Beranda Habar Banjarbaru Survei Elektabilitas Calon Walikota-Wakil...

Survei Elektabilitas Calon Walikota-Wakil Walikota Banjarbaru

Sirup Kayu Manis 1

Terbaru

Warga dan Pedagang PPS Sampaikan Aspirasi Pada Pasangan Manis

Relawan Perempuan Manis (RPM) dari Pasangan Calon Bupati Banjar - Wakil Bupati Banjar nomor urut 01, H Saidi Mansyur dan Habib Idrus...

Bawaslu Dalami Iklan Paslon ke Ahli Pidana

Penayangan iklan Pasangan Calon(Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Banjar di media massa cetak yang difasilitasi oleh Komisi Pemilihan Umum(KPU) Banjar, dipertanyakan warga.

Hari Pertama Beroperasi, Bioskop Cinepolis Q Mall Dipantau

Pejabat Sementara(Pjs) Walikota Banjarbaru Bernhard E. Rondonuwu, memantau hari pertama beroperasinya kembali Bioskop Cinepolis di Q Mall,Jum'at (4/12/2020).Pemantauan...

Targetkan Pelayanan Prima, Puluhan Karyawan RSUD Ratu Zalecha Ikuti Workshop Service...

Guna memberikan pelayanan prima kepada pasiennya, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Zalecha Martapura menyelenggarakan Workshop Service Excellent karyawannya, disalah satu hotel...

Gelar Syukuran Atas Prestasi, Ketua IPQAH Banjar : Semoga Generasi Qur’ani...

Ikatan Persaudaraan Qori-Qoriah dan Hafidz-Hafidzah (IPQAH) Kabupaten Banjar menggelar syukuran atas prestasi para khalifahnya yang sukses meraih juara umum pada pelaksanaan Musabaqah...

Lembaga Survei Charta Politika Indonesia Kota Banjarbaru rilis hasil survei Elektabilitas Calon Walikota-Wakil Walikota Banjarbaru 2020 pada Rabu (21/10).

Dalam Press Releasenya, Charta Politika Indonesia memaparkan pihaknya menyelenggarakan survei preferensi politik masyarakat Kota Banjarbaru menjelang pelaksanaan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Banjarbaru pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

Pengumpulan data sendiri dilakukan pada tanggal 8-13 Oktober 2020 yang lalu melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terstruktur dengan jumlah sampel sebanyak 440 responden yang tersebar di 5 kecamatan di Kota Banjarbaru.

IMG 20201022 103319

Dalam survei ini yang menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error ± (4,8%) pada tingkat kepercayaan 95% ini, Charta Politika menemukan beberapa temuan menarik.

Pada temuan pertama, Charta Politika menemukan bahwa masyarakat Banjarbaru secara umum sudah mengenal calon kepala daerah yang berkompetisi di Kota Banjarbaru, baik pada kategori Calon Walikota maupun Wakil Walikota yang masing-masing sudah memiliki tingkat pengenalan di atas 60%.

Nama calon Wakil Wali Kota Banjarbaru, Darmawan Jaya Setiawan menempati urutan pertama dengan tingkat pengenalan di masyarakat sebesar 98% dan tingkat kesukaan 98,6%, disusul pasangannya yakni Calon Wali Kota Banjarbaru, Martinus dengan tingkat pengenalan 85,9% dan tingkat kesukaan 98,7%.

IMG 20201022 103304

Sementara urutan ketiga ditempati calon Wali Kota Banjarbaru, Gusti Iskandar dan urutan keempat ditempati calon Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Arifin. Kemudian urutan ke lima ada calon Wakil Wali Kota Banjarbaru, AR Iwansyah dan posisi paling buncit yaitu calon Wakil Wali Kota Banjarbaru, Wartono.

Tak jauh beda, elektabilitas tertinggi pun diraih pasangan Martinus – Darmawan Jaya Setiawan, baik elektabilitas secara perseorangan maupun elektabilitas pasangan.

Besar elektabilitas pasangan ini sendiri berada diatas 40%, jauh berada diatas dibandingkan elektabilitas pasangan lain yang baik secara perorangan maupun berpasangan tidak lebih dari 16%.

IMG 20201022 103334

Awareness atau pengetahuan publik di Banjarbaru atas pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020 mendatang sudah sangat merata sebesar 90%, dengan antusiasme masyarakat mengikuti Pilkada yang cukup tinggi, yakni sebesar 84,1%.

Tingginya elektabilitas pasangan Martinus – Darmawan Jaya Setiawan sendiri diakibatkan kepuasan masyarakat atas kinerja pemerintah Kota Banjarbaru selama dibawah kepemimpinan duet (alm) Nadjmi Adhani – Darmawan Jaya Setiawan sebesar 82,5%.

Hal ini tercermin pula dengan tingkat kepuasan masyarakat atas kinerja Darmawan Jaya Setiawan sebagai Wakil Wali Kota Banjarbaru selama periode ini sebesar 85%.

Kepuasan masyarakat yang cukup tinggi ini sendiri didapatkan karena 65,9% responden merasakan adanya perubahan di Kota Banjarbaru selama kepemimpinan duet Nadjmi – Jaya, dimana perubahan tersebut dirasakan pada pembangunan jalan/jalan tidak berlubang sebesar 44,1% dan kemudahan mengurus administrasi di kecamatan dan kelurahan sebesar 20,7%.

Sambal Mandai KU
WhatsApp Image 2020 12 03 at 12.09.28
1422374 923771344327002 1982948344843059176 n

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan...

DPRD Banjar Gelar Audiensi Permasalahan Lahan Milik Helmi Mardani

Permasalahan lahan Proyek Jalan Nasional Lingkar Sungai Ulin – Mataraman, perihal pembebasan lahan di Desa Jingah Habang Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar,...

Video Tik Tok Viral, Prostitusi Online Terbongkar

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) kota Banjarbaru mengamankan 6 (enam) remaja wanita yang masih di bawah umur, Kamis (20/02/2020).Diamankannya keenam...

Kamu mungkin juga suka

Hari Pertama Beroperasi, Bioskop Cinepolis Q Mall Dipantau

Pejabat Sementara(Pjs) Walikota Banjarbaru Bernhard E. Rondonuwu, memantau hari pertama beroperasinya kembali Bioskop Cinepolis di Q Mall,Jum'at (4/12/2020).Pemantauan...

Tim Satgas Covid-19 Banjarbaru Diminta Terus Semangat

Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Banjarbaru Bernhard E Rondonuwu memimpin Rapat Koordinasi(Rakor) antisipasi penyebaran Covid-19 dan Kesiapan Pilkada Kota Banjarbaru, di Ruang Tamu...

Kunjugi Kelompok Tani dan Ternak, Perhatian Pemko Banjarbaru Ke Masyarakat

Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Banjarbaru Bernhard E Rondonuwu, melakukan kunjungan di Tiga Kelompok Tani dan Ternak yang ada di kota Banjarbaru,Senin(Senin 23-11-2020).

Surat Suara Pemilihan Gubernur Kalimantan Selatan Tiba Di Banjarbaru

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru, menerima surat suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan sebanyak 172.133 lembar surat suara,Kamis...