KORAN ONLINE PUASA Saidi scaled 1
Beranda Habar Banjar Workshop Satu Data Statistik...

Workshop Satu Data Statistik Sektoral Di Gelar DKISP Banjar

Terbaru

Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar (DKISP) menggelar workshop satu data sektoral. Kegiatan dibuka oleh Kepala DKISP Kabupaten Banjar HM Aidil Basith di Aula Barakat Setda Banjar, Kamis (10/6/2021).

Workshop Satu Data Statistik Sektoral Kabupaten Banjar dengan tema “Mari Kita Wujudkan Satu Data Kabupaten Banjar tersebut diikuti oleh seluruh perwakilan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar.

Satu Data Kabupaten Banjar merupakan kebijakan untuk mewujudkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, terintegrasi, dan dapat diakses oleh pengguna data.

IMG 20210610 WA0009

Kepala DKISP Kabupaten Banjar HM. Aidil Basith mengatakan tujuan dari Workshop Satu Data Statistik Sektoral yaitu memberikan panduan kepada pengelola data dari masing-masing SKPD, dalam melaksanakan tugasnya mengiput data sektoral masing-masing di aplikasi yang disiapkan.

KORAN ONLINE PUASA Saidi scaled 1

Keberhasilan pembangunan daerah memiliki indikator antara lain kondisi data statistik sektoral yang merupakan acuan pengambilan kebijakan dalam pembangunan, dengan tujuan akhir meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Alhamdulillah pada hari ini, kami membuka Workshop Satu Data Statistik Sektoral  bagi pengelola satu data di semua SKPD di Kabupaten Banjar. Tujuannya adalah para peserta nanti bisa menginput data masing-masing SKPD ke data kita di portal Satu Data,” jelasnya.

IMG 20210610 WA0004

Dikatakan, pentingnya data yang pasti, terintegrasi dan berkesinambungan sebagai bahan bagi pimpinan daerah dalam mengambil keputusan. 

“Keputusan akan salah apabila data salah, keputusan akan lemah apabila datanya kurang,” imbuh Basith.

Untuk itu, Basith meminta agar para peserta workshop betul-betul menyimak dan memperhatikan materi yang disampaikan oleh narasumber, sehingga bisa mengimplementasikannya untuk menginput data di SKPD masing-masing.

“Kita semua berharap, dengan kegiatan ini semua SKPD dapat menginput data secara berkala dan pada akhirnya kita akan bisa mewujudkan Satu Data Kabupaten Banjar,” tambahnya. 

IMG 20210610 WA0008

Workshop menghadirkan narasumber Koordinator Fungsional Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik (IPDS) Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Banjar Ar Rahman Adnani dan Analis Sistem Informasi DKISP Kabupaten Banjar M. Ali Hanafiah.

Peserta juga diajak untuk berdiskusi terkait materi, dengan moderator Kepala Bidang Statistik dan Persandian DKISP Kabupaten Banjar H. Akhmad Syarwani.

Pada workshop juga diserahkan surat keputusan Bupati Banjar tentang Pembentukan Tim Pengelola Data Statistik Sektoral di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar. 

“Tim Pengelola yang berasal dari masing-masing SKPD ini akan melakukan pengelolaan data secara berkelanjutan yang akan mencapai keterpaduan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan antara pemerintah pusat dan daerah,” jelas Akhmad Syarwani didampingi Kasi Statistik, H. Rudi Ramadhani.

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Warga Datangi DPRD Balangan, Izin Pertambangan Pasir Dipertanyakan

Masyarakat Desa Badalungga dan Baramban Kecamatan Awayan datangi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan untuk pertanyakan izin galian C dari pertambangan pasir...

Kasur Kapuk Di Martapura Tidak Ada Pematinya

Ditengah persaingan pasar khususnya produk kasur modern, Kasur kapuk ternyata masih diminati masyarakat di Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Hal ini terbukti, masih eksisnya perajin...

Kamu mungkin juga suka

Waspada ! Seminggu 2 Kejadian, Maling Beroperasi di Masjid Al Karomah

Warga Desa Sungai Tabuk Keramat, Kecamatan Sungai Tabuk, sempat kaget lantaran usai salat zuhur didapati tas punggung miliknya sudah raib, Kamis (17/06/2021) Siang.Setelah diusut...

Di Duga Melanggar Aturan, Kabag Hukum : Nanti Kami Pelajari Dulu

Sebanyak ratusan unit rumah ber IMB yang berdiri di wilayah Kota Banjarbaru diduga masuk dalam wilayah konsesi milik Pertambangan terlebih Pertambangan tersebut masih Aktif.Sementara...

Plt Kadisdik Banjar Bantah Isu

Beredar isu pembagian proyek harus melalui "satu pintu" belakangan ini di lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar.Hal itu tentu membuat sebagian kalangan kontraktor di Kabupaten Banjar...

Ketua TP PKK Banjar Inginkan Sinergitas BPD dan Aparatur Desa Terjalin...

Demi mencapai Sinergitas Program Gerakan Bina Masyarakat Desa Berkualitas dan Unggul Demi Mewujudkan Kabupaten Banjar Maju Mandiri dan Agamis (GITAKU  MANIS), Pemerintah Kabupaten Banjar...