Beranda Habar Banjarbaru Tinta Penanda Warga Datang...

Tinta Penanda Warga Datang Dari Luar Daerah

Sirup Kayu Manis 1

Terbaru

Upaya demi upaya dilakukan Pemerintah Kota Banjarbaru demi meminimalisir penyebaran Covid-19 (CoronaVirus Disease) di Kota Banjarbaru, setelah sebelumnya beberapa petugas disiagakan di Bandara Syamsudin Noor guna pendataan para penumpang yang datang.

Kali ini, Walikota Banjarbaru H. Nadjmi Adhani kembali mengeluarkan gagasan untuk penanganan Covid-19 di Kota Banjarbaru, Setelah didata oleh petugas, para penumpang yang datang dari zona merah khususnya diberi tanda layaknya usai melaksanakan pemilu, Minggu (5/4/2020).

Para penumpang dari luar daerah (Zona Merah) yang akan tinggal di Banjarbaru wajib mengisi berupa formulir yang berisi data nama, alamat, nomor hp, kondisi kesehatan dan riwayat perjalanan.

Setelah itu penumpang diminta mencelupkan jari ke botol tinta sebagai tanda bahwa yang bersangkutan baru datang dari luar kota atau daerah zona merah, Tinta ini akan bertahan lebih dari 1 minggu.

Nantinya setiap yang terdata akan dipantau oleh petugas dari puskesmas dan para relawan di lapangan.

IMG 20200405 WA0014 1086x715 1

Menurut H. Nadjmi Adhani, untuk mencegah penyebaran Covid-19, salah satu titik yang harus diperketat adalah pintu masuk ke Banjarbaru. Oleh karena itu pihaknya mencoba mengidentifikasi kedatangan warga yang masuk ke Banjarbaru.

“Dari depan kita kawal, mengisi data dan mencelupkan jari ke tinta,” ucapnya.

H. Nadjmi Adhani menambahkan, tinta yang digunakan akan bertahan lebih dari 1 minggu, sehingga semua pihak bisa bersama-sama mengontrol agar tetap waspada.

“Yang bersangkutan melakukan isolasi mandiri di rumah. Kita tidak bisa melakukan pengawasan selama 24 jam. Oleh karenanya diperlukan kesadaran diri untuk melakukan isolasi mandiri,” ungkapnya.

Lanjut H. Nadjmi Adhani, kesadaran keluarga yang saling dan harus memberikan dukungan juga perlu dilakukan. Selain itu, masyarakat juga harus terus waspada dan saling mengingatkan.

“Makanya kita tandai dengan tinta karena penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 harus dilaksanakan bersama,” tandasnya.

“Kami akan mengusulkan melalui Gugus Tugas Provinsi agar Kabupaten Kota lain di Kalsel melakukan pendataan yang sama sejak dari Bandara,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru Rizana Mirza mengatakan, kepada mereka yang baru datang ditetapkan status sebagai ODR (Orang Dalam Resiko). Mereka nantinya akan dipantau kondisinya oleh petugas dari puskesmas dan relawan.

“Upaya ini untuk mengantisipasi banyaknya arus kedatangan pelajar, santri, dan warga dari zona merah penyebaran Covid-19 dan untuk memastikan bahwa kondisi di Banjarbaru tetap kondusif,” terang Mirza.

Sambal Mandai KU
Berduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur EffendyBerduka H. Mansyur Effendy

Trending Minggu Ini

Inisiatif Hibur Korban Banjir

Inisiatif menghibur korban banjir, khususnya anak-anak yang tengah merasa sedih dan jenuh, terlebih lagi trauma yang dirasakan, para pegawai Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan...

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Jembatan Penghubung Desa Ini Tetap Digunakan Meski Rusak Parah

Bencana banjir yang melanda Kabupaten Banjar menyebabkan sejumlah infrastruktur rusak parah diantaranya seperti jembatan, hal ini pun menarik perhatian Presiden Republik Indonesia (RI) Joko...

Kamu mungkin juga suka

Cafe ini Hadir Dengan Nuansa Greenwood

Banjarbaru, Kota yang berjuluk Kota Idaman ini, untuk kesekian kalinya kembali hadir tempat nongkrong yang asik dan nyentrik.Bagaimana tidak? Gaduh Kopi, yang bertempat di...

BRAKINGNEWS : Terputus Genangan Air, Pengguna Jalan Dihimbau Gunakan Jalur Alternatif

Hujan yang terus mengguyur Kota Banjarbaru sejak pagi hari menyebabkan beberapa kawasan di Kota berjuluk Kota Idaman ini digenangi air, bahkan jalan utama Kota...

Ditengah Pandemi Covid-19, PAD Retribusi Sampah DLH Banjarbaru Lebihi Target

Ditengah pandemi Covid-19, Capaian Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bersumber dari retribusi persampahan dan pelayanan kebersihan tahun 2020 di Banjarbaru justru melebihi target.Hal...

121 PNS Lingkup Pemko Banjarbaru Purna Tugas

Sebanyak 121 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Kota Banjarbaru memasuki masa purna tugas atau pensiun tahun 2020 tadi.Pelepasan purna tugas PNS yang...