Beranda DPRD BANJAR RDP Komisi III, Tumpang...

RDP Komisi III, Tumpang Tindih Proyek Hingga Reses Tidak Terakomodir

Terbaru

Martapura – Rapat Dengar Pendapat (RDP) kembali digelar Komisi III DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Banjar bersama mitra kerja yakni Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) dan Dinas Perumahan Permukiman (Perkim).

Selain membahas terkait Program Kerja dua instansi pada 2022 mendatang, RDP Kali ini menurut ketua komisi III DPRD Banjar, Irwan Bora juga sebagai bentuk sinergitas antara Komisi III dan SKPD yang menjadi mitra kerja, diantaranya Dinas PUPR dan Disperkim.

“Sempat terjadi tumpang tindih proyek antara Dinas PUPR dan Disperkim untuk itu kita bahas disini. Agar kedepannya tidak terjadi lagi,” ungkap Politisi Partai Gerindra itu.

Pasalnya berkaca ke belakang, lanjut Irwan Bora, dimana ada beberapa kegiatan yang seharusnya dikerjakan Dinas Perkim justru dikerjakan Dinas PUPR.

“Untuk itu kita lakukan sinkronisasi antara kedua SKPD ini, seperti diketahui bersama Dinas Perkim juga melakukan pengelolaan  infrastruktur, untuk itu apabila memang ranahnya disperkim maka Dinas PUPR jangan memasukan ke dalam rencana kegiatannya,” harapnya.

Disamping itu pihaknya (Komisi III DPRD Banjar) juga melakukan evaluasi terhadap program kegiatan Dinas PUPR pada 2022 mendatang.

“Hampir semua kegiatan reses teman-teman anggota DPRD Banjar tidak ada dalam program kegiatan 2022, kalau itu tidak terakomodir untuk apa kita melaksanakan reses?. Percuma dong?,” Ucapnya.

Reses sendiri lanjut Irwan Bora, merupakan kegiatan wajib anggota DPRD Banjar yang mana tertuang dalam undang-undang nomor 23 Tahun 2014, tentang Pemerintahan Daerah.

“Di pasal 131 menyatakan kegiatan reses ini wajib dilaksanakan secara berkala, dimana untuk menyerap aspirasi masyarakat di dapil masing-masing. Kalau tidak terlaksana tentu akan menjadi dilema untuk kita dan pertanyaan bagi masyarakat,” tegasnya.

Pihaknya (Irwan Bora) memang memaklumi lantaran adanya refocusing anggaran yang menyebabkan keterbatasan pelaksanaan program kegiatan, namun menurutnya antara musrembang dan reses haruslah seimbang.

“Jangan serta merta hanya kegiatan musrembang yang diakomodir dan kegiatan reses anggota DPRD dikesampingkan,” tutupnya.

WhatsApp Image 2021 10 20 at 17.47.59

Trending Minggu Ini

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Diduga Tak Kuat Menanjak Truk Kontainer Terguling

Banjarbaru - Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Pangeran Muhammad Noor Kelurahan Sungai Ulin, Banjarbaru dekat Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah V (Kementerian LHK)...

Kerajinan Lokal Kampung Purun Banjarbaru, Tembus Pasar Internasional

Keseriusan pemerintah kota Banjarbaru dalam mengembangkan kerajinan lokal berbahan purun kini semakin berkembang, bahkan pemasaran mencapai tingkat nasional bahkan internasional.Produk kerajinan purun yang dicanangkan sebagai bahan pengganti...

Kamu mungkin juga suka

Bupati Banjar Buka Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021

Martapura - Berbeda dengan tahun 2020 lalu, dimana peringatan Hari Santri Nasional yang digelar secara terbatas dikarenakan pandemi Covid-19, Peringatan Hari Santri Nasional tahun...

UMKM Banjar Go Digital

Martapura - Guna meningkatkan sumber daya manusia dan talenta digital di sektor UMKM, Kementerian Kominfo RI melaksanakan kegiatan Digital Entrepreneurship Academy, dibuka Bupati Banjar...

Bupati Banjar Bangun Komitmen Menuju WBK dan WBBM

Martapura - Turut berkomitmen dalam membangun Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banjar...

Pemkab Banjar Dan Pemprov Kalsel Teken MoU Penyediaan Lahan Pemakaman

Martapura - Rapat Koordinasi Mingguan Pemkab Banjar dipimpin oleh Sekda Banjar H. M. Hilman, turut hadir Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al-Habsyie, para Asisten...