Beranda Habar Banjarbaru Kini Langka, Seberapa Bermanfaatkah...

Kini Langka, Seberapa Bermanfaatkah Susus Beruang ?

Terbaru

Minuman kaleng bermerk Susu Beruang dan C 1.000 sudah sangat langka ditemukan di kawasan perkotaan khususnya Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Sejak masuknya varian baru covid-19, Delta, kedua minuman kaleng dengan kandungan asupan nutrisi yang cukup baik itu banyak diborong masyarakat hingga stok persediannya menipis.

Ketika mencoba mendatangi beberapa kios, toko dan ritel Modern yang berlokasi di Kelurahan Sungai Besar Kota Banjarbaru, tidak satupun ditemukan sudu beruang dan C 1.000.

Pemilik kios, Mawar, bukan nama sebenarnya mengaku, sudah berminggu-minggu dirinya sudah tidak menjual kedua minuman kaleng tersebut.

habarkalimantan

Apalagi semenjak masuknya varian delta covid-19 di Indonesia, di seluruh pasar dan toko ritel modern di Banjarbaru sudah tidak menjual susu beruang dan C 1.000.

“Sudah lama disini tidak menjual itu (Susu beruang dan C 1.000 <–red),” ucap Mawar ketika ditanya pewarta ini, Jumat (6/8) Siang.

Senada, penjaga ritel modern di pinggiran jalan Trikora mengaku telah lama kosong stok minuman kaleng Susu Beruang dan C 1.000.

“Ia mas masih kosong,” ujarnya.

Kelangkaan minuman ini terjadi tidak hanya di Kota Banjarbaru saja, namun hampir di Indonesia stoknya telah habis. Pada fase lonjakan pertama kasus pandemi di tahun 2020 lalu pun fenomena ini sempat heboh di kalangan masyarakat Indonesia.

Lantas, apa saja manfaat dan kandungan yang ada dalam minuman tersebut sehingga akhir-akhir ini begitu sulit di temukan?

Dilansir dari instagram @gizipedia.id dijelaskan bahwa susu beruang mengandung gizi yang sama dengan susu sapi pada umumnya. “Dari nilai gizi, tidak ada hal yang superior dari susu beruang ini. Sama seperti susu sapi pada umumnya,” tulis postingan pada 4 Juli 2021 ini. Sa

Susu beruang mengandung lemak, protein, karbohidrat dan natrium. Susu beruang juga mengandung berbagai vitamin. Dalam satu kaleng susu beruang berisi 189 ml mengandung 7 gr lemak total yang terdiri dari kolesterol dan lemak jenuh. Kemudian ada 6 gr protein, 9 gr karbohidrat dan 95 mg natrium.

  1. Nilai gizi susu murni
    Jika dibandingkan dengan susu sapi murni, kandungannya juga tak kalah lengkap. Segelas susu sapi murni setidaknya mengandung 150 kalori, 8 gr protein, 280 mg kalsium dan 98 IU vitamin D.

Susu sapi murni mengandung protein berkualitas dan energi dalam bentuk lemak jenuh. Konsumsi susu sapi murni secara rutin bisa memberikan dampak positif pada kesehatan. Beberapa diantaranya yakni meningkatkan kekuatan tulang, mengontrol massa otot, meningkatkan sistem imun dalam tubuh dan juga menjaga kebugaran tubuh.

  1. Susu beruang diproses secara steril
    Susu beruang termasuk jenis susu steril, dalam kemasannya pun tertera tulisan ‘susu steril’. Proses pengemasan susu inilah yang menjadikan susu beruang mendapat label susu steril.

Sebelum dikemas, susu steril dipanaskan dalam suhu 100 derajat celsius selama 30 menit. Ketika sudah dikemas dalam kaleng, susu ini juga disterilkan kembali. Itulah alasan yang membuat susu jenis ini dikemas menggunakan kaleng, bukan karton ataupun botol plastik.

Berbeda dengan susu pasteusisasi, susu steril bisa disimpan dalam suhu ruang. Biasanya juga susu ini tidak mengalami penambahan zat pengawet.

WhatsApp Image 2021 07 19 at 17.07.44

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Desa Paran Penghasil Ikan Besar Air Tawar di Balangan.

Balangan - Sempat viral, pemancing asal Desa Paran Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan dapat menaklukan ikan tapah yang di perkirakan memiliki bobot 25 kilogram dengan...

Gerombolan Monyet Ekor Panjang Teror Warga Komplek

Martapura - Warga Komplek Graha Anjungan Mahatama, Desa Cindai Alus, Kabupaten Banjar diteror dengan kehadiran gerombolan monyet ekor panjang yang kerap masuk ke perumahan...

Kamu mungkin juga suka

Batalyon Sanika Satyawada Gelar Vaksinasi Massal Gratis dan Bakti Sosial

Banjarbaru - Dengan mengambil tema "Berbagi Senyum Untuk Negeri" Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) Angkatan 2000 Batalyon Sanika Satyawada melaksanakan vaksinasi massal gratis kepada masyarakat...

41 dari 527 Balita Desa Dirgahayu Alami Stunting, Pjs Camat :...

Kotabaru - Pemerintahan Desa Dirgahayu menyelenggarakan kegiatan rembuk stunting dalam rangka percepatan penurunan angka stunting dalam kondisi pandemi Covid - 19 bertempat di aula...

Proklamasi Kemerdekaan RI, 900 Warga Binaan Lapas Kelas IIB Banjarbaru Mendapat...

Banjarbaru - Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Banjarbaru turut melaksanakan penyerahan remisi dalam memperingati Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 secara serentak di seluruh Lembaga...

Sempat Alami Kelangkaan, RSUD Balangan Terima 50 Tabung Oksigen

Balangan - Kelangkaan oksigen yang terjadi berdampak hampir keseluruh wilayah di Indonesia, tidak terkecuali Kabupaten Balangan, setidaknya dalam dua minggu terakhir Balangan mengalami...