Lima Sekolah Di Balangan Bisa Jadi Contoh

Terbaru

Balangan, – Sebanyak lima Sekolah di Kabupaten Balangan mendapat Akreditas Perpustakaan dari Perpustakaan Republik Indonesia.

Adapun kelima Sekolah tersebut, ialah SDN Jimamun Kecamatan Lampihong, MIN Layap Kecamatan Paringin, MTs Paringin, SDN Paringin 2 dan SDN Muara Pitap Kecamatan Paringin Selatan (Parsel).

Di katakan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Balangan, Thamrin, penyerahan pertama sertifikat Akreditasi Perpustakaan Sekolah dilaksanakan di SDN Jimamun Kecamatan Lampihong, pada rabu (24/11/2021).

Kemudian, untuk hari ini kamis (25/11/2021) di serahkan kepada 2 Sekolah yaitu MIN Layap Paringin dan MTs Paringin, lalu hari Jumat (26/11/2021) kembali ada dua sekolah lagi yaitu SDN Paringin 2 dan SDN Muara Pitap Kecamatan Parsel.

Thamrin menjelaskan bahwa Akreditasi Perpustakaan tersebut merupakan wujud penghargaan dan kepercayaan Pemerintah Pusat terhadap Perpustakaan yang ada di Balangan tersebut, baik dari tata kelola dan bangun fisik.

“Empat indikator harus ada dalam pengelolaan ini yang pertama bertambahnya anggota perpustakaan, kedua semakin meningkatnya kunjungan, ketiga semakin bertambahnya koleksi buku, serta keempat infrastruktur,” jelas Kadis.

Menurutnya, lima sekolah yang mendapatkan Akreditasi Perpustakaan Sekolah sudah memenuhi indikator tersebut, harapannya selangkah demi selangkah perpustakaan sekolah di Kabupaten Balangan sudah memenuhi standar.

“Kami berharap keberadaan perpustakaan tidak hanya fisik yang ditingkatkan, terlebih warga sekolah semakin memanfaatkan keberadaan perpustakaan sebagai upaya meningkatkan minat baca,” katanya.

Lebih lanjut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Balangan selalu siap untuk membantu serta mendampingi perpustakaan sekolah agar keberadaannya semakin baik dan meningkat seperti nantinya ada bantuan koleksi buku sampai dengan pengelolaannya.

Thamrin berharap, melalui lima Sekolah ini Sekolah lain di Balangan dapat mencontoh dan menerapkan yang perlu di lakukan di Perpustakaan Sekolah-Sekolah di bumi Sanggam.

“Melalui Akreditasi Perpustakaan Sekolah ini juga bisa merambah ke Sekolah lainnya, artinya mencontoh dengan Sekolah yang sudah mendapatkan Akreditasi dengan bertahap dan skala prioritas bagi Perpustakaan sekolah yang mampu,” pungkasnya.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka