Beranda Habar Banjarbaru Survei Elektabilitas Calon Walikota-Wakil...

Survei Elektabilitas Calon Walikota-Wakil Walikota Banjarbaru

Terbaru

Iklan untuk Habar kalimantan
Banner Ucapan Selamat Saidi

Lembaga Survei Charta Politika Indonesia Kota Banjarbaru rilis hasil survei Elektabilitas Calon Walikota-Wakil Walikota Banjarbaru 2020 pada Rabu (21/10).

Dalam Press Releasenya, Charta Politika Indonesia memaparkan pihaknya menyelenggarakan survei preferensi politik masyarakat Kota Banjarbaru menjelang pelaksanaan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Banjarbaru pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

Pengumpulan data sendiri dilakukan pada tanggal 8-13 Oktober 2020 yang lalu melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terstruktur dengan jumlah sampel sebanyak 440 responden yang tersebar di 5 kecamatan di Kota Banjarbaru.

IMG 20201022 103319

Dalam survei ini yang menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error ± (4,8%) pada tingkat kepercayaan 95% ini, Charta Politika menemukan beberapa temuan menarik.

ucapan Syamsudinoor Ketua DPC Partai Demokrat balangan

Kepala Desa Balida Balangan

Pada temuan pertama, Charta Politika menemukan bahwa masyarakat Banjarbaru secara umum sudah mengenal calon kepala daerah yang berkompetisi di Kota Banjarbaru, baik pada kategori Calon Walikota maupun Wakil Walikota yang masing-masing sudah memiliki tingkat pengenalan di atas 60%.

Nama calon Wakil Wali Kota Banjarbaru, Darmawan Jaya Setiawan menempati urutan pertama dengan tingkat pengenalan di masyarakat sebesar 98% dan tingkat kesukaan 98,6%, disusul pasangannya yakni Calon Wali Kota Banjarbaru, Martinus dengan tingkat pengenalan 85,9% dan tingkat kesukaan 98,7%.

IMG 20201022 103304

Sementara urutan ketiga ditempati calon Wali Kota Banjarbaru, Gusti Iskandar dan urutan keempat ditempati calon Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Arifin. Kemudian urutan ke lima ada calon Wakil Wali Kota Banjarbaru, AR Iwansyah dan posisi paling buncit yaitu calon Wakil Wali Kota Banjarbaru, Wartono.

Tak jauh beda, elektabilitas tertinggi pun diraih pasangan Martinus – Darmawan Jaya Setiawan, baik elektabilitas secara perseorangan maupun elektabilitas pasangan.

Besar elektabilitas pasangan ini sendiri berada diatas 40%, jauh berada diatas dibandingkan elektabilitas pasangan lain yang baik secara perorangan maupun berpasangan tidak lebih dari 16%.

IMG 20201022 103334

Awareness atau pengetahuan publik di Banjarbaru atas pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020 mendatang sudah sangat merata sebesar 90%, dengan antusiasme masyarakat mengikuti Pilkada yang cukup tinggi, yakni sebesar 84,1%.

Tingginya elektabilitas pasangan Martinus – Darmawan Jaya Setiawan sendiri diakibatkan kepuasan masyarakat atas kinerja pemerintah Kota Banjarbaru selama dibawah kepemimpinan duet (alm) Nadjmi Adhani – Darmawan Jaya Setiawan sebesar 82,5%.

Hal ini tercermin pula dengan tingkat kepuasan masyarakat atas kinerja Darmawan Jaya Setiawan sebagai Wakil Wali Kota Banjarbaru selama periode ini sebesar 85%.

Kepuasan masyarakat yang cukup tinggi ini sendiri didapatkan karena 65,9% responden merasakan adanya perubahan di Kota Banjarbaru selama kepemimpinan duet Nadjmi – Jaya, dimana perubahan tersebut dirasakan pada pembangunan jalan/jalan tidak berlubang sebesar 44,1% dan kemudahan mengurus administrasi di kecamatan dan kelurahan sebesar 20,7%.

Banner Ucapan Selamat Saidi

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Kasur Kapuk Di Martapura Tidak Ada Pematinya

Ditengah persaingan pasar khususnya produk kasur modern, Kasur kapuk ternyata masih diminati masyarakat di Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Hal ini terbukti, masih eksisnya perajin...
00:02:09

HAUL KE-15 GURU SEKUMPUL

Haul ke-15 Ulama Kharismatik asal Martapura Kabupaten Banjar, KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul, diperkirakan dihadiri tidak kurang dari 2...

Kamu mungkin juga suka

Diduga Melakukan Aksi Balap Liar 30 Unit Roda 2 Diamankan Sat...

Aksi balap liar di wilayah perkantoran Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali marak belakangan ini.Dari hasil laporan warga melalui aplikasi "Cangkal" Sat...

Vaksinasi Tahap Kedua, Pejabat Eselon II, III dan IV Kota Banjarbaru...

Program Vaksinasi Pemerintah Pusat melalui Dinas kesehatan Kabupaten/Kota dalam rangka penanggulangan Covid-19 kini berlanjut, setelah pada tahap pertama yang menyasar kepada para tenaga medis,...

Kepala Sekolah Se Kota Banjarbaru Divaksin Pekan Depan

Pekan depan, sebanyak 70 Kepala Sekolah baik tingkat Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Banjarbaru akan melakukan vaksinasi covid-19 di...

Tekanan Darah Tinggi, Ini Yang Dilakukan Pihak RSDI Kota Banjarbaru Sebelum...

Sebagai salah satu syarat sebelum melakukan vaksin covid-19 di Rumah Sakit Daerah Idaman (RSDI) Kota Banjarbaru, para pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) Eselon II,...