Beranda Habar Provinsi Kalsel Habar Banjar Syarwani, Minta Pemkab Maksimalkan...

Syarwani, Minta Pemkab Maksimalkan Dana Tanggap Darurat

Terbaru

Martapura – Menghadapi potensi bencana yang mengancam sebagian wilayah di Kabupaten Banjar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar telah melakukan berbagai persiapan.

Persiapan demi persiapan yang telah diupayakan BPBD Banjar antara lain seperti melaksanakan koordinasi dengan instansi dan stakeholder terkait, persiapan status darurat banjir, tanah longsor dan puting beliung, menyiapkan posko siaga darurat banjir hingga persiapan SDM dan peralatan evakuasi, Hal ini disampaikan Sekretaris BPBD Kabupaten Banjar, Azhar Alamsyah saat ditemui pada Kamis (11/11/2021) Siang.

WhatsApp Image 2021 11 11 at 16.01.551 1
Azhar Alamsyah Saat di Wawancara (Foto : Rohadi Yuandi)

“Kita tidak menghendaki, namun apabila terjadi juga maka kita telah mempersiapkan dengan sedemikian mungkin dalam menghadapi bencana alam tersebut, kita juga melakukan himbauan melalui media sosial,” ungkapnya.

Disinggung terkait ketersediaan logistik, Azhar mengaku pihaknya masih memiliki cadangan cukup hingga beberapa bulan kedepan.

“Stock dalam beberapa bulan kedepan dipastikan masih tersedia, nanti di 2022 baru akan di perbarui lagi,” jelasnya.

Namun, Azhar menyayangkan adanya penurunan alokasi dana untuk kebutuhan logistik di tahun 2022 mendatang malah menurun dibangdingkan tahun 2021 ini.

“Sayangnya untuk anggaran logistik pada 2022 mendatang hanya berkisar Rp. 250 Juta saja, sedangkan pada 2021 ini nilainya mencapai Rp. 400 Juta, hampir terjadi penurunan 50 persen,” bebernya.

Meski terjadi penurunan Azhar menegaskan pihaknya akan terus berupaya bekerja secara maksimal. Disamping itu pula ia tidak memungkiri bahwa pihaknya berharap adanya penambahan.

“Ya kalau bisa ada penambahan, karena bencana yang kita tangani ini secara keseluruhan, kita berharap justru ada kenaikan bukan justru penurunan,” harapnya.

Terpisah ketika dikonfirmasi, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Banjar, Ahmad Syarwani menanggapi terkait refocusing anggaran di semua instansi termasuk BPBD.

WhatsApp Image 2021 09 30 at 12.52.37
Ketua Komisi IV DPRD Kab. Banjar Ahmad Syarwani (Foto : Rohadi Yuandi)

“Kedepan kami akan meminta Pemerintah Daerah untuk mengkaji ulang terkait anggaran terutama instansi instansi yg sangat urgen,” jelasnya.

Hal ini ujar sarwani berkaitan dengan situasi kedaruratan Kedepan,”Jika anggaran logistik tidak memadai, maka kami meminta pemda memaksimalkan pemanfaatan dana tanggap darurat daerah,”pungkasnya.

Trending Minggu Ini

Debit Air Naik, HST Siaga 1 Banjir

HST,- Hujan dengan intensitas tinggi melanda Hulu Sungai Tengah (HST), subuh, Minggu (28/11/2021).Menurut informasi yang beredar di Instagram BPBD Hulu sungai tengah, Pj Sekretariat...

Perbaikan Bangunan Pasar Taibah Pasca Kebakaran Capai Enam Ratus Juta Rupiah

Martapura - Sebanyak 12 unit toko di Pasar Taibah Kota Martapura Kabupaten Banjar, perlahan sudah mulai diperbaiki oleh Perusahaan Daerah Pasar Bauntung Batuah (PD....

KORPRI Gandeng Disperindag Banjar Adakan Pasar Murah

Banjar,- Peringati HUT KORPRI ke-50, Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Kabupaten Banjar gandeng Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banjar mengadakan pasar murah, bertempat...

Kamu mungkin juga suka

Warga Astambul Antusias Disuntik Vaksin Covid-19

Banjar,- Kecamatan Astambul gelar vaksinasi masal di Desa Sungai Tuan Ulu, bertempat di Madrasah Tsanawiyah Al-Fatah, Astambul, Kabupaten Banjar Jum'at (3/12/2021) pagi.Vaksinasi masal ini...

Membludak, Warga Astambul Padati Pasar Murah

BANJAR,- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banjar bekerjasama sama dengan Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan gelar pasar murah di Desa Sungai Tuan Ulu,...

Koramil 1006-05/Karang Intan Gelar Vaksinasi Massal

Banjar,- Koramil 1006-05 /Karang intan melaksanakan kegiatan Vaksinasi Covid-19 massal di Aula gedung serba guna Kecamatan Karang Intan, Jumat (3/12/2021).Hadir dalam giat tersebut Camat...

Ratusan PNS Banjar Dianugerahi Satyalancana Karya Satya

BANJAR,- Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (KDPSDM) Kabupaten Banjar, Rakhmat Dhany, SIP, M.AP, MIDS didampingi Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian, Pembinaan...