19 di Kabupaten Banjar dapat ditekan. Masyarakat saat ini rata-rata juga sudah mulai taat melaksanakan hal tersebut,” bebernya.

Dengan dikukuhkannya Duta Perubahan Perilaku, Bernhard berharap Satpol PP dan Linmas dapat menjadi role model di keluarga, masyarakat dan institusi dalam menegakkan protokol kesehatan.

Kepala Satpol PP Banjar, HM. Ali Hanafiah menambahkan apel gelar pasukan ini sudah lama dipersiapkan oleh pihaknya.

IMG 20201105 WA0030

“Apel ini kita gelar sebagai bentuk kesiapan Satpol PP, Damkar dan Linmas di Kabupaten Banjar dalam mendukung setiap kebijakan penanganan Covid-19, kebetulan Direktur Satpol PP dan Linmas Kemendagri bersedia memberikan backup dan peresmian Duta Perubahan Perilaku,” jelasnya.

Satpol PP Kabupaten Banjar sendiri lanjut Ali Hanafiah sudah mulai rutin melaksanakan razia masker untuk menegakkan protokol kesehatan Covid-19.

IMG 20201105 WA0034

“Selama 1,5 bulan ini kita sudah melaksanakan razia tersebut dan ribuan masyarakat sudah terjaring dan kami berikan pembinaan. Di tempat kita tak ada sanksi berupa denda, hanya pembinaan fisik dan sanksi sosial, karena berdasarkan hasil evaluasi kita, sanksi berupa denda tidak efektif. Hal ini sudah diatur dalam Peraturan Bupati Banjar,” sebutnya.

Apel gelar pasukan ini sendiri dihadiri oleh Sekda Banjar, HM. Hilman beserta jajaran kepala SKPD terkait dan seluruh camat se Kabupaten Banjar.

Trending Minggu Ini

Warga Datangi DPRD Balangan, Izin Pertambangan Pasir Dipertanyakan

Masyarakat Desa Badalungga dan Baramban Kecamatan Awayan datangi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan untuk pertanyakan izin galian C dari pertambangan pasir...

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Pangeran Khairul Saleh Bongkar Dugaan Izin ‘Bodong’ Perusahaan Tambang

Dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia bersama Komisi III DPR RI, Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Pangeran Khairul Saleh,...

Kamu mungkin juga suka

Pemulihan Ekonomis Masyarakat Topik Utama Rakor Mingguan

Bupati Banjar H Saidi Mansyur menyerahkan penghargaan Program Bangga Kencana dan Penghargaan Pendataan Keluarga Tahun 2021. Piagam diserahkan pada rapat koordinasi mingguan di Aula...

PD.PBB Lakukan Penataan Lapak Pedagang Pasca Musibah Kebakaran

Pasca musibah kebakaran di Pasar Bauntung Batuah, Kota Martapura yang menghanguskan puluhan lapak milik Pedagang Kaki Lima (PKL) pada (04/06/2021) lalu, kini sejumlah pedagang...

Waspada ! Seminggu 2 Kejadian, Maling Beroperasi di Masjid Al Karomah

Warga Desa Sungai Tabuk Keramat, Kecamatan Sungai Tabuk, sempat kaget lantaran usai salat zuhur didapati tas punggung miliknya sudah raib, Kamis (17/06/2021) Siang.Setelah diusut...

Di Duga Melanggar Aturan, Kabag Hukum : Nanti Kami Pelajari Dulu

Sebanyak ratusan unit rumah ber IMB yang berdiri di wilayah Kota Banjarbaru diduga masuk dalam wilayah konsesi milik Pertambangan terlebih Pertambangan tersebut masih Aktif.Sementara...