Beranda Habar Banjar SMP 1 Martapura Gelar...

SMP 1 Martapura Gelar Pelatihan Mengajar Secara Daring Bagi Para Guru

Sirup Kayu Manis 1

Terbaru

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim telah mengeluarkan mekanisme penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 melalui Siaran Langsung di kanal Youtube Kemendikbud RI pada Senin (15/6/2020) kemarin.

Nadiem menyatakan untuk satuan pendidikan yang berada di zona kuning, zona oranye, zona merah dilarang melakukan pembelajaran tatap muka dan tetap melanjutkan Belajar dari Rumah, sehingga 94 persen daerah di Indonesia dilarang membuka sekolah untuk kegiatan belajar mengajar di tengah masa pandemi Covid-19.

Menyikapi hal ini, Seiring dengan status Kabupaten Banjar yang ditetapkan sebagai Zona Merah saat ini, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Martapura menggelar Pelatihan In House Training/Pembelajaran Daring bagi para guru SMP Negeri 1 Martapura selama 2 hari pada 15-16 Juni 2020.

IMG 20200616 WA0018

Kepala SMP Negeri 1 Martapura, Rahmadi saat ditemui di ruang kerjanya pada Selasa (16/6/2020) mengatakan pelatihan ini dilaksanakan untuk menyikapi kebijakan dari Kemendikbud.

“Karena itu kita melaksanakan pelatihan bagi para guru agar bisa melaksanakan pembelajaran jarak jauh melalui daring, luring maupun campuran, tergantung fasilitas sekolah,” ujarnya.

Dengan pelatihan ini, para guru di SMP Negeri 1 Martapura diajari mendesain pembelajaran sesuai dengan kreatifitas masing-masing melalui berbagai platform daring seperti Zoom hingga Google Classroom.

Pemateri pelatihan pun ujar Rahmadi memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki sekolah dan juga dari guru mata pelajaran yang memiliki kompetensi untuk melaksanakan pembelajaran melalui daring.

“Kita memanfaatkan SDM yang kita miliki untuk mengajarkan para guru agar bisa menggunakan platform daring dalam mengajar. Selain itu kita juga ingin menyamakan persepsi sehingga skill yang dimiliki para guru sama saat melaksanakan pembelajaran melalui daring,” katanya.

Namun Kepala SMP Negeri 1 Martapura ini tak ingin pembelajaran melalui daring ini membebani orang tua siswa. 

“Apalagi kita tahu banyak orang tua siswa yang terdampak ekonomi akibat pandemi Covid-19. Ada banyak kendala yang dialami orang tua siswa, karena itu kita ingin sistem pembelajaran melalui daring nanti bisa sesimpel mungkin dan tak membebani orang tua siswa. Karena itu kami terus berkomunikasi dengan orang tua siswa agar memberikan masukan,” ungkap Rahmadi.

Sementara itu salah satu pemateri pelatihan, Santi Damayanti Pamungkas mengungkapkan para guru di SMP Negeri 1 Martapura dikenalkan dengan berbagai platform pembelajaran melalui daring.

IMG 20200616 WA0023

“Pada hari pertama kita mengenalkan beberapa aplikasi daring yang bisa digunakan untuk pembelajaran jarak jauh seperti rumah belajar dan google classroom. Kemudian harinini belajar membuat soal online menggunakan google form,” ujarnya.

Para guru yang mengikuti pelatihan ini pun katanya sangat antusias karena banyak hal baru yang dipelajari sekaligus merefresh dan mengupgrade hal baru.

“Dengan latihan ini kita berharap para guru bisa memanfaatkan dan menggunakan apa yang sudah dipelajari sehingga memudahkan pembelajaran melalui daring,” ucap Guru Bahasa Inggris ini.

Sedangkan salah satu peserta pelatihan, Nor Azizah mengatakan ada banyak hal yang dipelajari melalui pelatihan ini.

IMG 20200616 WA0024

“Dengan adanya pelatihan ini banyak yang sebelumnya kita tak pahami kini sudah kita mengerti. Seperti bagaimana cara membikin soal online dan bikin google classroom, apalagi dengan adanya pandemi kita kita bisa mengajar lewat daring sehingga pembelajaran nanti bisa lebih variatif,” ungkapnya.

Melalui pelatihan ini, Nor Azizah mengatakan dirinya semakin termotivasi untuk belajar hal yang baru, terutama mendalami dunia IT untuk pembelajaran melalui daring.

“Selama ini sebagian besar kita hanya menggunakan aplikasi Whatsapp saja, jadi kalau ada tugas kita akan koreksi secara manual. Dengan adanya pelatihan ini kita berharap pembelajaran melalui daring lebih baik kedepannya,” terangnya.

Sambal Mandai KU
IMG 20201231 WA0008
WhatsApp Image 2020 12 11 at 11.25.51
1422374 923771344327002 1982948344843059176 n

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Bupati Banjar Tinjau dan Berikan Bantuan Warga Terdampak Banjir

Bupati Banjar H Khalilurrahman lakukan peninjauan sekaligus berikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir di Kecamatan Martapura dan Kecamatan Martapura Timur, Selasa (12/01/2021) sore.Bantuan...

BPBAT Mandiangin Serahkan Bantuan Benih Ke Pokdakan

Bantuan benih ikan Nila sebanyak 100.000 ekor, diserahkan Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Jembatan Rumpiang  Marabahan Kabupaten...

Kamu mungkin juga suka

Volume Air Naik Tiba-Tiba, Warga Memilih Mengungsi

Hujan yang berlangsung cukup lama di sebagian besar wilayah Kabupaten Banjar menyebabkan kenaikan volume air secara tiba-tiba.Hal ini pun berdampak pada wilayah yang terendam...

SPDT dan SKPT Direspon Diskan Banjar

Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Banjar merespon positif Program Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kalimantan Selatan dalam memanfaatkan potensi budidaya perikanan melalui Sentra Perikanan...

Kemenhub RI Hibahkan Bus Sekolah Kepada Pemkab Banjar

Penyerahan hibah bus Sekolah Kepada Pemerintah Kabupaten Banjar Dari Kementerian Perhubungan RI di Gedung Mahligai Sultan Adam Martapura, Rabu (13/1/2021).Hadir pada kesempatan tersebut Bupati...

Pemkab Banjar Serahkan Peralatan Pencegah Covid -19 Ke Pondok Pesantren

Pemerintah Kabupaten Banjar menyerahkan bantuan Peralatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 kepada pondok pesantren di Kabupaten Banjar, bertempat di Mahligai Sultan Adam Martapura, Rabu (13/1/2021)...