Beranda Habar Banjarbaru Terobosan Baru ! ODP...

Terobosan Baru ! ODP Banjarbaru Wajib isi Formulir Aplikasi Ini

CREATIVE TALK HIPMI BANJARBARU WEBINAR 1

Terbaru

Laporan Pelanggaran Darmawan Jaya Dihentikan

Sentra Penegakan Hukum terpadu (Sentra Gakkumdu) Kota Banjarbaru dalam press release,Selasa (27/10/2020) menyampaikan dugaan pelanggaran Calon Wakil Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan...

Direktur Umum PDAM Dilantik, Bupati Banjar Harap Kinerja Lebih Bagus

Pemerintah Kabupaten Banjar menggelar Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Direktur Umum Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Intan Banjar. Pengambilan...

Protokol Kesehatan Bagi Pelaku Usaha Kuliner Banjarbaru

Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Covid-19 bagi Pelaku Usaha Kuliner se-Kota Banjarbaru, dilaksanakan di Aula Dinas Koperasi UKM dan Naker Kota Banjarbaru, Selasa (27/10/2020).

Benhard : Lebih Baik Liburan Di Rumah Saja

Mencegah penyebaran Covid-19, utamanya di lingkungan ASN Pemko Banjarbaru, Pjs Wali Kota Banjarbaru, Benhard E Rondonuwu, Selasa (27/10/2020) menyampaikan untuk libur panjang...

Menjadikan Kabupaten Banjar Yang ‘Manis’

Relawan Perempuan Manis (RPM) bersama Hj Nur Gita Tiyas Saidi Mansyur, terus menjalin silaturahmi dengan masyarakat Kabupaten Banjar. Kali...

Guna menangkal penyebaran Covid-19 (CoronaVirus) Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru terus melakukan berbagai upaya proteksi serta peminimalisiran merebaknya Virus Corona dari Wuhan, China ini.

Mulai dari penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) buatan sendiri, Pengolahan Hand Sanitizer hingga penandaan jari kelingking kepada warga yang datang dari daerah zona merah, supaya mempermudah pengawasan.

Kali ini, melalui Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru luncurkan aplikasi yang dapat membantu pemeriksaan dasar apakah seseorang yang baru datang dari daerah terinfeksi telah mengalami gejala infeksi atau tidak.

PicsArt 04 04 01.23.18 768x432 1

Menurut Kepala Dinas Kesehatan, Rizana Mirza, saat ditemui Sabtu (4/4/2020), aplikasi itu lebih diperuntukan kepada warga yang datang dari luar daerah, apalagi dari wilayah yang termasuk zona merah.

Akan tetapi, bagi warga yang berdiam di rumah juga bisa menggunakannya, jika sewaktu-waktu merasa terjadi hal-hal yang mengarah ke gejala terinfeksi virus corona.

“Aplikasi ini isinya form pengisian nama, alamat, nomor handphone, dan hal – hal yang sifatnya untuk mengetahui riwayat perjalanan si warga,” jelasnya.

“Di dalam sana juga disediakan form pengisian kondisi kita, apakah sedang batuk-batuk, demam, pilek, sesak nafas, sakit tenggorokan, lemas dan riwayat penyakit asma,” tambahnya.

Data tersebut nantinya secara otomatis akan terinput ke dalam database pihaknya. Menggunakan data itulah, pihaknya dapat mengetahui apakah si pelapor dalam status Orang Dalam Pemantauan (ODP) mengalami gejala covid-19 atau tidak sama sekali.

“Kita tidak bisa selalu melakukan pemantauan ke rumah-rumah ODP, karena tenaga medis kita juga terbatas,” ungkapnya

“Dengan aplikasi inilah kami pemerintah berharap, masyarakat yang baru saja datang dari luar daerah menggunakannya dengan optimal. Selalu laporkan kondisi kepada volunter kami yang bertugas di setiap wilayah kelurahan serta isolasi diri di rumah dengan memberlakukan perilaku hidup bersih dan sehat, (PHBS),” tambahnya.

Bagi Sultan (18), warga Sukabumi Provinsi Jawa Barat yang saat ini kuliah di salah satu perguruan tinggi di Kota Banjarbaru, aplikasi itu sangat bermanfaat.

Dimana, para ODP tidak perlu lagi melakukan pemeriksaan ke tempat-tempat fasilitas kesehatan, cukup di rumah saja sudah bisa. Hal itu tentu saja sedikit bisa membantu mencegah penyebaran virus korona di kawasan publik.

“Bagus, jadi kalau ada konfirmasi dari dinas bahwa kita ternyata ada indikasi ke arah yang harus melakukan rujukan, maka kita tinggal pergi ke rumah sakit saja,” ucapnya.

Untuk bisa mengakses aplikasi tersebut, silahkan klik linknya di sini, http://anti.corona.banjarbarukota.go.id/formpantaucovid19

IMG 20201027 WA0012
WhatsApp Image 2020 10 12 at 17.36.10 1
1422374 923771344327002 1982948344843059176 n

Trending Minggu Ini

Warga Rantau Balai Sambut Baik Kedatangan RPM

Relawan Perempuan Manis (RPM) memperkenalkan sosok pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Banjar, nomor urut satu, dengan tagline "Manis" kepada warga Desa...

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan...

Median Jalan di Cat, Jalan Bersih, Banjarbaru Semakin ‘Glowing’

Semenjak dilantiknya Bernhard E Rondonuwu menjadi Pejabat Sementara (PJS) kurang lebih 71 di Kota Banjarbaru, dirinya berkomitmen untuk memajukan kota yang berjuluk...

Kamu mungkin juga suka

Protokol Kesehatan Bagi Pelaku Usaha Kuliner Banjarbaru

Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Covid-19 bagi Pelaku Usaha Kuliner se-Kota Banjarbaru, dilaksanakan di Aula Dinas Koperasi UKM dan Naker Kota Banjarbaru, Selasa (27/10/2020).

Benhard : Lebih Baik Liburan Di Rumah Saja

Mencegah penyebaran Covid-19, utamanya di lingkungan ASN Pemko Banjarbaru, Pjs Wali Kota Banjarbaru, Benhard E Rondonuwu, Selasa (27/10/2020) menyampaikan untuk libur panjang...

Warga Banjarbaru Membludak Serahkan Formulir BLT UMKM

Penyerahan formulir untuk mendapatkan Bantuan Langsung Tunai(BLT) bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM) dilaksanakan di Kantor Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan...

Kebersihan dan Keindahan Kota, Edukasi Untuk Masyarakat Banjarbaru

Pejabat Sementara(Pjs) Walikota Banjarbaru Bernhard E Rondonuwu percantik kota yang berjuluk idaman ini salah satunya dengan mengintruksikan pengecatan median jalan.