Beranda Covid-19 Sebagian Besar Hasil Swab...

Sebagian Besar Hasil Swab Kepala SKPD Lingkup Pemkab Banjar Negatif

Sirup Kayu Manis 1

Terbaru

Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar melalui UPT Laboratorium Kesehatan Daerah, melaksanakan tes swab ke seluruh Kepala SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar pada Selasa (4/8/2020) kemarin.

Selain melaksanakan tes swab untuk Kepala SKPD di Pemkab Banjar, pihaknya (Dinkes) juga melakukan tes swab ke para ASN dan Tenaga Kontrak di lingkup Pemkab Banjar.

Kepala Labkesda Kabupaten Banjar, Fahriadi saat ditemui Kamis (6/8/2020) siang, mengungkapkan bahwa hasil swab tersebut sudah keluar hasilnya.

“Dari hasil sampel swab yang diambil dari seluruh kepala SKPD pada 4 Agustus 2020 kemarin hasilnya sudah keluar malam tadi dan seluruhnya dinyatakan negatif, walau ada beberapa kepala SKPD belum diperiksa. Hanya Kepala Dinas Pendidikan yang saat ini dinyatakan positif dan masih dalam perawatan di RSUD Ulin Banjarmasin,” tuturnya.

Sementara untuk ASN dan pegawai di beberapa SKPD seperti Dinas Kesehatan, Inspektorat, Diskominfo, Disdik, Diskan dan Dinas TPH sebagian masih dalam proses.

“Sebagian sudah keluar dan hasilnya sebagian besar negatif, hanya ditemukan 1 orang yang terkonfirmasi positif dan sudah menjalani perawatan di pusat karantina terpadu di Guest House Sultan Sulaiman,” ujar Fahriadi.

Sementara untuk Dinas Kesehatan, angka positif katanya cukup mengejutkan karena memang terjun langsung untuk menangani pasien positif.

“Di Dinas Kesehatan yang juga membawahi RSUD Ratu Zalecha, 24 Puskesmas dan Labkesda ini angka positifnya lebih dari 100 orang. Untuk yang terpapar di Dinas Kesehatan sendiri 14 orang dan di Labkesda ada 1 orang, semuanya dalam tahap perawatan dan sebagian setelah swab evaluasi dinyatakan negatif,” terangnya.

Kabupaten Banjar sendiri kata Fahriadi mendapatkan jatah sebanyak 869 tes swab dari 10 ribu tes swab massal yang akan digelar Pemprov Kalsel.

“Untuk pengambilan sampel, kita akan menerjunkan 3 tim dengan satu tim terdiri atas 2 orang. Tiap tim mampu mengambil swab 40-50 orang, jadi satu hari kita bisa mendapatkan sampel setiap hari sebanyak 120-150 orang. Sehingga target yang dibebankan oleh provinsi bisa kita capai, bahkan lebih dari itu,” jelasnya.

Untuk target pengambilan swab, Labkesda Banjar menyebutkan pihaknya sudah mendapatkan data dari Puskesmas dan beberapa sudah dijadwalkan.

Akan tetapi untuk pengambilan swab dari pegawai SKPD di Pemkab Banjar, hingga saat ini masih ada beberapa SKPD tersebut yang belum menyerahkan data pegawainya yang akan mengikuti tes swab massal.

“Harapannya semuanya bisa segera memasukkan data tersebut kepada Dinas Kesehatan sehingga bisa kita tindak lanjuti dengan menentukan jadwal pengambilan swab,” terang Fahriadi.

Sampel yang didapat sendiri tambahnya akan dikirim ke RSUD Ulin sesuai dengan pembagian zona tes massal yang telah dilakukan dan hasil swab massal ini sudah bisa keluar dalam waktu 24 jam.

Sambal Mandai KU
Berduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur Effendy

Trending Minggu Ini

100 Relawan Sikologis Diterjunkan HIMPSI Kalsel Bagi Korban Banjir

Himpunan Psikologi Indonesia Wilayah Kalimantan Selatan (HIMPSI Kalsel) membentuk Tim Relawan Pendampingan Psikososial (RPP) untuk membantu pendampingan psikososial bagi para korban banjir yang ada...

Selebgram Kalsel Buka Donasi Untuk Masyarakat Terdampak Banjir

Duta Pemuda Indonesia 2018 Muhammad Hidayattollah H Muhni Arma yang juga dikenal di Kalimantan Selatan sebagai Selebgram dengan sebutan Dayat El, turut berempati atas...

Banjir Kalsel,Bayi Sepanjang 50 CM Lahir Di Atas Jukung

Banjir masih melanda sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan termasuk beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Banjar.Bahkan ribuan warga terdampak banjir, hingga kini masih berada...

Kamu mungkin juga suka

Ratusan Ribu KK Korban Banjir Dicetak Disdukcapil Banjar

Pasca banjir parah yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Banjar beberapa hari lalu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banjar, melakukan pencetakan pengganti...

Susuri Sungai, Diskominfo Standi Banjar Salurkan Bantuan Banjir

Tim Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian (Diskominfo Standi) Kabupaten Banjar menyusuri bantaran sungai Martapura untuk mendistribusikan bantuan langsung terhadap korban banjir, Rabu (20/1/2021).Bantuan banjir...

Inisiatif Hibur Korban Banjir

Inisiatif menghibur korban banjir, khususnya anak-anak yang tengah merasa sedih dan jenuh, terlebih lagi trauma yang dirasakan, para pegawai Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan...

Jembatan Penghubung Desa Ini Tetap Digunakan Meski Rusak Parah

Bencana banjir yang melanda Kabupaten Banjar menyebabkan sejumlah infrastruktur rusak parah diantaranya seperti jembatan, hal ini pun menarik perhatian Presiden Republik Indonesia (RI) Joko...