Beranda Habar Banjarbaru Walikota Banjarbaru Gelar Rakor...

Walikota Banjarbaru Gelar Rakor Penerapan Protokol Covid-19 Pada Tempat Ibadah

Terbaru

Menjelang pembukaan fungsi tempat-tempat ibadah seperti mushola dan masjid di Kota Banjarbaru, Walikota Banjarbaru H. Nadjmi Adhani didampingi Wakil Walikota Banjarbaru H. Darmawan Jaya Setiawan dan Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru H. Said Abdullah melaksanakan rapat koordinasi dengan MUI, FKUB, Muhammadiyah, NU dan Dewan Masjid.

Rakor dalam rangka persiapan pelaksanaan protokol Covid-19 pada tempat-tempat ibadah di Kota Banjarbaru tersebut digelar di Ruang Tamu Utama Walikota Banjarbaru, Rabu (3/6/2020).

H. Nadjmi Adhani menyampaikan, hari ini kita melaksanakan rapat dengan beberapa pihak terkait seperti itu bertujuan untuk persiapan pelaksanaan protokol covid-19 pada tempat – tempat ibadah di Kota Banjarbaru.

IMG 20200603 WA0013

“Intinya adalah kita melakukan diskusi dialog tentang bagaimana protokol kesehatan yang diberlakukan di tempat – tempat ibadah seperti Masjid, Gereja dan tempat ibadah lainnya,” terang Walikota Banjarbaru.

WhatsApp Image 2021 03 25 at 09.21.53

Berdasarkan surat edaran dari Kementrian Agama No.15 tahun 2020 tentang protokol kesehatan ujarnya, pada tempat ibadah di Kota Banjarbaru akan mengajukan permohonan izin salat berjamaah.

Akan tetapi, para jamaah tetap harus mematuhi dan mengutamakan protokol covid 19 selama beribadah, terutama shalat Jumat dan ibadah umat Kristiani di hari Minggu.

“Itu semua akan kita evaluasi. Kemudian shalat berjamaah di masjid dapat dilaksanakan pada daerah – daerah yang kita anggap aman dan jika di lokasi tersebut tidak terdapat pasien positif covid-19,” ungkapnya.

dc74feec ebec 4a9c 9744 9d3b77d4a67c 1

Sementara itu, sesuai dengan surat edaran Menteri Agama No. SE. 15/2020 dan Fatwa MUI No. 14/2020, Pimpinan Pusat Dewan Majelis mengeluarkan surat edaran bagi pengurus masjid dan jemaah.

Adapun panduan protokol kesehatan Covid-19 di masjid dari Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia antara lain :

  • Membuka masjid untuk jemaah, baik sholat wajib lima waktu maupun Jumatan, dengan tetap mengikuti perkembangan informasi penularan COVID-19 di daerah setempat.
  • Untuk menjaga keselamatan jemaah, masjid harus memberlakukan protokol cegah tangkal COVID-19, di antaranya: Jaga jarak minimal 1 meter antarjemaah, kenakan masker dari rumah, bawa sajadah atau saputangan sendiri atau kelengkapan lain yang diperlukan.
  • Gulung karpet, disiplin membersihkan lantai masjid atau musala dengan karbol dan disinfektan serta menyiapkan hand sanitizer atau sabun.
  • Memanfaatkan pengeras suara masjid sebagai media siar yang efektif untuk informasi penting dan bersifat darurat terkait cegah-tangkal COVID-19.
  • Menampung zakat, infak, dan sedekah masyarakat, baik uang lumsum maupun sembako, serta mendayagunakannya semaksimal mungkin untuk peningkatan imunitas kesehatan jemaah, baik vitamin C dan E maupun pangan bergizi lainnya.
  • Siagakan masjid sebagai Pos Reaksi Cepat (PRC) jika terdapat jemaah tertular COVID-19.
  • Cipta Kondisi Masjid sebagai tempat aman yang steril dari COVID-19 dengan memperkuat moto DMI “Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid.”

Karena ketentuan jaga jarak minimal 1 meter, maka daya tampung masjid hanya tinggal 40 persen dari kapasitas normal sebelumnya. Karena itu, untuk memenuhi kebutuhan jemaah dan dengan mempedomani tujuan syariat (maqashidus-syariah) pelaksanaan sholat Jumat diatur sebagai berikut:

  • Di samping di masjid-masjid, juga di musala-musala dan tempat umum.
  • Bagi daerah-daerah padat penduduk, dilaksanakan sholat Jum’at dua (dua) gelombang.
  • Jemaah yang sedang sakit, batuk, demam, sesak napas dan mengalami gejala flu agar melaksanakan sholat di rumah hingga dinyatakan sembuh
WhatsApp Image 2021 03 25 at 09.21.53

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Kerajinan Lokal Kampung Purun Banjarbaru, Tembus Pasar Internasional

Keseriusan pemerintah kota Banjarbaru dalam mengembangkan kerajinan lokal berbahan purun kini semakin berkembang, bahkan pemasaran mencapai tingkat nasional bahkan internasional.Produk kerajinan purun yang dicanangkan sebagai bahan pengganti...

Guru Di Banjar: Kami Ini Pendidik Kenapa Dianak Tirikan

Sebagian Besar Guru tingkat Sekolah Dasar(SD) dan tingkat Sekolah Menengah Pertama(SMP) yang ada di Kabupaten Banjar mengeluhkan Perbedaan antara Kabupaten Banjar dengan Daerah lainnya di Kalimantan...

Kamu mungkin juga suka

Polisi Peduli Ditengah Pandemi dan Jelang Ramadan

Kepolisian Sektor(Polsek) Kelumpang Hilir membagikan sembako untuk membantu meringankan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 dan jelang bulan suci Ramadan 1442 H.Aksi Police Care...

5000 Kit Rapid Test Antigen Untuk Kotabaru

Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA, Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Kotabaru, Sabtu (10/4/2021).Dalam Kunker ini, Safrizal menyerahkan bantuan Rapid Test Antigen sebanyak 5000 Kit...

Langkah Mitigasi Banjir, Pemko Banjarbaru Rencanakan Pembangunan Embung

Tiga titik lokasi Bekas lahan galian tambang PT. Galuh Cempaka dicanangkan sebagai embung guna mitigasi penanggulangan banjir di Kota Banjarbaru.Sebanyak 3 titik lokasi diantaranya,...

Giat Razia Serentak, Tiga Buah Handphone dan Puluhan Benda Tajam Ditemukan

Giat Razia Serentak dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-57 digelar Lapas Kelas IIB Banjarbaru, Kamis (08/04/2021) malam.Sebanyak 42 petugas gabungan dari, Polsek Cempaka,...