BerandaHabar Provinsi KalselHabar BalanganBupati Balangan Tinjau Kondisi...

Bupati Balangan Tinjau Kondisi Serta Pemeliharaan Jalan Alternatif

Terbaru

Balangan – Bupati Balangan, H Abdul Hadi turun langsung untuk memonitoring pemeliharaan jalan alternatif, pada kamis (30/9/2021).

Pasca ditutupnya jembatan Kota Paringin, jalan A Yani, oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Kalimantan Selatan, untuk mendapatkan perbaikan, yang merupakan Jalan Nasional penghubung antar provinsi di Kalimantan Selatan, pada kamis 23 september 2021 pukul 00.00 lalu.

Maka, sejak saat itu, pengguna jalan raya harus melewati jalur alternatif di jalan lingkar timur Desa Gunung Pandau Kecamatan Paringin dan jalan Desa Bungin Kecamatan Paringin Selatan.

IMG 20211001 WA0088

Namun jalan alternatif yang seyogyanya memang bukan untuk dilintasi angkutan bertonase besar, tampak rusak dan berlobang, tentu ini dapat mengganggu bagi pengguna jalan lain, terutama masyarakat setempat.

Terkait hal tersebut, Bupati Balangan H Abdul Hadi sudah menginstruksikan langsung Dinas PUPR agar segera memperbaiki jalan alternatif supaya aktivitas warga tidak terganggu.

Tidak hanya itu, Bupati,  juga turun langsung untuk mengecek kondisi di dua jalan alternatif tersebut.

“Kita berusaha menangani kerusakan jalan alternatif ini dengan perbaikan dan penambalan jalan, malam tadi dan pagi tadi kami monitor perbaikan jalan lingkar timur. Siang tadi kami minta supaya PUPR memperhatikan jua jalan lampihong mantimin,” ungkapnya. 

Bupati berharap agar masyarakat bersabar, karena pihak Pemerintah Daerah (Pemda) saat ini sedang dalam proses pemeliharaan.

“Kami harap warga bersabar, jalan alternatif ini tidak mungkin kita perbaiki total karena akan sia – sia dan terlebih anggaran kita masih terbatas,  kita akan menangani secara intens perbaikan dan pemeliharaan jalan,” terangnya.

Selain itu, Abdul Hadi juga mengarahkan Dinas PUPR agar melakukan perbaikan di jalan Kecamatan Lampihong dan jalan Mantimin Kecamatan Batumandi, yang juga mengalami kerusakan.

“Kami juga minta supaya, Dinas PUPR memperhatikan jalan di lampihong dan Mantimin,” tutupnya.

Berdasarkan pemantauan, Alat berat terlihat di lokasi jalan lingkar timur  yang diperbaiki, Material batu diturunkan kemudian diratakan untuk memperbaiki kondisi jalan berlubang.

Dalam kesempatan berbeda, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Balangan, Rina Ariyani mengatakan pihaknya telah melakukan proses  perbaikan jalan alternatif secara bertahap demi kenyamanan pengendara jalan di Balangan

“Ada dua jalan alternatif yaitu jalan lingkar timur dan jalan Desa Bungin, dan pemeliharaan ini akan dilakukan selama tiga bulan ke depan,” terang Rina  

Selain itu lanjut Rina, pihaknya pun akan melakukan perbaikan di sepanjang jalan yang masuk wewenang jalan kabupaten secara bertahap.

Sementara itu, Warga Desa Gunung Pandau, Hairul, yang sehari-harinya melewati jalan alternatif lingkar timur untuk bekerja, menyambut baik hal tersebut.

“Tentu hal itu merupakan kabar baik, bagi kami pengguna jalan,” katanya, pada jumat (1/10/2021).

Menurutnya, dengan demikian tentu diharapkan dapat memperlancar arus lalu lintas dari Desa gunung pandau hingga ke jalan lingkar tersebut.

“Semoga tidak ada lagi kemacetan yang diakibatkan truk amblas dan terperosok, sehingga arus lalu lintas menjadi lancar,” tungkasnya.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka