Beranda Habar Banjarbaru Tinta Penanda Warga Datang...

Tinta Penanda Warga Datang Dari Luar Daerah

CREATIVE TALK HIPMI BANJARBARU WEBINAR 1

Terbaru

Asrama Mahasiswa Didatangi Pjs Wali Kota

Pjs Wali Kota Banjarbaru Bernhard E Rondonuwu, mengunjungi Asrama Adaro Mahasiswa ULM Banjarbaru asal Papua di Jalan Unlam II Kelurahan Sungai Besar...

RPM : Gunakan Hak Pilih Kalian, Jangan Sampai Golput

Silaturahmi dengan masyarakat sekaligus memperkenalkan Pasangan Calon(Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur dan Habib Idrus bin Ali Al Habsyi,kembali...

Srikandi Desa Dukung Saidi Mansyur-Habib Idrus

Bertempat di Desa Jingah Habang Hilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar,Selasa (20/10/2020).Relawan Perempuan Manis (RPM) Silaturahmi sekaligus memperkenalkan Pasangan Calon(Paslon) Bupati dan...

Calon Bupati Banjar Yang Dinanti Disambut Antusias Warga

Calon Wakil Bupati Banjar Habib Idrus bin Ali Al Habsyi, silaturahmi dengan masyarakat Desa Sungai Bakung Kecamatan Sungai, Selasa (20/10/2020).

Air Mancur Taman CBS Dioperasikan Kembali

Air mancur Barokah di Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) setelah kurang lebih enam bulan tidak dioperasikan karena pandemi Covid-19, kini dibuka kembali.

Upaya demi upaya dilakukan Pemerintah Kota Banjarbaru demi meminimalisir penyebaran Covid-19 (CoronaVirus Disease) di Kota Banjarbaru, setelah sebelumnya beberapa petugas disiagakan di Bandara Syamsudin Noor guna pendataan para penumpang yang datang.

Kali ini, Walikota Banjarbaru H. Nadjmi Adhani kembali mengeluarkan gagasan untuk penanganan Covid-19 di Kota Banjarbaru, Setelah didata oleh petugas, para penumpang yang datang dari zona merah khususnya diberi tanda layaknya usai melaksanakan pemilu, Minggu (5/4/2020).

Para penumpang dari luar daerah (Zona Merah) yang akan tinggal di Banjarbaru wajib mengisi berupa formulir yang berisi data nama, alamat, nomor hp, kondisi kesehatan dan riwayat perjalanan.

Setelah itu penumpang diminta mencelupkan jari ke botol tinta sebagai tanda bahwa yang bersangkutan baru datang dari luar kota atau daerah zona merah, Tinta ini akan bertahan lebih dari 1 minggu.

Nantinya setiap yang terdata akan dipantau oleh petugas dari puskesmas dan para relawan di lapangan.

IMG 20200405 WA0014 1086x715 1

Menurut H. Nadjmi Adhani, untuk mencegah penyebaran Covid-19, salah satu titik yang harus diperketat adalah pintu masuk ke Banjarbaru. Oleh karena itu pihaknya mencoba mengidentifikasi kedatangan warga yang masuk ke Banjarbaru.

“Dari depan kita kawal, mengisi data dan mencelupkan jari ke tinta,” ucapnya.

H. Nadjmi Adhani menambahkan, tinta yang digunakan akan bertahan lebih dari 1 minggu, sehingga semua pihak bisa bersama-sama mengontrol agar tetap waspada.

“Yang bersangkutan melakukan isolasi mandiri di rumah. Kita tidak bisa melakukan pengawasan selama 24 jam. Oleh karenanya diperlukan kesadaran diri untuk melakukan isolasi mandiri,” ungkapnya.

Lanjut H. Nadjmi Adhani, kesadaran keluarga yang saling dan harus memberikan dukungan juga perlu dilakukan. Selain itu, masyarakat juga harus terus waspada dan saling mengingatkan.

“Makanya kita tandai dengan tinta karena penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 harus dilaksanakan bersama,” tandasnya.

“Kami akan mengusulkan melalui Gugus Tugas Provinsi agar Kabupaten Kota lain di Kalsel melakukan pendataan yang sama sejak dari Bandara,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru Rizana Mirza mengatakan, kepada mereka yang baru datang ditetapkan status sebagai ODR (Orang Dalam Resiko). Mereka nantinya akan dipantau kondisinya oleh petugas dari puskesmas dan relawan.

“Upaya ini untuk mengantisipasi banyaknya arus kedatangan pelajar, santri, dan warga dari zona merah penyebaran Covid-19 dan untuk memastikan bahwa kondisi di Banjarbaru tetap kondusif,” terang Mirza.

WhatsApp Image 2020 10 12 at 17.36.10 1
1422374 923771344327002 1982948344843059176 n

Trending Minggu Ini

Covid-19 Di Banjarbaru Melandai, Tetap Tekankan Protokol Kesehatan

Pemaparan info terbaru Covid-19 oleh Kepala Dinas Kesehatan kota Banjarbaru, Rizana Mirza, digelar di Ruang Tamu Utama Walikota Banjabaru, Selasa (29/09/2020).

Menjenguk Tokoh Kharismatik Kertak Hanyar, H Saidi Mansyur Dapat Petuah.

H Saidi Mansyur merupakan salah satu pemimpin yang sangat cinta kepada para ulama dan habaib, hal tersebut ditunjukan dengan seringnya ia melakukan...

Haris-Ilham, Duet Yang Tepat Dan Pantas

Ritual Tolak Bala digelar Lembaga Swadaya Masyarakat Kalimantan Selatan(LSM Kalsel), di gang Hasanuddin Banjarmasin Tengah,Rabu(14/10/2020). Turut diundang dan hadir,...

Kamu mungkin juga suka

Asrama Mahasiswa Didatangi Pjs Wali Kota

Pjs Wali Kota Banjarbaru Bernhard E Rondonuwu, mengunjungi Asrama Adaro Mahasiswa ULM Banjarbaru asal Papua di Jalan Unlam II Kelurahan Sungai Besar...

PJS Walikota Banjarbaru Tinjau Tata Ulang Kawasan Lapangan Dr Murjani

Usai penataan ulang kawasan Lapangan Dr Murjani oleh Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru, Penanggung Jawab Sementara (PJS) Walikota Banjarbaru, Bernhard E. Rondonuwu lakukan...

Patroli Sepeda, Dishub Banjarbaru Evaluasi Penataan Lalu Lintas dan Parkir Murjani

Dinas Perhubungan(Dishub) kota Banjarbaru kini gencar melakukan patroli dengan menggunakan sepeda, untuk memantau rekayasa lalu lintas dan titik parkir di sekitar lapangan...

Korban PHK Sampaikan Aspirasi Kepada Haji Martinus-Jaya

Kaum Milenial korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), Khusnul sampaikan aspirasinya agar ia dan kawan-kawan senasib dapat diserap oleh lapangan pekerjaan nantinya.