Beranda Ekonomi Target Setoran 2 Miliar...

Target Setoran 2 Miliar Ke Daerah, PD Pasar Rencanakan Kenaikan Tarif

Terbaru

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banjar pada akhir November 2020 yang lalu telah menyepakati Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2021.

Dari sektor pendapatan daerah, salah satu yang digenjot adalah setoran perusahaan daerah pada pemerintah daerah, diantaranya adalah setoran Perusahaan Daerah Pasar Bauntung Batuah (PD PBB) Martapura yang dipatok sebesar 2 Miliar Rupiah. 

Dirut PD. PBB Rusdiansyah melalui Humas PD. PBB Martapura, Gusti Andre saat ditemui di kantor PD PBB Martapura pada Kamis (17/12/2020) mengatakan pihaknya optimis untuk mampu meningkatkan menyumbang pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi daerah Kabupaten Banjar walaupun pandemi Covid-19 belum berakhir.

IMG 20201218 WA0031

“Di tahun 2019 PD Pasar Bauntung Batuah telah berhasil menyumbang PAD sekitar 750 juta rupiah pada saat sebelum terjadinya pandemi Covid-19,” katanya.

WhatsApp Image 2021 03 25 at 09.21.53

Untuk mencapai target di 2021 mendatang, PD PBB sedang intensif melakukan rapat internal mengenai evaluasi, strategi dan rancangan untuk mencapai target-target yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Insya Allah target 2 milyar rupiah di tahun yang akan datang itu bisa kita capai. Kita sendiri saat ini mampu usahakan 1,6 milyar rupiah. Akan tetapi direksi dan badan pengawas sedang intensif melakukan rapat untuk merumuskan formula-formula dan strategi-strategi yang tepat untuk mencapai target yang diharapkan oleh pemerintah daerah di tahun 2021 nanti. Untuk mewujudkan hal tersebut perlu dukungan semua pihak,” jelasnya.

Untuk mencapai target tersebut, salah satu strategi yang diambil PD Pasar menurut Andre adalah dengan menaikkan tarif untuk jasa layanan fasilitas pasar di tahun 2021.

Strategi yang mungkin akan dilakukan juga yaitu dengan pasar area I sampai IV akan dimaksimalkan serta pemerataan kenaikan tarif layanan fasilitas pasar demi tercapainya target tersebut.

“Dalam penerapan pemerataan kenaikan tarif jasa pelayanan fasilitas pasar ini nantinya tentu akan menemukan tantangan dan hambatan untuk bisa diterima oleh seluruh pedagang pasar yang menggunakan jasa fasilitas pasar. Tentu kami akan melakukan pendekatan secara persuasif kepada seluruh pedagang, kemudian memberikan bentuk informasi atau surat edaran dalam bentuk media cetak maupun elektronik secara keseluruhan,” paparnya.

Rencana kebijakan kenaikan tarif ini sendiri menjadi pertimbangan karena tarif jasa layanan fasilitas pasar ini sudah lama tidak dinaikkan, sehingga dengan adanya rencana kebijakan tersebut, seluruh pedagang diminta agar bisa menerima dan mengerti kebijakan karena bertujuan demi kenyamanan bersama.

IMG 20201218 WA0023

Sebelumnya Ketua Komisi II DPRD Banjar, Pribadi Heru Jaya beberapa waktu yang lalu mengungkapkan Komisi II dan eksekutif telah menyepakati besaran setoran PD PBB ke pemerintah daerah pada tahun 2021 mendatang. 

“Kita sepakati dalam rapat bersama eksekutif bahwa PD pasar menjanjikan setoran PAD sebesar 2 miliar rupiah,” ungkapnya.

Setoran PD PBB untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada tahun anggaran 2021 ini lanjutnya diambil karena pihaknya ingin memberikan yang terbaik bagi daerah.

Keberanian PD Pasar untuk menetapkan target 2 miliar rupiah ini kata Heru patut diapresiasi oleh semua pihak.

“Saat ini PD Pasar sudah berani mematok setoran sebesar 2 miliar, walaupun kita tahu memang PD Pasar banyak dibebani aset yang tak produktif sehingga menimbulkan biaya tinggi, itu yang perlu kita benahi dulu,” jelasnya.

WhatsApp Image 2021 03 25 at 09.21.53

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Kerajinan Lokal Kampung Purun Banjarbaru, Tembus Pasar Internasional

Keseriusan pemerintah kota Banjarbaru dalam mengembangkan kerajinan lokal berbahan purun kini semakin berkembang, bahkan pemasaran mencapai tingkat nasional bahkan internasional.Produk kerajinan purun yang dicanangkan sebagai bahan pengganti...

Guru Di Banjar: Kami Ini Pendidik Kenapa Dianak Tirikan

Sebagian Besar Guru tingkat Sekolah Dasar(SD) dan tingkat Sekolah Menengah Pertama(SMP) yang ada di Kabupaten Banjar mengeluhkan Perbedaan antara Kabupaten Banjar dengan Daerah lainnya di Kalimantan...

Kamu mungkin juga suka

Pembentukan Pansus LKPJ 2020, 15 Perwakilan Anggota Dipilih

Menindaklanjuti Penyampaian Laporan Kinerja Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Banjar Tahun Anggaran 2020, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Banjar menggelar rapat pembentukan panitia khusus LKPJ Bupati...

Pasang Spanduk Dibeberapa Titik, Aidil Bashit Tegaskan Perda Ramadhan

Setelah sebelumnya memberikan sosialisasi Perda Ramadhan di beberapa majelis ta'lim di Kota Martapura, kali ini Plt Kasatpol PP Banjar H. M. Aidil Basith memimpin...

Amankan Pelaku Tindak Narkotika, Personil Sat Lantas Terima Penghargaan

Berhasil mengamankan pelaku tindak pidana Narkotika, Personil Satuan Lalu Lintas Polres Banjar, Unit Turjawali, mendapatkan reward dari Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel, Kombes Pol...

Barang Bukti Ratusan Juta Dimusnakhan

Pemusnahan barang bukti bernilai Rp. 138 juta rupiah digelar Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Banjar, di halaman kantor Kejari Kabupaten Banjar pada Senin (12/4/2021) pagi.Kepala...