Beranda Habar Banjarbaru Dishub Banjarbaru Tata Ulang...

Dishub Banjarbaru Tata Ulang Kawasan Murjani

Terbaru

Penataan ulang kawasan lapangan Dr. Murjani Banjarbaru, baik bagian luar maupun dalam lapangan telah dilaksanakan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarbaru, Jumat Malam (16/10/2020).

Aksi nyata Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru yang dikomandoi oleh Kepala Dishub Kota Banjarbaru, Ahmad Yani Makkie ini menurunkan puluhan petugas untuk menata area dan arus lalu lintas di salah satu destinasi wisata ikonik Kota Banjarbaru itu.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru Ahmad Yani Makkie menyampaikan bahwa pihaknya sudah melakukan penataan dan pengawasan, khususnya kepada para juru parkir dan para pengelola perparkiran di Lapangan Dr. Murjani.

IMG 20201017 WA0002

“Dulunya parkir kendaraan roda dua berada di badan jalan utama. Tapi saat ini kami tidak mengizinkan lagi parkir kendaraan roda dua di situ. Jadi lokasi parkir kini kami alihkan ke dalam ruas-ruas jalan kecil atau kantong-kantong parkir yang ada di sekitar Lapangan Dr. Murjani. Ini dilakukan untuk memecah kerumunan,” Jelasnya.

WhatsApp Image 2021 03 25 at 09.21.53

Ia menambahkan bahwa untuk lokasi parkir kendaraan roda empat, dialihkan dan difokuskan ke dalam Lapangan Dr. Murjani yang beraspal. Sedangkan untuk wahana permainan roda empat seperti mobil listrik (odong-odong) yang awalnya beroperasi di dalam Lapangan aspal, kini dialihkan ke luar lapangan aspal dan menggunakan badan jalan utama di sekeliling Lapangan Dr. Murjani.

“Jadi para pemilik wahana permainan roda empat itu stay disana mencari penumpang. Kemudian pengunjung yang menyewa wahana itu bisa berkeliling Lapangan Murjani tanpa harus terganggu dengan adanya parkir-parkir di badan jalan,” tuturnya.

IMG 20201017 WA0005

Sedangkan untuk wahana permainan roda dua dan sebagainya kata Yani Makkie, masih tetap diperbolehkan beroperasi di dalam Lapangan Dr. Murjani yang beraspal. “Jadi antara lokasi parkir kendaraan roda empat dengan arena wahana permainan roda dua itu kami beri pembatas. Kami sesuaikan luasannya,” jelasnya.

Lebih lanjut Yani Makkie menjelaskan, para pedagang kaki lima (PKL) yang tergabung dalam Forum Pedagang Kaki Lima Murjani (Forkamu) juga tak luput dari kegiatan penataan ulang ini. Dari susunan kursi sampai jarak antar meja dan pengunjung diatur sedemikian rupa dalam rangka penerapan protokol kesehatan Covid-19.

“Mulai malam ini, kami akan terus melakukan evaluasi dan perbaikan. Apabila ada kekurangan akan kita perbaiki. Kita lihat malam ini sudah bagus, sudah terlihat lancar, tidak ada lagi parkir di sisi-sisi badan jalan,” ujarnya.

IMG 20201017 WA0000

Kegiatan penataan ulang perparkiran dan arus lalu lintas untuk memecah kerumunan di kawasan Lapangan Dr. Murjani ini menurut Yani Makkie, merupakan salah satu bentuk upaya dari Pemerintah Kota Banjarbaru untuk melandaikan kasus Covid-19 di Kota Banjarbaru, sebagaimana yang diharapkan oleh Pjs WaliKota Banjarbaru, Bernhard E. Rondonuwu beberapa waktu lalu.

“Silakan saja bagi masyarakat yang ingin bersantai atau berbelanja ke Lapangan Murjani, kita tidak melarang, kita hanya ingin memecah kerumunan saja dalam rangka penerapan protokol kesehatan Covid-19,” demikian Yani Makkie.

WhatsApp Image 2021 03 25 at 09.21.53

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Guru Di Banjar: Kami Ini Pendidik Kenapa Dianak Tirikan

Sebagian Besar Guru tingkat Sekolah Dasar(SD) dan tingkat Sekolah Menengah Pertama(SMP) yang ada di Kabupaten Banjar mengeluhkan Perbedaan antara Kabupaten Banjar dengan Daerah lainnya di Kalimantan...

Kerajinan Lokal Kampung Purun Banjarbaru, Tembus Pasar Internasional

Keseriusan pemerintah kota Banjarbaru dalam mengembangkan kerajinan lokal berbahan purun kini semakin berkembang, bahkan pemasaran mencapai tingkat nasional bahkan internasional.Produk kerajinan purun yang dicanangkan sebagai bahan pengganti...

Kamu mungkin juga suka

Langkah Mitigasi Banjir, Pemko Banjarbaru Rencanakan Pembangunan Embung

Tiga titik lokasi Bekas lahan galian tambang PT. Galuh Cempaka dicanangkan sebagai embung guna mitigasi penanggulangan banjir di Kota Banjarbaru.Sebanyak 3 titik lokasi diantaranya,...

Giat Razia Serentak, Tiga Buah Handphone dan Puluhan Benda Tajam Ditemukan

Giat Razia Serentak dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-57 digelar Lapas Kelas IIB Banjarbaru, Kamis (08/04/2021) malam.Sebanyak 42 petugas gabungan dari, Polsek Cempaka,...

Dewan Pengawas RSDI Dilantik, Ketua : Kita Canangkan Layanan Unggulan

Dewan Pengawas (Dewas) Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru Periode 2021-2024 dilantik Walikota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin, Rabu (07/04/2021) Pagi.Ketiga Dewas yang dilantik tersebut...

Gagal Berangkat, 48 Kafilah MTQ Banjarbaru Terkonfirmasi Positif Covid-19

Sebanyak 48 kafilah MTQ Kota Banjarbaru yang akan mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan ke-33 di Kabupaten Tanah Bumbu dipastikan...