Beranda Habar Banjar WHO Perbarui Pedoman Klinis...

WHO Perbarui Pedoman Klinis Covid-19, Dinkes Banjar Tetap Ikuti Pedoman Pusat

Terbaru

Pembaruan pedoman klinis penanganan kasus Covid-19 diperbaharui World Health Organization (WHO) beberapa waktu yang lalu.

Berdasarkan laman resmi WHO dijelaskan bahwa temuan baru pasien yang sudah tidak memiliki gejala lagi mungkin masih menunjukan hasil positif saat di tes swab selama beberapa minggu.

Namun lanjut WHO, pasien tersebut memiliki kemungkinan rendah untuk menularkan virus corona ke orang lain, sehingga dapat dipulangkan setelah melewati isolasi pada jangka waktu tertentu.

Untuk pasien dengan gejala dapat dipulangkan 10 hari setelah menunjukkan gejala, ditambah minimal 3 hari tanpa gejala seperti demam dan gejala pernapasan, sedangkan untuk pasien tanpa gejala bisa pulang 10 hari setelah hasil tes positif.

WhatsApp Image 2021 03 25 at 09.21.53

Pasien Covid-19 lanjut WHO bisa dikeluarkan dari isolasi rumah sakit tanpa harus melakukan pengujian ulang dengan tes swab seperti sebelumnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banjar, dr. Diauddin saat ditemui beberapa waktu yang lalu mengatakan pihaknya masih menggunakan pedoman dari pusat.

“Hingga saat ini pedoman pusat belum ada perubahan menyesuaikan dengan pedoman dari WHO yang terbaru,” ujarnya.

Karena itu, Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Banjar ini menyatakan pedoman baru dari WHO tersebut belum bisa dipakai di Indonesia.

“Kalau kita mau menerapkan pedoman tersebut di daerah sendiri juga masih sulit, kita tak bisa berdiri sendiri karena harus berkaitan dengan pemerintah provinsi. Apalagi sekarang strategi penanganan Covid-19 dipusatkan di provinsi,” terang Diauddin.

Karena itu Gugus Tugas di Kabupaten/Kota tidak bisa lagi melakukan strategi penanganan sendiri-sendiri, harus mengikuti kebijakan dari Provinsi.

Untuk melakukan tes massal di masyarakat sebanyak 10 persen dari jumlah penduduk sebagai syarat penerapan New Normal pun agak sulit dilakukan karena tes swab dikatakan cukup mahal oleh Pemerintah Provinsi.

“Untung saat ini sudah ada penambahan alat PCR untuk menguji hasil swab sehingga antrian yang tertumpuk hingga ribuan sampel sudah bisa dikerjakan. Sekarang alat PCR di provinsi sudah mampu melakukan tes hingga 500 sampel setiap hari,” tambahnya.

WhatsApp Image 2021 03 25 at 09.21.53

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Guru Di Banjar: Kami Ini Pendidik Kenapa Dianak Tirikan

Sebagian Besar Guru tingkat Sekolah Dasar(SD) dan tingkat Sekolah Menengah Pertama(SMP) yang ada di Kabupaten Banjar mengeluhkan Perbedaan antara Kabupaten Banjar dengan Daerah lainnya di Kalimantan...

Kerajinan Lokal Kampung Purun Banjarbaru, Tembus Pasar Internasional

Keseriusan pemerintah kota Banjarbaru dalam mengembangkan kerajinan lokal berbahan purun kini semakin berkembang, bahkan pemasaran mencapai tingkat nasional bahkan internasional.Produk kerajinan purun yang dicanangkan sebagai bahan pengganti...

Kamu mungkin juga suka

Pembentukan Pansus LKPJ 2020, 15 Perwakilan Anggota Dipilih

Menindaklanjuti Penyampaian Laporan Kinerja Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Banjar Tahun Anggaran 2020, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Banjar menggelar rapat pembentukan panitia khusus LKPJ Bupati...

Pasang Spanduk Dibeberapa Titik, Aidil Bashit Tegaskan Perda Ramadhan

Setelah sebelumnya memberikan sosialisasi Perda Ramadhan di beberapa majelis ta'lim di Kota Martapura, kali ini Plt Kasatpol PP Banjar H. M. Aidil Basith memimpin...

Amankan Pelaku Tindak Narkotika, Personil Sat Lantas Terima Penghargaan

Berhasil mengamankan pelaku tindak pidana Narkotika, Personil Satuan Lalu Lintas Polres Banjar, Unit Turjawali, mendapatkan reward dari Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel, Kombes Pol...

Barang Bukti Ratusan Juta Dimusnakhan

Pemusnahan barang bukti bernilai Rp. 138 juta rupiah digelar Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Banjar, di halaman kantor Kejari Kabupaten Banjar pada Senin (12/4/2021) pagi.Kepala...