BerandaHabar Provinsi KalselHabar BanjarbaruKNPI Dorong Jenderal Hoegeng...

KNPI Dorong Jenderal Hoegeng Jadi Pahlawan Nasional

Terbaru

BANJARBARU – Jenderal (Purn) Hoegeng Iman Santoso selama hidupnya dikenal sebagai Kapolri yang berintegritas. Hoegeng yang lahir di Pekalongan pada 14 Oktober 1921 ini juga memiliki banyak kisah bijak selama menjabat sebagai polisi. Ia juga sering blusukan dan terlibat langsung dalam melayani masyarakat.

Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) mengusulkan kepada pemerintah agar Jenderal Hoegeng diberikan gelar sebagai pahlawan nasional. Usulan KNPI ini berdekatan dengan Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November mendatang.

Dalam surat yang ditujukan ke seluruh Ketua DPD KNPI Provinsi dan Kabupaten/Kota/Kecamatan di seluruh Indonesia.

KNPI mengusulkan Hoegeng sebagai pahlawan nasional, karena semasa menjabat dia dikenal sebagai sosok yang berintegritas. Bahkan, Hoegeng menolak untuk tinggal di rumah dinas yang disediakan oleh pemerintah. Selain itu, sosok Hoegeng yang dinilai jujur, sederhana, tak kenal kompromi, dan penuh dengan integritas juga membuat Hoegeng cocok menjadi teladan bagi insan Bhayangkara.

Dikonfirmasi Ketua KNPI Kota Banjarbaru Gt. M. Adam Maulana mengatakan sudah menerima surat dari DPP KNPI tentang usulan Jenderal (Purn) Hoegeng Iman Santoso dijadikan Pahlawan Nasional.

WhatsApp Image 2021 11 09 at 16.04.16

Menurutnya sosok Jenderal Hoegeng Imam Santoso merupakan Kapolri ke-5 (1968 – 1971) yang berprestasi sehingga mendapatkan banyak penghargaan mulai dari satyalencana dalam dan luar negeri.

“Saya sependapat dengan DPP KNPI tentang pengusulan nama “Jenderal Hoegeng Imam Santoso” ditetapkan sebagai pahlawan nasional pada momentum Hari Pahlawan 10 November 2021,” ujar Adam.

Perlu diketahui Hoegeng merupakan sosok yang tidak mempan disuap. Barang-barang mewah pemberian bandar judi dilemparnya keluar jendela. Lebih baik hidup melarat daripada menerima suap atau korupsi. Itu prinsip hidup Hoegeng yang ditirunya dari Wakil Presiden Mohammad Hatta.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka