Beranda Habar Banjar Tahun Ke 4 Sebarkan...

Tahun Ke 4 Sebarkan Qurban, Lazismu Banjar Bagikan Daging Di Belasan Titik Kabupaten Banjar

CREATIVE TALK HIPMI BANJARBARU WEBINAR 1

Terbaru

Survei Elektabilitas Calon Walikota-Wakil Walikota Banjarbaru

Lembaga Survei Charta Politika Indonesia Kota Banjarbaru rilis hasil survei Elektabilitas Calon Walikota-Wakil Walikota Banjarbaru 2020 pada Rabu (21/10).

Median Jalan di Cat, Jalan Bersih, Banjarbaru Semakin ‘Glowing’

Semenjak dilantiknya Bernhard E Rondonuwu menjadi Pejabat Sementara (PJS) kurang lebih 71 di Kota Banjarbaru, dirinya berkomitmen untuk memajukan kota yang berjuluk...

Wakil Menteri PUPR RI Disambut Di Banjarbaru

Wakil Menteri PUPR RI Disambut Di BanjarbaruPjs Walikota Banjarbaru Bernhard E Rondonuwu, sambut Kedatangan Wakil Menteri PUPR RI, John Wempi Wetipo, Di...

Warga Rantau Balai Sambut Baik Kedatangan RPM

Relawan Perempuan Manis (RPM) memperkenalkan sosok pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Banjar, nomor urut satu, dengan tagline "Manis" kepada warga Desa...

Deklarasi Damai Kota Banjarbaru

Pjs Walikota Banjarbaru bersama Kapolres dan Dandim 1006/Martapura mengikuti Deklarasi Damai Wilayah Kota Banjarbaru, Di Aula Gawi Sabarataan,Rabu (21/10/2020).

Lembaga Zakat Infaq dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Kabupaten Banjar melaksanakan program sebarkan qurban di beberapa lokasi di Kabupaten Banjar pada Sabtu (1/8/2020) kemarin.

Program yang didukung shohibul qurban perorangan dan beberapa instansi ini dilaksanakan pada lokasi yang menjadi sasaran program yaitu Handil Purai, Abumbun Jaya, Sungai Lulut, Sungai Tuan, Akar Baru, Pingaran Ulu, Galam Rabah, Simpang Empat Pengaron, Martapura dan beberapa desa di Karang Intan, dengan penerima manfaat sendiri menyasar berbagai kalangan dari warga desa hingga guru.

Sebarkan qurban sendiri merupakan program rutin yang dilaksanakan Lazismu bekerja sama dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Banjar sejak tahun 2017 yang lalu.

Program yang bisa dikatakan ini telah berjalan selama empat tahun ini dilaksanakan pada lokasi penerima manfaat yang berbeda setiap tahun dab menyasar tempat yang tidak ada orang berqurban.

Program ini sejalan dengan Lazismu Pusat yang menyambut pada Hari Raya Idul Adha tahun ini mengangkat tema “Qurban Untuk Ketahanan Pangan,” yang dicetuskan dari gerakan solidaritas sosial di saat akses masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya terancam, terutama untuk memeroleh kecukupan gizi yang seimbang pada masa-masa sulit seperti Pandemi Covid-19 sekarang.

Manajer Lazismu Kabupaten Banjar, Ginanjar Sutrisno kepada awak media melalui pesan Whatsapp pada Minggu (2/7) mengungkapkan rasa syukur pihaknya telah mampu melaksanakan program ini.

“Alhamdulillah, kami melaksanakan program ini dengan lancar dan sesuai target atau bisa juga di sebut melebihi target,” imbuhnya.

Ginanjar menambahkan sesuai rencana diawal, pihaknya berharap program ini dapat menyebarkan daging qurban hingga ke pedesaan atau 3T yang sulit menerima daging.

“Pada rencana awal program ini hanya menargetkan beberapa lokasi yang menjadi sasaran penerima manfaat. Namun seiring berjalannya waktu ternyata ada banyak bantuan dari beberapa pihak diantaranya Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan Masjid At Taqwa, Pekauman Ulu,” tambahnya.

Staf Program dan Penghimpunan Lazismu Banjar, Muhammad Nashir menambahkan tahun ini jumlah shohibul qurban sejumlah 15 orang.

