Beranda Habar Provinsi Kalsel Habar Banjar Workshop Satu Data Statistik...

Workshop Satu Data Statistik Sektoral Di Gelar DKISP Banjar

Terbaru

Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar (DKISP) menggelar workshop satu data sektoral. Kegiatan dibuka oleh Kepala DKISP Kabupaten Banjar HM Aidil Basith di Aula Barakat Setda Banjar, Kamis (10/6/2021).

Workshop Satu Data Statistik Sektoral Kabupaten Banjar dengan tema “Mari Kita Wujudkan Satu Data Kabupaten Banjar tersebut diikuti oleh seluruh perwakilan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar.

Satu Data Kabupaten Banjar merupakan kebijakan untuk mewujudkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, terintegrasi, dan dapat diakses oleh pengguna data.

IMG 20210610 WA0009

Kepala DKISP Kabupaten Banjar HM. Aidil Basith mengatakan tujuan dari Workshop Satu Data Statistik Sektoral yaitu memberikan panduan kepada pengelola data dari masing-masing SKPD, dalam melaksanakan tugasnya mengiput data sektoral masing-masing di aplikasi yang disiapkan.

Keberhasilan pembangunan daerah memiliki indikator antara lain kondisi data statistik sektoral yang merupakan acuan pengambilan kebijakan dalam pembangunan, dengan tujuan akhir meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Alhamdulillah pada hari ini, kami membuka Workshop Satu Data Statistik Sektoral  bagi pengelola satu data di semua SKPD di Kabupaten Banjar. Tujuannya adalah para peserta nanti bisa menginput data masing-masing SKPD ke data kita di portal Satu Data,” jelasnya.

IMG 20210610 WA0004

Dikatakan, pentingnya data yang pasti, terintegrasi dan berkesinambungan sebagai bahan bagi pimpinan daerah dalam mengambil keputusan. 

“Keputusan akan salah apabila data salah, keputusan akan lemah apabila datanya kurang,” imbuh Basith.

Untuk itu, Basith meminta agar para peserta workshop betul-betul menyimak dan memperhatikan materi yang disampaikan oleh narasumber, sehingga bisa mengimplementasikannya untuk menginput data di SKPD masing-masing.

“Kita semua berharap, dengan kegiatan ini semua SKPD dapat menginput data secara berkala dan pada akhirnya kita akan bisa mewujudkan Satu Data Kabupaten Banjar,” tambahnya. 

IMG 20210610 WA0008

Workshop menghadirkan narasumber Koordinator Fungsional Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik (IPDS) Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Banjar Ar Rahman Adnani dan Analis Sistem Informasi DKISP Kabupaten Banjar M. Ali Hanafiah.

Peserta juga diajak untuk berdiskusi terkait materi, dengan moderator Kepala Bidang Statistik dan Persandian DKISP Kabupaten Banjar H. Akhmad Syarwani.

Pada workshop juga diserahkan surat keputusan Bupati Banjar tentang Pembentukan Tim Pengelola Data Statistik Sektoral di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar. 

“Tim Pengelola yang berasal dari masing-masing SKPD ini akan melakukan pengelolaan data secara berkelanjutan yang akan mencapai keterpaduan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan antara pemerintah pusat dan daerah,” jelas Akhmad Syarwani didampingi Kasi Statistik, H. Rudi Ramadhani.

Trending Minggu Ini

Plang Larangan Buang Sampah Hanya Jadi Pajangan

Imbauan larangan membuang sampah disertai ancaman sanksi tegas, nampak tak cukup ampuh untuk masyarakat benar-benar tidak membuang sampah yang bukan pada tempatnya.Salah satunya yang...

Debit Air Naik, HST Siaga 1 Banjir

HST,- Hujan dengan intensitas tinggi melanda Hulu Sungai Tengah (HST), subuh, Minggu (28/11/2021).Menurut informasi yang beredar di Instagram BPBD Hulu sungai tengah, Pj Sekretariat...

Teluk Tamiang Yang Bikin Mabuk Kepayang

HABAR KALIMANTAN - Tak kalah indah dengan wisata yang ada di luar Kalimantan Selatan, wisata Pantai Teluk Tamiang Desa Teluk Tamiang Kecamatan Tanjung Selayar...

Kamu mungkin juga suka

Warga Astambul Antusias Disuntik Vaksin Covid-19

Banjar,- Kecamatan Astambul gelar vaksinasi masal di Desa Sungai Tuan Ulu, bertempat di Madrasah Tsanawiyah Al-Fatah, Astambul, Kabupaten Banjar Jum'at (3/12/2021) pagi.Vaksinasi masal ini...

Ratusan PNS Banjar Dianugerahi Satyalancana Karya Satya

BANJAR,- Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (KDPSDM) Kabupaten Banjar, Rakhmat Dhany, SIP, M.AP, MIDS didampingi Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian, Pembinaan...

MUI Palangkaraya Pelajari Program MUI Banjar

BANJAR,- Majelis Ulama Indonesia (MUI) merupakan wadah ulama dalam bermusyawarah untuk membahas permasalahan umat. Kiprah MUI sangat mendukung dalam pembangunan daerah, utamanya dalam menjaga...

Menperin Luncurkan Pusat Industri Digital Indonesia 4.0

Banjar,- Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Plt.Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan I Gusti Made Suryawati, saksikan secara virtual peluncuran...