BerandaBanjirTidak Kunjung Terima Bantuan,...

Tidak Kunjung Terima Bantuan, Warga Terpaksa Perbaiki Rumah Sendiri

Terbaru

Musibah Banjir yang sempat melanda Kabupaten Banjar telah berlalu, namun peristiwa tersebut masih menyisakan pilu bagi sebagian warga yang terdampak, lantaran rumah mereka yang rusak akibat banjir.

Bagi sebagian besar masyarakat yang terdampak musibah banjir tersebut, tentu sangat berharap uluran tangan pemerintah agar dapat meringankan beban dalam membangun atau memperbaiki kerusakan rumah pasca musibah banjir.

Sekretaris Desa Bincau Muara Miftahussholihin mengatakan, memang pasca banjir dari pihak tim BNPB dan Dinas Permukiman Banjar telah melakukan pendataan langsung dan memverifikasi rumah mana saja yang sesuai kriteria untuk menerima bantuan.

P 20210702 094925 1200x600 1

Terlebih, dari pihak pemerintah desa juga sudah mengajukan data-data korban banjir yang rumahnya mengalami tingkat kerusakan dari ringan, sedang dan berat.

“Kalau untuk pastinya berapa saja yang sudah terverifikasi mendapat bantuan DTH, kita tidak tahu, karena itu kewenangan tim pendataan dari BPBD dan Disperkim Banjar yang memverifikasi dan menilai layak atau tidaknya,” terangnya.

Miftahusholihin menambahkan, kerusakan yang dialami warga terdampak pasca banjir paling banyak yaitu dinding rumah dan lantai rumah yang lapuk akibat terendam banjir.

“Rumah yang rusak karena banjir, rata-rata dinding rumah yang jebol dan lantai rumah kayu lapuk, tapi sesuai tingkat kerusakannya masing-masing,” tambahnya.

Para korban bencana banjir sebelumnya dijanjikan akan menerima kucuran bantuan dari pemerintah pusat, melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), yang telah memberikan bantuan Dana Tunggu Hunian (DTH) pasca banjir, yang telah diterima Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk mengurangi beban korban bencana banjir.

Ketika dikonfirmasi lebih lanjut, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar M. Irwan Kumar pada Jum’at (02/07/2021) mengatakan, hingga saat ini berdasarkan prosedur petunjuk teknis dalam pencairan dana dari pusat tersebut, perlu kelengkapan data by name by addres dan sudah terverifikasi secara fisik, oleh tim terkait kesesuaian dalam memenuhi persyaratan mendapatkan bantuan DTH tersebut.

IMG 20210703 WA0005

“Saat ini kita masih terus melengkapi data untuk memenuhi persyaratan yang diminta pihak pusat, agar benar – benar sesuai dengan juknis,” jelasnya.

Irwan Kumar juga tidak memungkiri bahwa pada kenyataannya, memang masyarakat banyak yang sudah melakukan perbaikan rumah secara pribadi karena untuk kenyamanan tempat tinggal mereka.

Namun, jika dana tersebut memang sudah cair, maka lanjut Kumar, akan segera dibagikan melalui proses rekening untuk para penerima bantuan yang sudah terdata dan terverifikasi sesuai data by name by addres, dengan bekerja sama pihak Bank BRI cabang Martapura.

“Memang kita lihat banyak masyarakat sudah memperbaiki sendiri rumahnya setelah diterpa banjir, namun terkait data penerima bantuan DTH itu kita tidak bisa informasikan ke umum, karena masih dalam proses pemutakhiran data sesuai permintaan pusat,” pungkasnya.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka