BerandaHabar Provinsi KalselHabar BanjarRakor Pencegahan dan Kesiapsiagaan...

Rakor Pencegahan dan Kesiapsiagaan Karhutla, Bupati Banjar : Tingkatkan Upaya Pencegahan dan Kesiapsiagaan

Terbaru

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar menggelar Rakor Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana Kabut Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Banjar Tahun 2021 di Aula Barakat, Kantor Bupati Banjar, Martapura, Kamis (25/3/2021) pagi.

Rakor tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Banjar H. Saidi Mansyur, dihadiri Sekda Banjar HM Hilman, Perwakilan Polres Banjar, Perwakilan Dandim 1006 Martapura serta diikuti seluruh Stakeholder terkait.

Bupati Banjar mengatakan rakor tersebut merupakan tahapan pertama untuk menunjukkan komitmen pemerintah daerah dan juga stakeholder terkait bahwa pihaknya siap dalam menangani karhutla.

WhatsApp Image 2021 03 25 at 14.20.43 1

“Hari ini adalah tahapan pertama yang akan ditindaklanjuti nantinya ketahap berikutnya, sebagaimana diketahui berdasarkan kondisi cuaca saat ini meskipun masih sering terjadi hujan namun kita terus meningkatkan upaya-upaya dalam rangka pencegahan dan kesiapsiagaan akan kemungkinan terjadinya karhutla di Kabupaten Banjar terutama dikawasan pertanian, perkebunan, dan lainnya,” ungkapnya.

Bupati Banjar berharap seluruh elemen yang ada baik pemerintah, swasta dan masyarakat selalu mendukung program pemerintah untuk menurunkan titik panas serta siap dalam upaya-upaya preventif baik pemadaman dini kebakaran hutan dan lahan hingga pemadaman secara tuntas.

Sementara itu, Kalak BPBD Kabupaten Banjar HM Irwan Kumar dalam laporannya mengatakan maksud dan tujuan rakor tersebut adalah untuk meningkatkan kinerja instansi pemerintahan, para relawan dan stakeholder dalam rangka pencegahan serta kesiapsiagaan bencana kabut asap akibat karhutla yang terkoordinir dan terpadu di wilayah Kabupaten Banjar.

“Rakor ini dilaksanakan memang perlu tahapan-tahapan yang harus dilalui, namun jika dilihat kondisi saat ini beberapa wilayah masih tergenang banjir, dan tentunya kami tetap siap siaga menangani bencana banjir yang masih terjadi di wilayah Kabupaten Banjar,” imbuhnya.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka