KORAN ONLINE PUASA Saidi scaled 1
Beranda Habar Banjarbaru Angka Persalinan Di RSDI...

Angka Persalinan Di RSDI Banjarbaru Selama Pandemi Covid-19

Terbaru

Angka persalinan selama masa pandemi pada tahun 2020 tadi, disebutkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengalami kenaikan hingga 10%.

Kenaikan dengan kisaran 400-500 persalinan tersebut menambah angka kelahiran bayi yang biasanya terdapat 4-5 juta dalam setahun.

Penyebab kenaikan angka persalinan ini disinyalir akibat putusnya penggunaan alat kontrasepsi, karena banyaknya masyarakat yang enggan dan takut pergi ke fasilitas kesehatan untuk memasang aseptor. 

Akan tetapi, peningkatan angka persalinan untuk tingkat nasional tersebut tidak serta merta turut naik di setiap daerah. Data di Rumah Sakit Daerah Idaman(RSDI) Kota Banjarbaru terlebih di periode bulan Mei-Agustus 2020 justru mengalami penurunan.

KORAN ONLINE PUASA Saidi scaled 1

Pada Januari hingga April 2020 rata-rata persalinan ada di angka 80-100 kelahiran, sementara bulan berikutnya yakni Mei 89 kelahiran, Juni 49, Juli 45 dan Agustus 27.Sedangkan September hingga Desember relatif turun-naik.

Memasuki tahun 2021 angka kelahiran di RSDI  Banjarbaru mulai kembali mengalami kenaikan di angka 74 persalinan, namun bulan berikutnya yakni Februari kembali turun drastis dengan 27 kelahiran,dan pada Maret justru melonjak signifikan dengan capaian angka kelahiran ada 118 persalinan dengan dominasi sistem normal.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K), mengatakan bahwa pihaknya saat ini telah bekerjasama dengan pihak swasta untuk membantu pencapaian family planning.

Daerah intervensi yang dipilih juga sesuai dengan target BKKBN dalam menurunkan Total Fertility Rate (TFR).

“Untuk mengatasi hambatan akses kontrasepsi yang terjadi selama pandemi, BKKBN melakukan beberapa langkah strategis dan cepat, seperti layanan kontrasepsi bagi satu juta akseptor dari rumah ke rumah di seluruh Indonesia,” sebut Hasto.

Dikatakannya, BKKBN membuat sistem informasi secara masif dengan menggunakan multi-level networking mencakup 34 provinsi, 514 kabupaten.

Terdapat 23.400 penyuluh lapangan dan 1,2 juta kader dan menggunakan teknologi digital seperti Klik KB dalam memberikan konseling kontrasepsi.

“Selama masa pandemi Covid-19 terjadi penurunan akses terhadap layanan fasilitas kesehatan. Hal yang harus kita cermati terkait kondisi ini yaitu dampak terdekatnya, terjadinya kehamilan yang tidak direncanakan yang presentasinya hampir mencapai 17,5%,” paparnya.

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Warga Datangi DPRD Balangan, Izin Pertambangan Pasir Dipertanyakan

Masyarakat Desa Badalungga dan Baramban Kecamatan Awayan datangi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan untuk pertanyakan izin galian C dari pertambangan pasir...

Kasur Kapuk Di Martapura Tidak Ada Pematinya

Ditengah persaingan pasar khususnya produk kasur modern, Kasur kapuk ternyata masih diminati masyarakat di Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Hal ini terbukti, masih eksisnya perajin...

Kamu mungkin juga suka

Di Duga Bertabrakan Aturan Hukum, Warga Perumahan Mulai Resah

Sejumlah warga di Kota Banjarbaru mulai resah lantaran pemberitaan terbitnya Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Perumahan di atas lahan konsesi yang diduga berlawanan dengan aturan.Keresahan...

Dugaan Rumah Ber-IMB Di Pertambangan, Menunggu Kadis Perkim

Seperti pemberitaan sebelumnya, dimana Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Kadis Perkim) Kota Banjarbaru, Muriani, menyatakan bahwa bangunan apapun diperbolehkan berdiri di atas lahan konsesi,...

Rumah Ber IMB Di Wilayah Pertambangan? Kadisperkim Lupa

Sebanyak ratusan unit rumah ber IMB yang berdiri di wilayah Kota Banjarbaru di duga masuk dalam wilayah konsesi milik Pertambangan Aktiv.Mengacu pada aturan hukum,...

Apresiasi Kawula Untuk Nakes RSDI Banjarbaru

Para Medis di Rumah Sakit Daerah Idaman(RSDI) Kota Banjarbaru, mendapat bingkisan hari raya dari Komunitas Wuling Banua (Kawula) pada hari raya Idul Fitri 1442...