Beranda Ekonomi Target Setoran 2 Miliar...

Target Setoran 2 Miliar Ke Daerah, PD Pasar Rencanakan Kenaikan Tarif

Terbaru

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banjar pada akhir November 2020 yang lalu telah menyepakati Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2021.

Dari sektor pendapatan daerah, salah satu yang digenjot adalah setoran perusahaan daerah pada pemerintah daerah, diantaranya adalah setoran Perusahaan Daerah Pasar Bauntung Batuah (PD PBB) Martapura yang dipatok sebesar 2 Miliar Rupiah. 

Dirut PD. PBB Rusdiansyah melalui Humas PD. PBB Martapura, Gusti Andre saat ditemui di kantor PD PBB Martapura pada Kamis (17/12/2020) mengatakan pihaknya optimis untuk mampu meningkatkan menyumbang pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi daerah Kabupaten Banjar walaupun pandemi Covid-19 belum berakhir.

IMG 20201218 WA0031

“Di tahun 2019 PD Pasar Bauntung Batuah telah berhasil menyumbang PAD sekitar 750 juta rupiah pada saat sebelum terjadinya pandemi Covid-19,” katanya.

habarkalimantan

Untuk mencapai target di 2021 mendatang, PD PBB sedang intensif melakukan rapat internal mengenai evaluasi, strategi dan rancangan untuk mencapai target-target yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Insya Allah target 2 milyar rupiah di tahun yang akan datang itu bisa kita capai. Kita sendiri saat ini mampu usahakan 1,6 milyar rupiah. Akan tetapi direksi dan badan pengawas sedang intensif melakukan rapat untuk merumuskan formula-formula dan strategi-strategi yang tepat untuk mencapai target yang diharapkan oleh pemerintah daerah di tahun 2021 nanti. Untuk mewujudkan hal tersebut perlu dukungan semua pihak,” jelasnya.

Untuk mencapai target tersebut, salah satu strategi yang diambil PD Pasar menurut Andre adalah dengan menaikkan tarif untuk jasa layanan fasilitas pasar di tahun 2021.

Strategi yang mungkin akan dilakukan juga yaitu dengan pasar area I sampai IV akan dimaksimalkan serta pemerataan kenaikan tarif layanan fasilitas pasar demi tercapainya target tersebut.

“Dalam penerapan pemerataan kenaikan tarif jasa pelayanan fasilitas pasar ini nantinya tentu akan menemukan tantangan dan hambatan untuk bisa diterima oleh seluruh pedagang pasar yang menggunakan jasa fasilitas pasar. Tentu kami akan melakukan pendekatan secara persuasif kepada seluruh pedagang, kemudian memberikan bentuk informasi atau surat edaran dalam bentuk media cetak maupun elektronik secara keseluruhan,” paparnya.

Rencana kebijakan kenaikan tarif ini sendiri menjadi pertimbangan karena tarif jasa layanan fasilitas pasar ini sudah lama tidak dinaikkan, sehingga dengan adanya rencana kebijakan tersebut, seluruh pedagang diminta agar bisa menerima dan mengerti kebijakan karena bertujuan demi kenyamanan bersama.

IMG 20201218 WA0023

Sebelumnya Ketua Komisi II DPRD Banjar, Pribadi Heru Jaya beberapa waktu yang lalu mengungkapkan Komisi II dan eksekutif telah menyepakati besaran setoran PD PBB ke pemerintah daerah pada tahun 2021 mendatang. 

“Kita sepakati dalam rapat bersama eksekutif bahwa PD pasar menjanjikan setoran PAD sebesar 2 miliar rupiah,” ungkapnya.

Setoran PD PBB untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada tahun anggaran 2021 ini lanjutnya diambil karena pihaknya ingin memberikan yang terbaik bagi daerah.

Keberanian PD Pasar untuk menetapkan target 2 miliar rupiah ini kata Heru patut diapresiasi oleh semua pihak.

“Saat ini PD Pasar sudah berani mematok setoran sebesar 2 miliar, walaupun kita tahu memang PD Pasar banyak dibebani aset yang tak produktif sehingga menimbulkan biaya tinggi, itu yang perlu kita benahi dulu,” jelasnya.

WhatsApp Image 2021 07 19 at 17.07.44

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Pemerintah Gulirkan Subsidi Untuk Pekerja, Ini Syaratnya

REDAKSI8.COM - Pemerintah memastikan akan mengeluarkan kebijakan pemberian bantuan pemerintah berupa subsidi gaji/upah bagi pekerja/buruh (BSU) di tahun 2021.Bantuan ini diharapkan dapat mencegah...

Mengolah Tanah Rawa Jadi Media Tanam

Usaha jual media tanam yang dilakukan warga Desa Gudang Tengah Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar ini terbilang cukup unik.Hanya dengan mengolah campuran tanah rawa...

Kamu mungkin juga suka

Bupati Banjar Audiensi Dengan FAD Banjar

Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Banjar didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Banjar Hj Siti Hamidah...

Lapas Karang Intan Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, salurkan bantuan paket sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 yang berada di sekitar Lapas Narkotika Karang Intan,...

Infodemik Tak Kalah Bahaya Dari Covid-19

Organisasi Kesehatan Dunia WHO telah memunculkan istilah Infodemi yang menggambarkan persebaran Hoax berkaitan dengan Pandemi Covid-19, Infodemi itu telah menjadi masalah baru bagi dunia...

Masyarakat Kabupaten Banjar 40 Persennya Belum Tercover BPJS Kesehatan

Bupati Banjar, Saidi Mansyur terima audiensi rombongan BPJS Kesehatan Kalimantan Selatan di Mahligai Sultan Adam Martapura pada Rabu (28/7/2021).Didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr. Diauddin,...