“Sejak penutupan masa penghimpunan qurban kami telah menerima 15 pengqurban yang pada akhirnya kami salurkan masing-masing satu ekor sapi ke Handil Purai dan Sungai Lulut, serta 1 Jiwa atau setara 20 bungkus ke Abumbun Jaya,” jelasnya.

Nashir menambahkan selain dari sohibul qurban perorangan, Lazismu Banjar juga menyalurkan daging qurban dari instansi yang menitipkannya untuk disebarkan.

“Selain menyalurkan sapi atau daging dari sohibul qurban perorangan melalui Lazismu Banjar, ada pula BPKH yang melakukan penyembelihan berlokasi di Banjarbaru bermitra dengan dengan Lazismu Banjarbaru dan Banjarmasin bermitra dengan Lazismu Kalsel sejumlah 210, di tambah lagi panitia Masjid At taqwa yang menitipkan 30 bungkus daging yang telah kami sebarkan ke beberapa lokasi ditambah,” jelasnya.

Dikutip dari Lazismu.org, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bersama mitra program kemaslahatan di hari raya Idul Adha menyalurkan 50 hewan kurban berupa sapi bersinergi dengan Lazismu.

Program kemaslahatan BPKH ini dilaksanakan untuk meringankan beban masyarakat yang ada di Indonesia saat wabah virus corona masih belum pasti kapan berakhir.

Adapun penerima manfaat sebarkan qurban ini di Kabupaten Banjar berjumlah hingga 540 orang dengan rincian sebagai berikut 2 ekor sapi di Handil Purai dan Sungai Lulut, 50 Bungkus di Abumbun Jaya, 15 Bungkus di Galam Rabah, 25 Bungkus di Sungai Tuan, 30 Bungkus di Akar Baru, 25 bungkus di Karang Intan dan Sekitarnya, 30 Bungkus di Simpang empat pengaron, 60 Bungkus di Martapura, 25 Bungkus di Pingaran Ulu.

Dalam pembagian daging ini sendiri, Lazismu Kabupaten Banjar melibatkan banyak relawan baik di internal Muhammadiyah seperti Pimpinan Ranting Muhammadiyah di lokasi, Ikatan Pelajar Muhammadiyah dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, serta melibatkan pihak yang ada di luar Muhammadiyah seperti pejawat desa dan warga lainnya.

WhatsApp Image 2020 10 12 at 17.36.10 1
1422374 923771344327002 1982948344843059176 n

Trending Minggu Ini

Covid-19 Di Banjarbaru Melandai, Tetap Tekankan Protokol Kesehatan

Pemaparan info terbaru Covid-19 oleh Kepala Dinas Kesehatan kota Banjarbaru, Rizana Mirza, digelar di Ruang Tamu Utama Walikota Banjabaru, Selasa (29/09/2020).

Menjenguk Tokoh Kharismatik Kertak Hanyar, H Saidi Mansyur Dapat Petuah.

H Saidi Mansyur merupakan salah satu pemimpin yang sangat cinta kepada para ulama dan habaib, hal tersebut ditunjukan dengan seringnya ia melakukan...

Anak Kuli Panggul dan Penjual Pisang Goreng, Siap Memimpin Kabupaten Banjar

H Saidi Mansyur pemuda asli banua yang lahir di Desa Sungkai, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan pada tanggal 5 Mei 1987 merupakan anak...

Kamu mungkin juga suka

Air Mancur Taman CBS Dioperasikan Kembali

Air mancur Barokah di Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) setelah kurang lebih enam bulan tidak dioperasikan karena pandemi Covid-19, kini dibuka kembali.

PAD Meningkat, Bapenda Kabupaten Banjar Raih Penghargaan Nasional

Dinilai mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui berbagai terobosan-terobosan yang dilakukan, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Banjar raih penghargaan Inspiring Professional...

Ketua TP PKK Banjar Serahkan Alat Cuci Tangan Portabel Ke Pesantren...

Alat cuci tangan portable sebanyak 25 Unit yang merupakan hasil olahan dari Program Bimbingan Teknik (Bimtek) Kementerian Perindustrian RI kepada beberapa Industri...

Ketua TP PKK Banjar Sambut Baik Pelatihan Sasirangan PC NU

Ditengah pandemi Covid-29 yang menyebabkan melemahnya sektor perekonomian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Dinas terkait di lingkup Pemkab Banjar terus mendorong upaya...