Beranda DPRD BANJAR RDP Komisi III, Tumpang...

RDP Komisi III, Tumpang Tindih Proyek Hingga Reses Tidak Terakomodir

Terbaru

Martapura – Rapat Dengar Pendapat (RDP) kembali digelar Komisi III DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Banjar bersama mitra kerja yakni Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) dan Dinas Perumahan Permukiman (Perkim).

Selain membahas terkait Program Kerja dua instansi pada 2022 mendatang, RDP Kali ini menurut ketua komisi III DPRD Banjar, Irwan Bora juga sebagai bentuk sinergitas antara Komisi III dan SKPD yang menjadi mitra kerja, diantaranya Dinas PUPR dan Disperkim.

“Sempat terjadi tumpang tindih proyek antara Dinas PUPR dan Disperkim untuk itu kita bahas disini. Agar kedepannya tidak terjadi lagi,” ungkap Politisi Partai Gerindra itu.

Pasalnya berkaca ke belakang, lanjut Irwan Bora, dimana ada beberapa kegiatan yang seharusnya dikerjakan Dinas Perkim justru dikerjakan Dinas PUPR.

“Untuk itu kita lakukan sinkronisasi antara kedua SKPD ini, seperti diketahui bersama Dinas Perkim juga melakukan pengelolaan  infrastruktur, untuk itu apabila memang ranahnya disperkim maka Dinas PUPR jangan memasukan ke dalam rencana kegiatannya,” harapnya.

Disamping itu pihaknya (Komisi III DPRD Banjar) juga melakukan evaluasi terhadap program kegiatan Dinas PUPR pada 2022 mendatang.

“Hampir semua kegiatan reses teman-teman anggota DPRD Banjar tidak ada dalam program kegiatan 2022, kalau itu tidak terakomodir untuk apa kita melaksanakan reses?. Percuma dong?,” Ucapnya.

Reses sendiri lanjut Irwan Bora, merupakan kegiatan wajib anggota DPRD Banjar yang mana tertuang dalam undang-undang nomor 23 Tahun 2014, tentang Pemerintahan Daerah.

“Di pasal 131 menyatakan kegiatan reses ini wajib dilaksanakan secara berkala, dimana untuk menyerap aspirasi masyarakat di dapil masing-masing. Kalau tidak terlaksana tentu akan menjadi dilema untuk kita dan pertanyaan bagi masyarakat,” tegasnya.

Pihaknya (Irwan Bora) memang memaklumi lantaran adanya refocusing anggaran yang menyebabkan keterbatasan pelaksanaan program kegiatan, namun menurutnya antara musrembang dan reses haruslah seimbang.

“Jangan serta merta hanya kegiatan musrembang yang diakomodir dan kegiatan reses anggota DPRD dikesampingkan,” tutupnya.

Trending Minggu Ini

Debit Air Naik, HST Siaga 1 Banjir

HST,- Hujan dengan intensitas tinggi melanda Hulu Sungai Tengah (HST), subuh, Minggu (28/11/2021).Menurut informasi yang beredar di Instagram BPBD Hulu sungai tengah, Pj Sekretariat...

Perbaikan Bangunan Pasar Taibah Pasca Kebakaran Capai Enam Ratus Juta Rupiah

Martapura - Sebanyak 12 unit toko di Pasar Taibah Kota Martapura Kabupaten Banjar, perlahan sudah mulai diperbaiki oleh Perusahaan Daerah Pasar Bauntung Batuah (PD....

KORPRI Gandeng Disperindag Banjar Adakan Pasar Murah

Banjar,- Peringati HUT KORPRI ke-50, Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Kabupaten Banjar gandeng Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banjar mengadakan pasar murah, bertempat...

Kamu mungkin juga suka

Warga Astambul Antusias Disuntik Vaksin Covid-19

Banjar,- Kecamatan Astambul gelar vaksinasi masal di Desa Sungai Tuan Ulu, bertempat di Madrasah Tsanawiyah Al-Fatah, Astambul, Kabupaten Banjar Jum'at (3/12/2021) pagi.Vaksinasi masal ini...

Membludak, Warga Astambul Padati Pasar Murah

BANJAR,- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banjar bekerjasama sama dengan Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan gelar pasar murah di Desa Sungai Tuan Ulu,...

Koramil 1006-05/Karang Intan Gelar Vaksinasi Massal

Banjar,- Koramil 1006-05 /Karang intan melaksanakan kegiatan Vaksinasi Covid-19 massal di Aula gedung serba guna Kecamatan Karang Intan, Jumat (3/12/2021).Hadir dalam giat tersebut Camat...

Ratusan PNS Banjar Dianugerahi Satyalancana Karya Satya

BANJAR,- Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (KDPSDM) Kabupaten Banjar, Rakhmat Dhany, SIP, M.AP, MIDS didampingi Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian, Pembinaan...